tirto.id - Surat pengalaman kerja termasuk dokumen persyaratan pendaftaran PPPK Kemenag 2024. Format surat sebaiknya disesuaikan dengan ketentuan instansi. Peserta dapat mempelajari contoh surat pengalaman kerja PPPK Kemenag 2024 dan link unduh.
Kementerian Agama (Kemenag) secara resmi telah mengumumkan pembukaan jadwal seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Pendaftaran PPPK Kemenag 2024 dimulai pada 21 Oktober hingga 4 November 2024.
Hal ini berdasarkan Pengumuman Nomor: P-3743/SJ/B.II.1/KP.00.1/10/2024. Alokasi kebutuhan PPPK Kementerian Agama 2024 adalah 89.781 formasi. Pendaftaran PPPK Kemenag 2024 dibuka dua periode dan diperuntukkan bagi dua kategori pelamar.
Apa saja syarat berkas mendaftar PPPK Kemenag 2024 dan bagaimana format surat pengalaman kerja PPPK Kemenag 2024? Simak keterangan berikut untuk mengetahui rincian isi masing-masing surat.
Syarat Berkas PPPK Kemenag 2024
Pendaftaran PPPK Kemenag 2024 Periode 1 diperuntukkan bagi Eks Tenaga Honorer Kategori II (eks THK-II) yang terdaftar dalam pangkalan data (database) eks THK-II pada Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan aktif bekerja pada Instansi Pemerintah tempat bekerja saat mendaftar.
Sedangkan pendaftaran PPPK Kemenag 2024 Periode 2 dibuka untuk Tenaga non Aparatur Sipil Negara (Tenaga non ASN) yang terdaftar dalam pangkalan data (database) Tenaga non ASN pada BKN dan aktif bekerja pada Instansi Pemerintah tempat bekerja saat mendaftar.
Pelamar dapat membuat akun pendaftaran melalui laman https://sscasn.bkn.go.id dan mengunggah seluruh dokumen yang dipersyaratkan.
Kemudian mempersiapkan syarat berkas PPPK Kemenag 2024. Dokumen pelamar akan diverifikasi sesuai persyaratkan instansi selama seleksi administrasi.
Di bawah ini merupakan daftar syarat berkas PPPK Kemenag 2024:
- Pasfoto terbaru berlatar merah.
- Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli atau surat kependudukan lainnya.
- Surat lamaran ditujukan kepada Menteri Agama Republik Indonesia ditulis tangan dengan tinta hitam atau diketik menggunakan komputer yang ditandatangani dan dibubhi materai atau ematerai Rp10.000.
- Ijazah asli.
- Transkrip nilai asli.
- Surat pernyataan yang sudah ditandatangani dan dibubuhi meterai.
- Bukti perguruan tinggi dan/atau program studi yang terakreditasi.
- Surat keterangan memiliki pengalaman di bidang kerja sesuai dengan kompetensi jabatan yang dilamar dan ditandatangani Pimpinan Unit Kerja.
- Surat keterangan disabilitas bagi pemnyandang disabilitas.
Contoh Surat Pengalaman Kerja Kemenag dan Link Unduh
Surat pengalaman kerja memuat informasi jabatan dan masa kerja dalam sebuah instansti tertentu. Pada saat melamar PPPK Kemenag 2024, pelamar diwajibkan mengunggah surat pengalaman kerja, berlaku bagi pegawai dengan masa kerja minimal sesuai dengan persyaratan jabatan yang dilamar.
Format surat pengalaman kerja berisi kop instansi yang mengeluarkan surat. Kemudian informasi tentang pejabat yang mengeluarkan surat. Setelah itu, bagian selanjutnya adalah data diri pelamar, jabatan, instansi dan tupoksi selama bekerja di instansi.
Terakhir, bagian akhir surat adalah tentang tempat pembuatan surat beserta nama terang pejabat instansi, ditandatangani, dan stempel basah.
Untuk menyimak secara lebih lengkap, berikut tautan contoh format pengalaman kerja PPPK Kemenag 2024 dan link unduh:
Penulis: Sarah Rahma Agustin
Editor: Beni Jo & Yulaika Ramadhani