Menuju konten utama

Contoh Soal PPPK Guru Kimia SMA 2023 dan Kunci Jawaban

Contoh soal PPPK Guru Kimia SMA 2023 beserta kunci jawabannya dapat digunakan peserta sebagai bahan belajar yang akan mengikuti seleksi PPPK tahun ini.

Contoh Soal PPPK Guru Kimia SMA 2023 dan Kunci Jawaban
Peserta rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) mengerjakan soal berbasis "computer assisted test" (CAT) di Tulungagung, Jawa Timur, Sabtu (23/2/2019). ANTARA FOTO/Destyan Sujarwoko/wsj.

tirto.id - Sejumlah contoh soal PPPK Guru Kimia SMA 2023 beserta kunci jawabannya dapat digunakan peserta sebagai bahan belajar yang akan mengikuti seleksi PPPK tahun ini.

Salah satu formasi dalam seleksi PPPK Guru 2023 yaitu Guru KIMIA SMA seperti formasi yang dibuka di PPPK Jabar 2023.

Dalam data yang memuat rincian alokasi formasi PPPK jabatan fungsional guru tahun 2023 yang dibuka di lingkungan pemerintah daerah Provinsi Jawa Barat, jumlah alokasi formasi yang diperuntukkan bagi jabatan fungsional guru setidaknya tersedia 5.155 formasi dengan 73 formasi diantaranya yakni untuk guru Kimia.

Adapun berdasarkan surat keputusan Badan Kepegawaian Negara (BKN) Nomor 9386/B-KS.04.01/SD/E/2023 jadwal pelaksanaan tes kompetensi dalam proses seleksi PPPK 2023 akan diselenggarakan pada 10 November hingga 4 Desember 2023 mendatang.

PPPK atau Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja merupakan Aparatur Sipil Negara yang diangkat sebagai pegawai yang bekerja sesuai dengan perjanjian kerja yang telah ditetapkan oleh suatu instansi pemerintah yang bersangkutan.

Bagi peserta yang telah dinyatakan lolos dalam seleksi administrasi, selanjutnya dapat mempersiapkan diri untuk menghadapi tes kompetensi PPPK 2023 salah satunya dengan cara mempelajari dan mengerjakan berbagai contoh soal agar dapat memperoleh hasil yang optimal.

Contoh Soal Kompetensi PPPK Guru Kimia dan Jawaban

Berikut ini beberapa contoh soal Tes Kompetensi PPPK Guru Kimia tahun 2023 yang dilengkapi dengan jawabannya.

1. Media yang sesuai untuk membantu peserta didik memahami efek temperatur terhadap laju reaksi adalah ....

A. presentasi powerpoint (ppt) yang memperlihatkan data kenaikan laju reaksi jika temperatur meningkat 10°C

B. video yang menunjukkan peningkatan frekuensi tumbukkan antar partikel pereaksi pada temperatur yang lebih tinggi

C. poster yang memaparkan peta konsep yang menunjukkan hirarki dan jalinan konsep-konsep dalam lingkup laju reaksi

D. video yang memperlihatkan proses kimia dalam industri yang bekerja pada temperatur tinggi

E. presentasi powerpoint (ppt) yang memperlihatkan foto-foto reaksi kimia yang melepaskan energi panas

Jawaban : B

2. Untuk melaksanakan penilaian kinerja peserta didik sesuai dengan indikator berikut: “Menulis dan menyajikan karya tentang aplikasi senyawa organik dalam kehidupan sehari-hari” guru perlu menyiapkan hal-hal berikut ....

(1) tugas mengeksplorasi dan membuat makalah tentang penggunaan senyawa organik

(2) tes tertulis pengetahuan tentang penggunaan senyawa organik

(3) rubrik penilaian makalah dan presentasi siswa tentang penggunaan senyawa organik

(4) skala sikap terhadap pembelajaran berbasis proyek dalam penggunaan senyawa organik

Jawaban yang benar adalah ....

A. (4) saja

B. (1), (2), (3), dan (4)

C. (2) dan (4) D.(1), (2), dan (3)

E. (1) dan (3)

Jawaban : E

3. Komponen RPP mencakup hal-hal berikut, kecuali ....

A. materi pembelajaran

B. sumber pembelajaran

C. landasan teori pembelajaran

D. asesmen hasil pembelajaran

E. tujuan pembelajaran

Jawaban : C

4. Materi-materi pelajaran yang menjadi bahan kajian dalam proses pembelajaran dalam ruang lingkup kompetensi dasar: “Mengolah data untuk menentukan nilai tetapan kesetimbangan suatu reaksi” adalah ....

