Di Debat Pilpres 2019 Prabowo Mau Jelaskan Keberhasilan Orde Baru

Oleh: Selfie Miftahul Jannah - 15 Februari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Tim ahli TKN menyatakan, Prabowo akan menjelaskan program-program yang sukses diterapkan di era Orde Baru pada Debat Kedua Pilpres 2019.
tirto.id -
Tim Ahli Pangan dan Energi Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga mengaku telah menyiapkan amunisi menjelang debat kedua Pilpres 2019, Minggu 17 Februari mendatang.

Tim Ahli Pangan dan Energi BPN Sudirgo Purbo pada debat nanti, Prabowo akan menjelaskan tentang strategi swasembada pangan di dalam negeri. Prabowo juga akan memberi contoh kasus soal Indonesia yang pernah untuk tidak impor pangan dan energi di masa Orde Baru.

"Saya rasa beliau punya konsep strategis nasional. Bagaimana untuk meningkatkan supaya menghindari ketergantungan impor yang tinggi ini," jelas Sudirgo di Jakarta, Jumat (15/2/2019).

Tema debat kedua nanti adalah tentang energi, pangan, sumber daya alam, lingkungan hidup, dan infrastruktur. Debat akan menghadirkan 8 panelis yang ahli dalam tema tersebut.

Menurut Sudirgo, menghadapi tema itu Prabowo sudah punya konsep strategi bagaimana yang baik sejak Orde Baru. Karena di masa Orde Baru sudah ada program bernama energy security.

"Nah, perjalanannya sekarang tinggal bagaimana meningkatkan. Kalau kita bicara energi ini masalah pertahanan negara kita," kata dia.

Jika Prabowo menang dalam periode ini maka akan melanjutkan program yang dirasa sudah tepat dengan meneruskan program yang sudah sukses di masa masa Orde Baru.

"Jadi misalnya saat Prabowo kepilih itu bukan berarti terus menggal-menggal, atau bagaimana membenamkan program yang lama. Ini harus dilanjutkan. Ini menunjang pertumbuhan ekonomi. Ada kepastian jaminan pasokan energi, itu akan menunjang pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan pertahanan negara. Ini kunci," jelas dia.
Ia mengatakan, rincian soal amunisi ini tentu saja masih ada di saku kanan dan kiri Prabowo. Tentunya akan dikeluarkan pada debat yang akan berlangsung dua hari lagi.
"Nah, jadi saat debat saya rasa beliau sudah punya di kantong, tapi engak dikeluarin. Ada di benaknya," kata dia.

Jadwal Debat Kedua Pilpres 2019 mempertemukan capres nomor urut 01 Joko Widodo dan nomor urut 02 Prabowo Subianto di Hotel Sultan, Jakarta. Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki akan menjadi moderator debat yang disiarkan langsung oleh stasiun televisi RCTI, GTV, MNCTV, dan iNews TV.





Baca juga artikel terkait DEBAT CAPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Selfie Miftahul Jannah
(tirto.id - Politik)

Reporter: Selfie Miftahul Jannah
Penulis: Selfie Miftahul Jannah
Editor: Agung DH
DarkLight