Menuju konten utama

25 Contoh Soal Post Test Modul 1 Guru Penggerak & Kunci Jawaban

Kumpulan contoh soal post test modul 1 Guru Penggerak beserta kunci jawabannya dalam artikel ini dapat dipelajari peserta pendidik.

25 Contoh Soal Post Test Modul 1 Guru Penggerak & Kunci Jawaban
Ilustrasi modul kurikulum merdeka. (FOTO/iStockphoto)

tirto.id - Kumpulan contoh soal post test modul 1 Guru Penggerak beserta kunci jawabannya dalam artikel ini dapat dipelajari peserta pendidik.

Peserta pendidikan guru penggerak harus mengerjakan post test setelah menyelesaikan proses belajar untuk modul 1. Paket modul 1 berjudul “Paradigma dan Visi Guru Penggerak”. Modul 1.1. berjudul “Refleksi Filosofis Pendidikan Nasional Ki Hadjar Dewantara”.

Pelaksanaan program Guru Penggerak bertujuan untuk menyiapkan para pemimpin pendidikan Indonesia mampu depan. Pemimpin yang diharapkan ialah mereka yang mampu mendorong tumbuh kembang murid secara holistiik, aktif, dan proaktif mengembangkan guru di sekitarnya untuk menerapkan pembelajaran yang dipusatkan pada murid.

Selain itu, para Guru Penggerak diharapkan menjadi teladan dan agen transformasi ekosistem pendidikan untuk mewujudkan profil Pelajar Pancasila. Demi mencapai tujuannya, program Pendidikan Guru Penggerak (PPGP) ditekankan pada kompetensi kepemimpinan pembelajaran (instructional leadership).

Kompeetnsi kepemimpinan mencakup komunitas praktik, pembelajaran sosial dan emosional, pembelajaran berdiferensiasi yang sesuai perkembangan murid, dan kompetensi lain dalam pengembangan diri dan sekolah.

Guru penggerak sampai saat ini berlangsung hingga angkatan ke-11. Rekrutmen PPGP angkatan ke-12 akan dilaksanakan jika proses seleksi Guru Penggerak angkatan 11 selesai diadakan.

Adapun peserta yang telah dinyatakan lolos dalam seleksi tahap 1 PPGP angkatan 11 yakni sebanyak 1.066 orang. Proses seleksi PPGP digelar dalam dua tahap, yakni tahap pertama yang meliputi pendaftaran, pemberkasan, pengisian esai, pengunggahan RPP, penilaian portofolio, dan penilaian esai. Sementara itu, untuk tahap kedua berupa penilaian simulasi mengajar dan wawancara.

Daftar Materi Modul 1 Guru Penggerak

Modul 1 Guru Pengerak mengusung materi berjudul “Paradigma dan Visi Guru Penggerak”. Pembelajaran pada modul 1 dirinci lagi ke dalam empat sub-materi. Berikut empat materi modul 1 Guru Penggerak:

Modul 1.1 “Refleksi Filosofis Pendidikan Nasional Ki Hadjar Dewantara” (UNDUH)

Modul 1.2 “Nilai-nilai dan Peran Guru Penggerak” (UNDUH)

Modul 1.3 “Paradigma dan Visi Penggerak” (UNDUH)

Modul 1.4 “Budaya Positif” (UNDUH)

Kumpulan Contoh Soal Post Test Modul 1 Guru Penggerak dan Jawabannya

Kumpulan contoh soal post test modul 1 Guru Penggerak dapat dicermati sebagai bahan belajar. Berikut kumpulan contoh soal post test modul 1 Guru Penggerak

1. Salah satu dimensi Profil Pelajar Pancasila adalah berkebhinekaan global. Pernyataan di bawah ini yang termasuk berkebhinekaan global adalah…

A. Murid kesulitan berinteraksi secara positif antar-sesama, sulit dalam komunikasi interkultural, serta sulit memaknai pengalamannya di lingkungan majemuk sebagai kesempatan pengembangan dirinya

B. Murid mampu berinteraksi secara positif antar-sesama, tetapi kesulitan untuk berinteraksi dengan lingkungan barunya sehingga cenderung untuk pasif dan sulit menerima hal baru, termasuk orang-orang yang baru dikenal

C. Murid memiliki nilai-nilai tersendiri dan menganggap nilai-nilai lain di luar lingkungannya negatif. Jadi murid cenderung untuk menutup diri

D. Murid mampu berinteraksi secara positif antar-sesama, memiliki kemampuan komunikasi interkultural, serta mampu memaknai pengalamannya di lingkungan majemuk sebagai kesempatan pengembangan dirinya

Jawaban: D

2. Berikut adalah yang termasuk pada fitur LMS adalah …

A. Tampilan / User Interface (Ul) yang Sulit Digunakan, Pendaftaran Bisa dengan Online, Kelas Daring (online), dan Fitur Forum Diskusi, serta Fitur Blog.

