tirto.id - Informasi mengenai contoh surat pakta integritas UKT untuk daftar ulang SNBT 2024, perlu bagi calon mahasiswa yang akan melakukan proses daftar ulang setelah lolos dari seleksi SNBT 2024.
Surat pakta integritas sendiri adalah salah satu dokumen penting yang harus diunggah saat proses daftar ulang di PTN masing-masing yang dituju oleh calon mahasiswa yang lolos seleksi SNBT.
Dalam surat pakta integritas itu, tercantum berbagai janji atau pernyataan calon mahasiswa untuk berkomitmen melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai mahasiswa sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
Dengan mengunduh pakta integritas itu, calon mahasiswa yang akan menjadi mahasiswa dari PTN yang bersangkutan, diharapkan dapat memperkuat komitmennya sebagai bagian dari civitas akademika kampus tersebut, serta berkomitmen untuk selalu menjaga nama baik PTN masing-masing.
Lantas, kapan jadwal daftar ulang SNBT 2024 yang salah satu persyaratannya adalah mengunggah surat pakta integritas tersebut?
Jadwal Daftar Ulang SNBT 2024
Setelah melihat pengumuman hasil UTBK SNBT 2024 dan dinyatakan lulus dari seleksi UTBK SNBT 2024, maka calon mahasiswa harus melakukan daftar ulang di PTN masing-masing yang dituju.
Jadwal daftar ulang ke PTN masing-masing, sesuai ketentuan akan berlangsung pada 14 Juni hingga 30 Juni 2024.
Namun, sejumlah PTN biasanya memiliki kebijakan masing-masing untuk menentukan jadwal dan mekanisme daftar ulang bagi para calon mahasiswanya.
Oleh karena itu, agar lebih pasti, para calon mahasiswa diimbau untuk terus memantau laman resmi dari PTN masing-masing guna mengetahui jadwal pasti daftar ulang, serta berbagai informasi mengenai SNPMB 2024 di PTN yang bersangkutan.
Setelah mengetahui jadwal daftar ulang SNBT 2024, setiap calon mahasiswa harus mempersiapkan berbagai dokumen atau berkas yang diperlukan untuk proses daftar ulang, salah satu berkas itu adalah surat pakta integritas.
Cara Daftar Ulang UTBK SNBT 2024
Lantas, bagaimana cara melakukan daftar ulang UTBK SNBT 2024? Berikut ini adalah tata cara daftar ulang SNBT 2024 yang secara umum harus diikuti oleh calon mahasiswa:
1. Peserta harus mempersiapkan sejumlah dokumen yang menjadi persyaratan daftar ulang. Dokumen itu harus berbentuk PDF atau JPG (dengan ukuran file tidak lebih dari 250 KB).
Dokumen-dokumen itu adalah:
- Pakta Integritas Mahasiswa
- Surat Pernyataan Mematuhi Peraturan dan Kesanggupan Membayar Biaya Pendidikan
- Akta Kelahiran (asli atau copy yang dilegalisir)
- Kartu Keluarga (asli atau copy yang dilegalisir)
- Bukti pembayaran listrik bagi pelanggan pascabayar atau bukti pembelian token listrik maksimal 3 bulan terakhir
- Bukti SPT Pajak Penghasilan Tahunan
- Pilih salah satu yang paling sesuai:
* SPPT Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) tiga tahun terakhir
* Surat Pernyataan tentang Luas Tanah dan Bangunan Rumah yang ditempati bagi yang tidak punya SPPT
* Jika Rumah Mengontrak dan tidak ada Bukti PBB lampirkan Bukti pembayaran sewa rumah bagi yang mengontrak/sewa ditambah Surat Pernyataan tentang Luas Tanah dan Bangunan Rumah yang ditempati
- Surat Keterangan Kesehatan dari RS/Klinik/Puskesmas:
* Surat sehat dan buta warna terbaru (khusus untuk beberapa prodi yang memang mensyaratkan tidak buta warna)
* Registrasi ulang tidak perlu hasil tes narkoba, tes narkoba akan dilaksanakan khusus bagi yang sudah membayar UKT dan mendapatkan NIM
- Bukti penghasilan ayah, atau ibu atau wali yang membiayai kuliah
- Foto diri ukuran 4x6 dengan format JPG, dengan ketentuan:
* Laki-laki: Jas hitam, baju putih, dasi hitam, background merah
* Perempuan: jas hitam, baju putih, dasi hitam, background merah
* Perempuan berjilbab: jilbab warna putih, background merah, jas hitam tanpa dasi
2. Peserta menunggu username dan password untuk login ke laman PTN masing-masing yang akan dikirim oleh panitia daftar ulang ke email peserta.
3. Proses daftar ulang dengan melakukan pengisian data diri dan mengunggah dokumen-dokumen yang diminta secara online di laman PTN masing-masing yang dituju.
4. Peserta akan menerima nominal UKT yang bisa dilihat pada laman masing-masing PTN dengan menggunakan akun masing-masing peserta.
5. Peserta melakukan pembayaran UKT (Uang Kuliah Tunggal) pada bank yang ditunjuk oleh masing-masing PTN.
6. Peserta akan menerima NIM (Nomor Induk Mahasiswa) yang akan dikirim melalui email masing-masing setelah pembayaran terkonfirmasi lunas.
7. Proses daftar ulang selesai. Mahasiswa baru bisa menghubungi prodi masing-masing yang dituju.
Contoh Surat Pakta Integritas UKT
Salah satu berkas yang menjadi syarat dalam proses daftar ulang UTBK SNBT 2024 adalah Surat Pakta Integritas UKT.
Berikut ini adalah beberapa hal yang harus tercantum dalam dari Surat Pakta Integritas UKT:
1. Judul Surat Pakta Integritas.
2. Nama lengkap.
3. Tempat, tanggal dan tahun lahir.
4. Agama.
5. Alamat.
6. No HP.
7.Poin-poin pernyataan integritas atau janji untuk:
- mematuhi semua peraturan dan kewajiban sebagai warga negara dan sebagai warga Universitas yang bersangkutan
- menghindari berbagai hal atau perbuatan yang mengganggu ketertiban di kampus, juga di masyarakat secara umum
- berjanji akan selalu menjaga kehormatan dan nama baik kampus
8. Kata penutup
9. Tanda tangan orang tua/wali mahasiswa.
10. Tanggal dan tanda tangan dari mahasiswa yang bersangkutan.
Untuk melihat contoh dari surat Pakta Integritas UKT ini, berikut ini adalah link unduh PDF nya:
Link Unduh PDF Surat Pakta Integritas UKT
Penulis: Lucia Dianawuri
Editor: Yulaika Ramadhani