tirto.id - Kumpulan contoh soal PKK (Produk Kreatif dan Kewirausahaan) kelas 11 semester 1 dapat dijadikan bahan belajar oleh siswa untuk menghadapi Penilaian Akhir Semester (PAS).
Selain dapat digunakan oleh siswa, contoh soal PJOK juga dapat dijadikan sebagai bahan rujukan oleh guru untuk membuat soal PAS.
PKK merupakan mata pelajaran yang terkait secara langsung dalam penanaman pendidikan kewirausahaan kepada siswa. Mata pelajaran tersebut dapat memberikan pemahaman dan keterampilan berwirausaha kepada siswa.
Berdasarkan buku Produk Kreatif dan Kewirausahaan yang diterbitkan tahun 2019 untuk kelas 11 SMK, terdapat 5 BAB. Namun, umumnya materi UAS/PAS hanya materi yang diajarkan setelah PTS (Penilaian Tengah Semester).
Sehingga siswa dapat mempelajari materi-materi PKK kelas 11 semester 1 untuk mempersiapkan diri menghadapi PAS.
Daftar Materi Produk Kreatif & Kewirausahaan Kelas 11 SMK
Daftar materi mata pelajaran PKK untuk Kelas 11 SMK dapat digunakan untuk acuan belajar siswa. Pasalnya, dalam waktu dekat ini, siswa akan menghadapi penilaian akhir semester.
Adapun materi yang akan diujikan dalam PAS, daftar materinya sebagai berikut ini:
- Sikap dan Perilaku Wirausaha
- Peluang Usaha
- Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI)
- Desain Produk
- Proses Kerja Pembuatan Prototype Produk
Contoh Soal PAS PKK Kelas 11 Semester 1 dan Jawabannya
1. Kewirausahaan adalah....
A. Mengubah bahan mentah menjadi produksi hasil dengan mencampur atau memodifikasi bahan tersebut.
B. Kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda melalui berpikir kreatif dan bertindak inovatif untuk menciptakan peluang.
C. Mengubah bahan mentah menjadi bahan jadi.
D. Mengubah bahan mentah menjadi produk makanan.
E. Mengubah bahan mentah menjadi kerajinan bahan tersebut.
Jawaban: B
2. Kata lain kewirausahaan dalam bahasa inggris adalah....
A. Entrepreneurship
B. Entrepreneurship
C. Entrepreneurship
D. Entrepreneur
E. Entrepreneurship
Jawaban: A
3. Inovasi berarti....
A. Menciptakan barang baru
B. Mempertahankan produk lama
C. Melakukan sesuatu dengan cara-cara baru
D. Mempertahankan cara tradisional
E. Menggunakan teknologi mutakhir.
Jawaban: A
4. Yang tidak termasuk dalam ruang lingkup prakarya dan kewirausahaan, adalah....
A. Kerajinan
B. Pengolahan
C. Kuliner
D. Budidaya
E. Rekayasa
Jawaban: C
5. Manfaat kewirausahaan yang paling tepat adalah....
A. Menambah pekerjaan
B. Membuka lowongan pekerjaan
C. Menambah finansial
D. Mengurangi penghasilan
E. Menambah kepercayaan diri
Jawaban: B
6. Sementara ciri-ciri sikap seorang wirausahawan diantaranya sebagai berikut….
A. Percaya diri, berorientasi kemasa depan
B. Berjiwa pemimpin dan kreatif
C. Berani menanggung resiko dan inovatif
D. Jujur dan sportif
E. Semua jawaban benar
Jawaban: E
7. Faktor yang bukan mendukung keberhasilan usaha adalah....
A. Prestatif
B. Kerja keras
C. Disiplin
D. Ketergantungan
E. Realistis
Jawaban: D
8. Jawaban paling tepat untuk prinsip pengolahan prakarya adalah....
A. Mengubah bahan mentah menjadi produksi hasil dengan mencampur atau memodifikasi bahan tersebut
B. Mengubah bahan mentah menjadi bahan jadi.
C. Mengubah bahan mentah menjadi produk makanan
D. Mengubah bahan mentah menjadi kerajinan bahan tersebut
E. Membuat sesuatu bisa dijual di pasaran
Jawaban: B
9. Pesaing dalam berwirausaha berdampak positif dan negatif, dampak positifnya adalah….
A. Berbahaya bagi bisnis kita
B. Bisa membuat kita menjadi toleran
C. Bisa diajak sebagai rekan bisnis
D. Membuat kita berpikir untuk bertahan dan maju
E. Bisa menjadi partner kerja agar tetap bertahan
Jawaban: D
10. Seorang wirausaha sukses harus memiliki perencanaan usaha yang baik dengan melihat aspek-aspek penting berikut ini....