B. Tampilan / User Interface (Ul), Pendaftaran Harus Offline, Kelas Daring (online), dan Fitur Forum Diskusi, serta Fitur Blog.

C. Tampilan / User Interface (Ul) yang Mudah Digunakan, Pendaftaran Bisa dengan Online, Kelas Offline, dan Fitur Forum Diskusi, serta Fitur Blog.

D. Tampilan / User Interface (Ul) yang Mudah Digunakan, Pendaftaran Bisa dengan Online, Kelas Daring (online), dan Fitur Forum Diskusi, serta Fitur Blog.

Jawaban: D

3. Budi pekerti merupakan keselarasan (keseimbangan) hidup antara cipta, rasa, karsa, dan karya. Pendidik dapat mengembangkan pembelajaran untuk menstimulasi budi pekerti anak melalui kegiatan berikut ini, kecuali …

A. Guru mengajarkan pada anak tenang nilai-nilai budi pekerti dan memberikan contohnya

B. Guru melakukan penilaian pemahaman anak terkait dengan pengetahuan budi pekerti melalui tes lisan dan tertulis

C. Guru mengajak anak berdiskusi tentang budi pekerti sembari memberikan contoh-contohnya

D. Guru mengajarkan budi pekerti dan memberikan teladan praktik pengamalan budi pekerti

Jawaban: B

4. Manakah dari keterampilan utama berikut yang tidak wajib diperlukan oleh fasilitator untuk dapat memfasilitasi dengan efektif...

A. Keterampilan bertanya

B. Keterampilan penggunaan teknologi

C. Keterampilan mengilustrasikan dengan gambar

D. Keterampilan mendengar aktif

Jawaban: C

5. Siapakah tokoh yang pertama kali menggunakan istilah andragogi untuk merujuk pada konsep pendidikan orang dewasa?

A. Alexander Kapp

B. Michale Hogwart

C. Ki Hadjar Dewantara

D. Joh Dewey

Jawaban: A

6. Roni selalu mengerjakan tugas yang diberikan oleh gurunya dan selalu dikumpulkan sesuai jadwal yang ditentukan. Jika Roni telah berhasil menerapkan disiplin positif, maka motivasi yang paling tepat ketika mengerjakan tugasnya adalah …

A. Roni ingin menghargai dirinya sendiri dengan nilai-nilai yang dipercayanya dan menjadi pembelajar sepanjang hayat

B. Roni menyia-nyiakan kesempatan untuk menunjukkan bahwa dirinya memiliki kekurangan

C. Roni mempercayai bahwa mengikuti perkataan orang bisa melindunginya

D. Roni tidak ingin membuat kegaduhan dengan kemarahan orang lain

Jawaban: A

7. Ibu Amira senantiasa memaknai pengalaman yang terjadi di sekelilingnya, baik yang terjadi pada diri sendiri maupun pihak lain secara positif-apresiatif-produktif. Menurutnya, pengalaman-pengalaman ini boleh jadi akan menimbulkan kesan positif maupun negatif. Pengalaman-pengalaman tersebut sebagai pembelajaran untuk menuntun dirinya, murid, dan sesama dalam menangkap pembelajaran positif, sehingga mampu menjalankan perannya dari waktu ke waktu.

Berdasarkan apa yang dilakukan oleh Ibu Amira, Nilai Guru Penggerak yang dimiliki oleh Ibu Amira adalah ...

A. Positif

B. Percaya diri

C. Reflektif

D. Jujur

Jawaban: C

8. Upaya untuk mewujudkan visi sekolah impian dan melakukan proses perubahan, membutuhkan sebuah pendekatan atau paradigma. Pendekatan ini dipakai sebagai alat untuk mencapai tujuan, maka kepala sekolah harus...

A. Memahami dan menemukan hal positif dari warga sekolah untuk dikembangkan

B. Mempertahankan bangunan dan fasilitas sekolah yang apa adanya

C. Membiarkan adanya sistem KKN di sekolah

D. Memberikan kesempatan pada guru dan siswa yang masih berhubungan kerabat untuk lebih berkembang

Jawaban: A

9. Proses inkuiri apresiatif harus dimulai dengan filosofi dan visi yang berpusat pada kepentingan siswa. Dari sana kemudian diturunkan menjadi tujuan-tujuan rinci berupa prakarsa perubahan. Rumusan visi yang tepat adalah...

A. Mewujudkan generasi yang memiliki karakter, prestasi, dan menguasai IPTEK

B. Mencetak siswa unggul dalam proses berkarakter, berbudaya, peduli lingkungan, berwawasan global disertai iman dan takwa

C. Menyediakan suasana positif, aman, dan mengembangkan minat siswa untuk menjadi pemelajar yang mandiri sepanjang hayat dalam mencapai potensi terbaiknya

D. Mewujudkan insan Indonesia berbudi pekerti luhur, peduli, berbudaya, berwawasan lingkungan unggul dalam prestasi, dan kompetitif dalam dunia global

Jawaban: C

10. Ki Hadjar Dewantara menyatakan bahwa pendidikan budi pekerti dapat dilatih dengan menggunakan permainan anak-anak, seperti permainan gobak sodor yang dapat melatih

A. Olah pikir

B. Olah tenaga

C. Olah raga

D. Olah rasa

E. Olah semangat

Jawaban: C

12. Anda baru saja ditugaskan menjadi seorang Kepala Sekolah Dasar di salah satu kabupaten dalam provinsi Anda. Anda sangat antusias dengan kesempatan ini. Lewat penyelidikan mandiri, Anda tahu bahwa Anda akan menghadapi beberapa tantangan di sekolah tersebut. Salah satu yang terlihat langsung adalah soal sampah. Sampah di sekolah ini berceceran di mana-mana meskipun tong sampah telah tersedia dan menurut Anda jumlahnya sudah mencukupi serta lokasi penempatannya pun sudah cukup strategis. Anda kemudian membuat rencana untuk membantu sekolah menyelesaikan tantangan ini. Dari daftar tindakan di bawah ini, manakah yang menjadi tindakan pertama dalam rencana Anda?

A. Mengumpulkan data otentik yang menunjukkan sampah ini adalah masalah

B. Membuat poster-poster jaga kebersihan dan larangan membuang sampah sembarangan

C. Membuat peraturan dan kebijakan berkaitan dengan persoalan sampah

D. Meminta pendapat guru-guru untuk menemukan jalan keluar permasalahan sampah

E. Mengajak murid-murid memunguti sampah-sampah bersama anda

Jawaban: E

13. Langkah-langkah awal yang harus dilakukan seorang pendidik untuk menuntun murid-muridnya menjadi manusia merdeka, kecuali…

A. Memahami peran diri menjadi pendidik

B. Menambah kapasitas diri sebagai pendidik

C. Membuat perencanaan kegiatan belajar

D. Adaptif, relevan

Jawaban: B

14. Di balik kecanggihan otak manusia, ternyata ada bagian-bagian yang masih menyerupai otak reptil, otak mamalia, dan otak primata. Tiap bagian otak tersebut memiliki peran tersendiri. Pilihlah peran yang terkait dengan otak mamalia (sistem limbik) dalam bagian otak manusia di bawah ini!

A. Terkait dengan emosi dan perasaan

B. Terkait dengan kelangsungan hidup

C. Terkait dengan kesehatan fisik dan psikis

D. Terkait dengan pengambilan keputusan dan pertimbangan moral

E. Terkait dengan gerakan kompleks dan rekayasa penggunaan alat

Jawaban: A

15. Berikut ini merupakan penerapan disiplin positif yang paling tepat adalah…

A. Pak Rudi selalu hadir tepat waktu di sekolah karena mendapatkan penghargaan guru berprestasi di sekolahnya serta yakin bahwa tindakannya sebagai pemimpin pembelajaran akan jadi panutan di lingkungan sekolahnya

B. Pak Budi selalu hadir tepat waktu di sekolah karena menjadi guru yang berprestasi dan untuk menghindari teguran yang biasanya diberikan oleh kepala sekolah

C. Ibu Wati selalu hadir tepat waktu di sekolah karena ingin berusaha menjadi orang yang bertanggung jawab serta menghargai dirinya sebagai teladan bagi murid-murid anda

D. Ibu Kokom selalu hadir tepat waktu di sekolah karena ingin memberikan teladan yang baik untuk peserta didiknya dan agar terhindar dari teguran kepala sekolah

Jawaban: C

16. Anda melakukan ko-kreasi melalui langkah-langkah BAGJA, dengan mendefinisikan sekolah di masa depan menjadi sekolah yang ramah sampah, dan dapat memanfaatkannya, serta warga sekolah mempunyai kemampuan untuk melakukan itu semua. Hal ini menggambarkan kegiatan pada pada langkah:

A. Gali mimpi

B. Atur eksekusi

C. Ambil pelajaran

D. Buat pertanyaan

Jawaban: A

17. Apa yang harus di lakukan guru jika menemui anak yang mengalami hambatan dalam pencapaian pembelajarannya?

A. Menngarahkan anak untuk menemukan cara belajar sesuai dengan kodrat.

B. Membuat sebuah kegiatan ekstrakurikuler yang disenangi anak

C. Melaksanakan pembelajaran diselingi permainan agar anak mudah memahami pembelajaran.

D. Membuat program pembelajaran yang mudah dipahami oleh anak

Jawaban: D

18. Anda sudah menyusun Aksi Nyata Program Sekolah Ramah Sampah. Dengan membagi tugas kepada orang-orang yang tepat sesuai dengan kemampuannya. Siapa yang bertugas sebagai Kontroler atau Evaluator. Pernyataan di atas menggambarkan tindakan yang …

