Daftar Bimbel PPPK 2021, Cara, dan Link Pendaftarannya

Oleh: Ilham Choirul Anwar - 20 April 2021
Dibaca Normal 2 menit
Mengikuti bimbingan belajar PPPK dapat menjadi pilihan untuk membantu menghadapi pelaksanaan seleksi penerimaan PPPK 2021.
tirto.id - Pemerintah akan membuka pendaftaran seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) pada bulan Mei - Juni 2021 untuk formasi guru.

Pendaftaran PPPK 2021 dilakukan daring melalui Sistem Seleksi Calon ASN (SSCASN) di laman sscasn.bkn.go.id. Menurut laman BKN, seleksi PPPK guru dilakukan dalam tiga tahap.

Tahap I direncanakan pada Agustus 2001. Seleksi Tahap II dan III dilakukan masing-masing pada Oktober 2021 dan Desember 2021.

Pada pendaftaran PPPK Guru di portal SSCASN akan terintegrasi dengan data Nomor Induk Kependudukan (NIK) dari Ditjen Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil).

Untuk validasi pelamar juga akan diintegrasikan dengan data Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Pendidikan (NUPTK), data akreditasi Program Studi/Universitas dan Lembaga Pendidikan Tinggi, dan Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

Selain itu, terintegrasi pula untuk data guru agama di sekolah umum. seleksi nantinya menggunakan metode Ujian Nasional berbasis Komputer (UNBK) dari Kendikbud.

Sementara itu, saat ini banyak lembaga bimbingan belajar (bimbel) online yang membuka pelatihan menghadapi ujian PPPK.

Beberapa di antaranya menawarkan fitur materi kisi-kisi ujian yang selalu diperbarui. Berikut beberapa bimbel ujian PPPK yang tersedia:

1. Program Guru Belajar Seri PPPK untuk Guru

Pelatihan ini disediakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Program ini dirancang untuk memberikan fasilitas pada calon pendafar Calon Guru ASN PPPK agar lebih siap menghadapi seleksi. Di dalamnya memuat pengetahuan, ketrampilan, dan latihan soal-soal.

Cara mendaftarnya yaitu:

- Buka laman http://gurubelajar.kemdikbud.go.id. Pilih tombol "Masuk".

- Isi alamat surat elektronik (email) atau nomor UKG dan password, lalu klik "Masuk".

- Masuk ke beranda program SIM Guru Belajar dan pilih "Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK".

- Saat calon peserta memenuhi syarat mengikuti Guru Belajar Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK, maka kartu mendaftar akan aktif. Pilih "Daftar" untuk melanjutkan.


    • Klik tanda centang untuk menyetujui syarat dan ketentuan, lalu pilih "Daftar".
Panduan program ini dalam bentuk PDF dapat diunduh dengan klik tautan ini.

2. Bimbel CPNS

Informasi Bimbel CPNS dan PPPK ini dapat diakses melalui laman bimbelcpns.com. Situs ini mengklaim telah meluluskan 90 persen pesertanya dalam Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Untuk mengikuti bimbel PPPK tinggal melakukan pendaftaran dan mengikuti petunjuk yang diberikan. Fitur yang dimilikinya antara lain program e-learning, tryout online, cek jurusan, layanan akademik, materi dan soal, hingga tips dan trik lolos PPPK.

3. Apta School

Bimbel Apta School menawarkan bimbingan lolos PPPK 2021 dengan biaya Rp 149 ribu sebagai harga promo.

Informasi bimbel PPPK ini dapat dilihat melalui laman www.aptaschool.com/bimbingan-belajar-online-pppk.html.

Beberapa fitur yang dimiliki yaitu mentoring online bersama ASN, tryout online PPPK, modul dan kisi-kisi, akses belajar fleksibel, dan grup mentoring melalui aplikasi Telegram. Tryout yang disedikan meliputi PPPK sistem CAT, kompetensi teknis, tes bakat skolastik, kompetensi manajerial, dan kompetensi sosio kultural.

4. Sahabat CPNS

Bimbil CPNS ini dapat diakses melalui laman https://sahabatcpns.com. Peserta yang bergabung mendapatkan fasilitas materi, latihan soal, tryout sistem CAT, statistik hasil pengerjaan, grup diskusi, webinar gratis, dan ranking nasional.

Selain itu juga memberikan fitur baru berupa analisa waktu pengerjaan soal, video pembahasan, materi video, dan kelas Zoom.

Sahabat CPNS menawarkan program trial gratis. Sementara untuk bimbingan yang berbayar ada lima pilihan yaitu:

- SKD Mastery Premium Rp 149 ribu

- SKD Mastery Platinum Rp 349 ribu

- SKB Mastery Premium Rp 149 ribu

- Ukom Mastery Premium Rp 149 ribu

- PPPK Mastery Premium Rp 149 ribu

5. CPNS Online

Bimbel CPNS online informasinya dapat ditemukan di laman cpnsonline.id. Bimbel ini berbasis e-learning atau pembelajaran secara daring. Materinya dapat diakses melalui PC, laptop, dan ponsel pintar.

Peserta yang mengikuti bimbel mendapatkan fitur berupa paket soal CAT, materi penunjang, video tips dan trik, kelas privat, diskusi grup, webinar, perankingan nasional, dan paket soal pemantapan.

Bimbel juga menggaransi apabila peserta tidak lulus tes CAT SKD CPNS tau PPPK, maka seluruh biaya dikembalikan 100 persen tanpa potongan.

CPNS Online memiliki beberapa paket bimbel yaitu paket premium Rp749 ribu dan paket platinum Rp994 ribu.


Baca juga artikel terkait PPPK 2021 atau tulisan menarik lainnya Ilham Choirul Anwar
(tirto.id - Pendidikan)

Kontributor: Ilham Choirul Anwar
Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight