Dikabarkan Jadi Menteri, Said Aqil: Enggak Ada Bakat

Oleh: Bayu Septianto - 20 Oktober 2019
Disebut-sebut masuk bursa calon menteri, Said Aqil merasa tak pantas.
tirto.id -
Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siroj menganggap dirinya tak layak untuk menjadi seorang menteri untuk pemerintahan kedua Presiden Joko Widodo bersama Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

"Gak ada bakat, gak ada potongan [menteri] saya," ucap Said Aqil usai menyaksikan pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin di Gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (20/10/2019).

Nama Said Aqil disebut-sebut akan dipilih Jokowi untuk menjadi Menteri Agama menggantikan Lukman Hakim Syaifudin. Namun, Said Aqil tak mengiyakan benar atau tidaknya kabar tersebut.

Menurutnya, kabar masuknya dirinya ke bursa menteri yang makin kencang belakangan ini hanyalah isu yang digelontorkan oleh masyarakat di sosial media. "Itu kan hanya versi medsos," kata Said Aqil.

Meski begitu Said Aqil mengaku Senin (14/10/2019) pekan lalu bertemu dengan Jokowi, namun ia tak mengakui bila pertemuan tersebut membahas tentang penyusunan kabinet. Menurut Said Aqil penentuan komposisi kabinet adalah hak prerogatif presiden.

"Gak bilang apa apa tuh, ketawa ketawa aja," kata Said Aqil.

Joko Widodo dan Ma'ruf Amin (Jokowi-Ma'ruf) telah resmi menjadi presiden dan wakil presiden RI periode 2019-2024. Hal ini ditandai dengan pengucapan sumpah jabatan oleh keduanya dan penandatanganan berita acara pelantikan yang dilaksanakan hari ini, Minggu (20/10/2019).

Jokowi pun akan memperkenalkan jajaran menteri di kabinet baru di periode pemerintahan ke II besok pagi alias, Senin (21/10/2019).

"Besok pagi akan saya kenalkan," jelasnya usai acara pelantikan di DPR RI, Senayan, Jakarta Selatan, Minggu (20/10/2019).

Jokowi mengatakan, akan memperkenalkan menteri-menteri barunya besok bersama dengan Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin.

"Jam pagi. Iya sama abah [Ma'ruf Amin]. Besok akan saya kenalkan. Soal pelantikan resminya, setelah dikenalkan. jadinya kapan, ditungggu besok," terangnya.


Baca juga artikel terkait PELANTIKAN PRESIDEN 2019 atau tulisan menarik lainnya Bayu Septianto
(tirto.id - Politik)

Reporter: Bayu Septianto
Penulis: Bayu Septianto
Editor: Hendra Friana
DarkLight