Menuju konten utama

Garuda Terima Penghargaan Indonesia Green Company

Garuda Terima Penghargaan Indonesia Green Company

tirto.id -

PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk berhasil meraih penghargaan "Indonesia Green Company 2015" dari SWA Network untuk ketiga kalinya sejak tahun 2013 secara berturut-turut.

"Penghargaan itu merupakan yang ketiga kalinya diterima Garuda Indonesia sejak tahun 2013," kata Direktur Operasi Garuda Indonesia Capt. Novianto Herupratomo pada keterangan persnya, Senin, (21/3/2016).

Ia mengatakan bahwa diperolehnya penghargaan tersebut sejalan dengan upaya perusahaan untuk konsisten menjaga kelestarian lingkungan.

Garuda Indonesia, lanjut Novianto, menjalankan berbagai program sebagai bagian dari komitmennya untuk menjadi green company yang mewujudkan lingkungan sehat, disamping juga meminimalisasi kerusakan lingkungan serta secara berkelanjutan menjaga kelangsungan alam.

“Di tengah maraknya isu-isu lingkungan, bagi Garuda Indonesia, komitmen dengan alam merupakan suatu mandatory,” jelasya.

Dewan juri "Indonesia Green Company Awards 2015" yang dipimpin oleh Prof. Dr. Emil Salim memberikan nilai tertinggi kepada Garuda Indonesia untuk tiga dari empat dimensi penilaian yaitu komitmen CEO, compliance, serta konsep dan startegi yang dirumuskan dan diterapkan, langkah-langkah pelaksanaan dan program keberlanjutan perusahaan.

"Indonesia Green Company Award 2015" merupakan pelaksanaan yang keempat kalinya sejak tahun 2012. Penghargaan ini diberikan kepada 10 perusahaan yang dinilai terbaik dalam menerapkan konsep green company yaitu perusahaan yang berkontribusi besar terhadap kelestarian lingkungan setempat maupun global.

Adapun aspek penilaian "Green Company" berdasar pada 4P yaitu Principle, meliputi visi untuk menjadi perusahaan yang ramah lingkungan, atau meminimalkan dampak buruk terhadap alam; Process, yang menyangkut penggunaan teknologi ramah lingkungan (green technology) dan green IT, beroperasi di tempat yang eco-friendly (gedung yang green design), dan proses-proses lain yang tidak merusak alam (green process).

Yang ketiga dari segi Product yaitu menghasilkan produk/jasa yang tidak merusak alam, dan bahkan produk yang recycleable dan bisa di daur ulang dan digunakan kembali dan yang terakhir yaitu Promotion, yang merupakan kampanye posisi perusahaan atas sustainability dan isu-isu lingkungan serta praktik yang konsisten yang telah dijalankan. (ANT)

Baca juga artikel terkait EMIL SALIM atau tulisan lainnya

tirto.id - Sosial budaya
Reporter: Ign. L. Adhi Bhaskara