A. hukum kesetimbangan, konsentrasi kesetimbangan, tetapan kesetimbangan

B. tetapan kesetimbangan, reaksi dapat balik, keadaan setimbang dinamis, pergeseran kesetimbangan

C. hukum kesetimbangan, pergeseran kesetimbangan, asas Le Chaterlier, faktor-faktor yang berpengaruh pada kesetimbangan

D. reaksi dapat balik, tetapan kesetimbangan, kesetimbangan dalam proses industri

E. faktor-faktor yang mempengaruhi kesetimbangan, konsentrasi kesetimbangan, kesetimbangan dalam industri

Jawaban : A

5. Seorang guru kimia mengawali proses pembelajaran tentang struktur atom dengan mengajak peserta didik mencermati tayangan video yang memaparkan perihal atom sebagai partikel terkecil suatu unsur, partikel sub-atom yang membentuk atom, struktur atom, dan kulit-kulit elektron. Selanjutnya guru meminta peserta didik menjelaskan pengertian atom, apa partikel-partikel dasar penyusun atom, bagaimana susunan partikel dasar dalam atom, serta bagaimana elektron bergerak dalam atom. Pada akhir pelajaran guru menegaskan kesimpulan tentang pengertian pengertian penting tentang atom.

Berdasarkan uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa guru melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan ....

A. lingkungan

B. Konsep

C. Inkuiri

D. kontekstual

E. keterampilan proses

Jawaban : B

6. Dua gram potongan logam aluminium (Ar=27) dimasukkan ke dalam larutan H2SO4 sehingga habis bereaksi, memerlukan waktu 5 menit dan terbentuk 30 mL gas hidrogen (RTP). Apabila logam aluminium tersebut berwujud serbuk, maka pernyataan berikut yang benar adalah ....

A. waktu reaksi kurang dari 5 menit dan volume gas hidrogen tetap 30 mL

B. laju reaksi meningkat dan volume gas hidrogen kurang dari 30 mL

C. waktu reaksi kurang dari 5 menit dan volume gas hidrogen lebih dari 30 Ml

D. waktu reaksi kurang dari 5 menit dan volume gas hidrogen kurang dari 30 mL

E. laju reaksi meningkat dan volume gas hidrogen lebih dari 30 mL

Jawaban : A

7. Semua senyawa berikut termasuk isomer sikloheksanon, kecuali ....

A. 3-metil siklopentanon

B. 3-metil 3-pentenaldehid

C. disiklopropil eter

D. 2-etil siklobutanon

E. metil sikloamil eter

Jawaban : D

8. Untuk mengetahui jenis karbohidrat dalam sampel makanan dilakukan serangkaian pengujian kualitatif. Hasil pengujian dengan beberapa reagen adalah sebagai berikut:

(i). reagen Molish menunjukkan warna ungu

(ii). larutan lugol tidak menunjukkan warna biru gelap

(iii). reagen Barfoed menunjukkan warna merah setelah dibiarkan 3 menit

(iv). reagen Seliwanoff menunjukkan warna merah

Karbohidrat tersebut adalah ....

A. maltosa

B. Glukosa

C. fruktosa

D. glikogen

E. selulosa

Jawaban : C

9. Campuran di bawah ini yang dapat mempertahankan pH dari pengaruh pengenceran ataupun penambahan sedikit asam atau basa adalah ....

A. amonia dengan amonium nitrat

B. asam asetat dengan natrium sulfat

C. amonium klorida dengan aluminium hidroksida

D. asam sulfat dengan natrium hidrogen sulfat

E. asam asetat dengan etil asetat

Jawaban : A

10. Apabila X adalah 2-butena dan Y adalah 2-butanol, maka hubungan yang benar antara X dan Y adalah kedua senyawa tersebut....

