Gerindra Pastikan Tak Ada Soal Komunisme di Lagu Mars Pandu Bangsa

Oleh: Bayu Septianto - 12 Februari 2019
Menurut Edhy, Mars Pandu Bangsa merupakan lagu yang bertujuan memotivasi atau membangkitkan semangat para kader Partai Gerindra.
tirto.id - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Edhy Prabowo menjawab viralnya tudingan bahwa lagu Mars Partai Gerindra mirip dengan mars kelompok sayap kiri di Chili. Menurut Edhy yang disebut-sebut mirip itu bukanlah lagu Mars Partai Gerindra, melainkan lagu Mars Pandu Bangsa.

Edhy membantah lirik dalam lagu tersebut ada kaitannya dengan paham komunisme, meskipun dari sisi lagu memiliki irama dan nada yang serupa.

"Yang paling penting lagu itu dilihat dari isi, bukan hanya irama dan nadanya. Emang ada kata-katanya yang berkaitan dengan komunisme?" kata Edhy kepada reporter Tirto, Selasa (12/2/2019).

Ketua Fraksi Partai Gerindra DPR RI ini menjelaskan lagu Mars Pandu Bangsa merupakan lagu yang bertujuan memotivasi atau membangkitkan semangat para kader Partai Gerindra untuk tetap berjuang dan berkarya.

Hal itu tercermin dari lirik-liriknya yang sangat menggugah seseorang untuk terus bergerak dan berjuang, sesuai dengan semangat yang dimiliki partai yang dipimpin Prabowo Subianto itu.

"'Bergerak Lah, Bergerak Lah'. Karena kita kan Gerakan Indonesia Raya, ya harus bergerak lah," jelas Edhy.

Sebelumnya, Mars Partai Gerindra disebut-sebut mirip dengan mars kelompok sayap kiri di Chili. Kabar ini ramai diperbincangkan di media sosial.

Kelompok sayap kiri yang dimaksud adalah Unidad Popular (UP). Sebuah koalisi Partai Komunis, Partai Sosialis, Partai Radikal, Gerakan Aksi Kerakyatan Bersatu (MAPU), Aksi Kerakyatan Independen (API) dan Kristen Kiri.

Kabar ini pertama kali muncul lewat unggahan akun bernama @D4Ni3L_Pu, yang diikuti 7.209 pengguna Twitter dan pemberitaan Seword berjudul “Terbongkar! Ternyata Mars Gerindra 2016 Sama Persis Dengan Mars Komunis Chili.”


Baca juga artikel terkait PARTAI GERINDRA atau tulisan menarik lainnya Bayu Septianto
(tirto.id - Politik)

Reporter: Bayu Septianto
Penulis: Bayu Septianto
Editor: Alexander Haryanto