A. Memusatkan perhatian pada tujuan/ keinginan

B. Mengarahkan perhatian ke arah yang positif

C. Mengungkap fakta yang positif baru dari anggota komunitas yang telah dilakukan sekolah

D. Menggunakan pola pendekatan berbasis kekuatan

Jawaban: D

19. Menurut KHD pendidik itu hanya dapat menuntun tumbuh atau hidupnya kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak, agar dapat memperbaiki lakunya (bukan dasarnya) hidup dan tumbuhnya kekuatan kodrat anak. Guru di ibaratkan sebagai…

A. Petani atau tukang kebun

B. Pelukis

C. Nelayan

D. Tukang ukir

Jawaban: A

20. Tindakan yang mencerminkan peran guru penggerak sebagai couch bagi guru lain adalah...

A. Memberikan solusi dari permasalahan yang dihadapi rekan sejawat

B. Mengadakan dialog dengan rekan sejawat untuk menumbuhkan budaya belajar

C. Memberikan arahan dan refleksi dari praktik profesionalnya

D. Melakukan refleksi dan berbagi pengalaman praktik profesionalnya

Jawaban: D

21. Anda sudah menyusun rencana perubahan dan melakukan aksi nyata dengan identifikasi dan apresiasi terbaik dari apa yang sudah ada. Pernyataan tersebut menggambarkan tindakan yang...

A. Mengungkap fakta positif dari anggota komunitas yang telah dilakukan sekolah

B. Menggunakan pola pendekatan berbasis kekuatan

C. Memusatkan perhatian pada tujuan atau keinginan

D. Mendorong tindakan dan perubahan nyata

Jawaban: D

22. Untuk mewujudkan sekolah ramah anak, seorang guru penggerak menyusun rencana perubahan dengan menerapkan ‘inkuiri apresiatif’ secara menyeluruh sehingga diketahui hal-hal di sekolah yang dapat mendukung terwujudnya sekolah ramah anak tersebut.

Hal pertama yang harus diketahui sebelum beranjak ke langkah berikutnya dalam rencana perubahan yang Anda susun adalah...

A. Siapa saja yang akan terlibat dalam program sekolah ramah anak?

B. Apa saja kekuatan sekolah saat ini yang dapat membantu mewujudkan sekolah ramah anak?

C. Apa yang dipahami komunitas sekolah sebagai sekolah ramah anak?

D. Mengapa sekolah ramah anak perlu diwujudkan?

Jawaban: B

23. Menurut KHD Pendidikan anak sejatinya menuntun segala kodrat pada anak, untuk itu posisi guru di dalam kelas harus bertindak...

A. Melaksanakan evaluasi pembelajaran yang selalu menilai kesesuaian pencapain prestasi anak saat belajar

B. Menyusun program pembelajaran yang dilaksanakan oleh anak secara menyeluruh sehingga menjadikan anak yang berpotensi

C. Menuntun anak untuk menemukan arah dan car ayang tepat untuk mencapai tujuan pendidikan

D. Memastikan pencapaian anak dalam menguasai pengetahuan dan keterampilan yang ada ditetapkan sebagai capaian kurikulum

Jawaban: C

24. Dalam BAGJA, kegiatan menyusun pertanyaan lanjutan untuk menemukan kekuatan potensi peluang lewat investigasi atau pendidikan, mengidentifikasi atau mengapresiasi dari apa yang sudah ada dan menemukan ‘inti positif’ adalah gambaran dari langkah...

A. Ambil pelajaran

B. Buat pertanyaan

C. Gali mimpi

D. Atur eksekusi

Jawaban: A

25. Banyak hal positif yang sudah Anda lakukan dalam mengeksekusi prakarsa perubahan dan menggunakan pendekatan inkuiri apresiatif. Langkah apa selanjutnya dapat Anda lakukan supaya keberhasilan dapat lebih bermanfaat?

A. Menuliskannya dalam bentuk jurnal

B. Mendokumentasikan tiap langkah kegiatan

C. Merefleksikan kegiatan yang telah dilakukan dan membagikannya pada komunitas praktisi

D. Membuat laporan lengkap kepada kepala sekolah

Jawaban: C

Baca juga artikel terkait GURU PENGGERAK atau tulisan lainnya dari Nurul Azizah

tirto.id - Edusains
Kontributor: Nurul Azizah
Penulis: Nurul Azizah
Editor: Yulaika Ramadhani