A. memiliki isomer geometri

B. merupakan enantiomer

C. memiliki isomer optik

D. memiliki isomer ruang

E. merupakan diasteromer

Jawaban : D

11. Berikut adalah prinsip penyimpanan bahan kimia di laboratorium, kecuali ....

A. bahan kimia mudah terbakar disimpan dalam tempat khusus yang jauh dari api

B. bahan beracun tidak disimpan di area tempat praktikum peserta didik

C. botol reagen yang lebih kecil ditempatkan di bagian rak yang lebih tinggi

D. bahan kimia disimpan tempat yang terkena sinar matahari agar tetap kering

E. semua botol bahan kimia harus ditempeli etiket tentang spesifikasi isinya

Jawaban : D

12. Pak Hasan, seorang guru kimia, merencanakan pembelajaran untuk materi pokok “Hasil kali kelarutan” di kelas XI SMA. Agar pembelajaran efektif, Pak Hasan memikir-kan sebelum masuk ke materi pokok larutan hasil kali kelarutan peserta didik perlu memahami konsep-konsep prasyaratnya, yaitu konsep-konsep yang perlu dipahami terlebih dulu untuk dapat mempelajari konsep hasil kali kelarutan.

Di antara set konsep-konsep berikut, yang semuanya merupakan konsep prasyarat bagi konsep hasil kali kelarutan adalah ....

A. larutan penyangga, konsentrasi larutan, kesetimbangan, efek ion senama

B. konstanta ionisasi asam, konsentrasi larutan, kelarutan, massa atom relatif

C. pH, tetapan ionisasi, mol, elektrolit, larutan jenuh, azas Le Chatelier

D. konsentrasi larutan, larutan jenuh, kesetimbangan, asas Le Chatelier

E. hidrolisis garam, kekuatan asam, derajat ionisasi, kesetimbangan heterogen

Jawaban : D

13. Sebanyak 50 mL larutan HNO3 4 mol/L diencerkan dengan aquades hingga volum larutan menjadi 100,0 mL. Sebanyak 10,0 mL dari larutan hasil pengenceran kemudian diencerkan kembali dengan air sampai volumenya 50,0 mL. Konsentrasi larutan HNO3 akhir adalah ....

A. 2,0 mol/L

B. 0,2 mol/L

C. 0,8 mol/L

D. 0,1 mol/L

E. 0,4 mol/L

Jawaban : E

14. Hasil penelitian tindakan kelas (PTK) terkait materi pembelajaran konsep mol berguna untuk ....

A. sebagai model bagi pemecahan masalah pembelajaran konsep mol bagi guru lain yang menghadapi masalah serupa

B. diterapkan pada materi pembelajaran lain di kelas atau sekolah yang sama

C. mengembangan teori pembelajaran kimia, khususnya yang menyangkut perhitungan dengan menggunakan konsep mol

D. memberikan umpan balik kepada para penulis buku ajar bagaimana seharusnya sistematika materi konsep mol ditulis

E. diterapkan oleh guru kimia pada kelas yang sama di sekolah sekolah lain yang menghadapi masalah pembelajaran konsep mol

Jawaban : A

15. Seorang guru kimia akan menyusun RPP untuk mengajarkan topik elektrokimia. Langkah selanjutnya setelah mengetahui rumusan KD, indikator-indikator KD, tujuan pembelajaran, serta menganalisis materi reaksi elektrokimia yang tertera dalam silabus dan buku pelajaran adalah ....

A. memilih media yang tepat untuk memvisualisasikan konsep elektrokimia

B. memilih strategi pembelajaran elektrokimia sesuai fasilitas pembelajaran yang tersedia

C. menentukan tata urut dan kedalaman konsep-konsep dalam materi elektrokimia yang akan diajarkan

D. mengidentifikasi miskonsepsi peserta didik berdasarkan tes diagnostik miskonsepsi dalam topik elektrokimia

E. menyusun metode dan instrumen asesmen formatif untuk topik elektrokimia

Jawaban : C

Selain soal tersebut di atas, masih banyak berbagai contoh soal Tes Kompetensi untuk PPPK Guru Kimia tahun 2023 yang dapat dipakai sebagai bahan latihan. Klik tautan berikut untuk mengunduh contoh soal kompetensi PPPK Guru Kimia SMA tahun 2023 :

Contoh Soal Kompetensi PPPK Guru Kimia SMA

Baca juga artikel terkait CPNS 2023 atau tulisan lainnya dari Ririn Margiyanti

tirto.id - Pendidikan
Kontributor: Ririn Margiyanti
Penulis: Ririn Margiyanti
Editor: Yulaika Ramadhani