Dubes Arab Saudi Sebut Rizieq Tak Punya Masalah Hukum di Negaranya

Oleh: Haris Prabowo - 13 November 2018
Dubes Arab Saudi untuk Indonesia menyatakan Rizieq tidak memiliki persoalan hukum di negaranya, termasuk terkait izin tinggal.
tirto.id - Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Osama bin Mohammed Abdullah Al Shuaibi mengatakan Rizieq Shihab tidak memiliki masalah hukum di Arab Saudi. Ia mengatakan, jika Rizieq bermasalah dengan hukum di Saudi, pasti saat ini sudah dipenjara.

"Berkaitan pertanyaan izin tinggal, yang berkaitan dengan Rizieq, kalau memiliki masalah di Arab Saudi tentu sudah dipenjara, namun kita lihat Rizieq masih dijamin kehidupannya oleh pemerintah Indonesia dan Arab Saudi," kata Osama, yang didamping penerjemah bahasa Indonesia, pada Selasa (12/11/2018) di kantor PP Muhammadiyah, Jakarta.

Osama tidak menjelaskan penjaminan macam apa yang diberikan pemerintah Arab Saudi dan pemerintah Indonesia terhadap Rizieq. Namun, kata Osama, Rizieq selama ini memiliki finansial pribadi yang cukup untuk membiayai dirinya sendiri.

Osama juga menjelaskan bahwa posisi Rizieq di Arab Saudi tak membahayakan sama sekali. Menurut dia, Rizieq juga masih mendapat perhatian khusus dari pemerintah Indonesia dan Arab Saudi.

"Habib Rizieq adalah seorang muslim, Habib Rizieq adalah WNI. Beliau mendapat atensi dari pemerintah Indonesia dan Arab Saudi. Saya kira Habib Rizieq bukan sosok menakutkan, kalau beliau melakukan pelanggaran sudah diproses hukum. Habib Rizieq tidak ada masalah," kata dia.

Namun ketika ditanya wartawan mengenai bagaimana kronologi lengkap kasus pemeriksaan Rizieq oleh polisi Saudi karena kasus bendera terlarang, Osama mengaku tak mendapat informasi dari pemerintahnya dan memilih tak menjawab.

"Saya tidak punya informasi," katanya.


Baca juga artikel terkait KASUS RIZIEQ SHIHAB atau tulisan menarik lainnya Haris Prabowo
(tirto.id - Hukum)

Reporter: Haris Prabowo
Penulis: Haris Prabowo
Editor: Addi M Idhom
DarkLight