A. Ide dan peluang usaha
B. Sumber daya perusahaan
C. Perencanaan administrasi usaha
D. Perencanaan pemasaran usaha
E. A, B, C dan D benar
Jawaban: E
11. Langkah-langkah analisis kelayakan usaha yang perlu diperhatikan dalam aspek ide dan peluang usaha adalah....
A. Sumber daya manusia
B. Modal
C. Uji coba pasar
D. Studi kelayakan pembeli
E. Sumber keuangan
Jawaban: C
12. Dalam berwirausaha diperlukan proses evaluasi dengan menggunakan analisis SWOT. Untuk melihat peluang pasar yang ada digunakan analisis....
A. Safety
B. Treats
C. Strength
D. Opportunities
E. Weakness
Jawaban: D
13. Jenis biaya yang selalu berubah sesuai dengan perubahan volume penjualan disebut....
A. Fixed cost
B. Variable cost
C. Semi variable cost
D. Total cost
E. Break event point
Jawaban: B
14. Biaya tetap (fixed cost) meliputi....
A. Biaya sewa gedung
B. Biaya asuransi
C. Biaya pinjaman
D. Biaya bahan baku
E. A, B, dan C benar
Jawaban: E
15. Laporan yang menunjukkan aliran uang yang diterima dan digunakan perusahaan dalam periode akutansi beserta sumbernya disebut....
A. Laporan arus kas
B. Laporan perubahan modal
C. Neraca
D. Laporan keuangan
E. Laporan laba rugi
Jawaban: B
16. Dalam suatu proses kegiatan produksi biasanya terdapat sisa yang disebut....
A. Bahan baku
B. Limbah
C. Bahan setengah jadi
D. Kerajinan
E. Bahan jadi
Jawaban: B
17. Limbah yang berasal dari sisa makhluk hidup disebut....
A. Limbah organik
B. Limbah anorganik
C. Limbah padat
D. Limbah cair
E. Limbah gas
Jawaban: A
18. Limbah yang sangat sulit untuk diuraikan disebut....
A. Limbah organik
B. Limbah anorganik
C. Limbah padat
D. Limbah cair
E. Limbah gas
Jawaban: B
19. Proses pemanfaatan limbah menjadi benda yang bernilai dan bermanfaat disebut....
A. Recycle bin
B. Rekayasa
C. Daur ulang
D. Pembakaran
E. Budidaya
Jawaban: C
20. Sebelum diolah menjadi produk kerajinan limbah harus diseleksi terlebih dahulu untuk menentukan mana yang masih dapat dipergunakan dan yang seharusnya dibuang. Hal tersebut merupakan proses pengolahan limbah yaitu...
A. Pembersihan limbah
B. Pemilahan bahan limbah
C. Pengeringan
D. Pewarnaan
E. Finishing
Jawaban: B
21. Upaya memanfaatkan limbah kemudian diproses menjadi sebuah kerajinan bertujuan untuk berikut ini, kecuali....
A. Menyelamatkan lingkungan
B. Menjaga lingkungan
C. Melindungi lingkungan
D. Mewariskan keberlangsungan lingkungan
E. Menghancurkan lingkungan
Jawaban: E
22. Berikut ini yang tidak termasuk kerajinan dari bahan alam adalah....
A. Tanah liat
B. Sabun
C. Serat
D. Kulit
E. Rotan
Jawaban: B
23. Upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya disebut dengan istilah....
A. Desain
B. Planning
C. Marketing
D. Promosi
E. Konsinyasi
Jawaban: D
24. Promosi merupakan salah satu bagian dari rangkaian kegiatan pemasaran suatu barang, yang bertujuan berikut ini, kecuali....
A. Meningkatkan hasrat konsumen untuk mencoba produk
B. Membentuk goodwill
C. Merangsang permintaan
D. Mendorong konsumen untuk membeli lebih banyak
E. Mempererat hubungan antara penjual
Jawaban: E
25. Mempekerjakan orang untuk berpura-pura menjadi pembeli dengan tujuan untuk mengevaluasi dan melaporkan hal-hal positif dan negatif dari pelayanan serta manfaat produk adalah salah satu metode analisis kepuasan pelanggan yang disebut…
A. Survei
B. Ghost shopping
C. Direct selling
D. Sistem keluhan dan saran
E. Penjualan langsung
Jawaban: B
Essay Soal PAS PKK Kelas 11 Semester 1
1. Pengemasan secara umum digolongkan menjadi 3 yaitu….Jawaban: Kemasan primer, sekunder, tersier
2. Kemasan yang melekat pada produk disebut....
Jawaban: Kemasan primer
3. Kemasan untuk distribusi disebut....
Jawaban: Kemasan tersier
4. Setiap kemasan harus memenuhi persyaratan tertentu antara lain sebagai berikut….
Jawaban: Jenis kemasan dipilih sesuai jenis barangnya, Besar kemasan harus cukup melindungi barangnya, Kemasan harus cukup berkualitas sebagai pengaman barangnya dan Kemasan harus dapat menonjolkan atau mewakili kualitas barangnya.
5. Fungsi dari pengemasan produk antara lain....
Jawaban: Mempertahankan mutu
Penulis: Sulthoni
Editor: Yulaika Ramadhani