Menuju konten utama

65 Contoh Catatan Wali Kelas di Raport SMP yang Memotivasi

Ada banyak contoh catatan wali kelas di raport SMP yang menarik. Contoh rapor ini penting untuk peserta didik karena mampu meningkatkan semangat belajar.

65 Contoh Catatan Wali Kelas di Raport SMP yang Memotivasi
Ilustrasi wali kelas yang tengah menyusun rapor hasil belajar untuk peserta didik. Ada banyak contoh catatan wali kelas di raport SMP yang menarik. Wali kelas bisa memakai langsung atau mengubah contoh sesuai capaian peserta didik. foto/Istockphoto

tirto.id - Ada banyak contoh catatan wali kelas di raport SMP yang menarik. Contoh dapat digunakan langsung atau disesuaikan dengan hasil yang ditunjukkan peserta didik.

Peserta didik SMP dapat memperoleh sejumlah pengarahan tertentu lewat catatan wali kelas. Catatan tersebut disampaikan melalui rapor semester pertama maupun kedua.

Sebagai seorang pendidik, guru sebaiknya memberikan kata-kata yang sifatnya memotivasi. Catatan wali kelas di raport SMP yang memotivasi bertujuan untuk membuat peserta didik lebih semangat mencapai prestasi.

Contoh Catatan Wali Kelas di Raport SMP yang Memotivasi siswa

Ilustrasi Penerimaan Rapor

Guru menyerahkan rapor hasil semester ganjil kepada orang tua murid di Sekolah Dasar Negeri I Banda Aceh, Aceh, Jumat (18/12/2020). Antara Aceh/Ampelsa

Wali kelas dapat berinisiatif membuat catatan sendiri atau mencari contoh untuk dikembangkan maupun digunakan langsung.

Berikut ini contoh kata-kata catatan wali kelas di raport SMP:

  1. Nilai kamu sudah cukup baik selama dua semester ini, pertahankan dan tingkatkan!
  2. Selamat atas peringkat 1 yang kamu peroleh. Pertahankan prestasi ini dan jangan biarkan kemalasan menjatuhkanmu.
  3. Kemampuan akademismu sudah cukup baik, namun jangan lupa memanfaatkan kegiatan non akademis agar bakatmu terasah.
  4. Usaha tidak akan menghianati hasil, teruslah belajar demi tujuanmu di masa depan.
  5. Mendapatkan peringkat di luar 10 besar bukan berarti kamu tak kompeten, tingkatkan lagi motivasi belajarmu dan tunjukkan kehebatanmu.
  6. Selamat, kamu bisa meraih peringkat 9 dengan perbedaan nilai yang tipis. Pertahankan dan jangan putus asa dalam belajar.
  7. Ananda, jadikan setiap kesalahan yang terjadi sebagai sebuah pelajaran berharga. Jangan berputus asa dan tetap semangat jika nilainya kurang. Pertahankan kelebihanmu dan perbaiki kesalahanmu, tunjukkan bahwa kamu bisa lebih baik lagi.
  8. Prestasimu sudah cukup baik, namun jangan pernah berhenti untuk tetap belajar. Fokuskan diri pada kelemahanmu dan terus coba untuk menghadapi materi baru.
  9. Nilaimu sudah baik karena berhasil mencapai 10 besar peringkat kelas. Jadikan ini sebagai motivasi belajarmu agar bisa lebih baik lagi di kedepannya.
  10. Belajar giat di kelas membuatmu berhasil mencapai peringkat 5 besar. Pertahankan potensimu dan tetap semangat belajarnya.
  11. Akademis baik juga perlu diselingi sosialisasi. Perhatikan sekitarmu dan raih pembelajaran menyenangkan bersama teman-temanmu.
  12. Nilai non akademis kamu di luar jam pelajaran dapat dijadikan motivasi belajar di kelas. Ibu berharap keduanya dapat berkembang seimbang. Semangat!
  13. Giatkan lagi belajarmu agar prestasimu meningkat, jangan patah semangat dan teruslah berkembang.
  14. Pertahankan potensi akademismu, terutama di bidang yang kamu minati. Jangan turunkan semangat dan teruslah berprestasi.
  15. Belajar terus meskipun kamu terkadang bosan. Cita-cita dan keinginanmu di masa depan ada di tangan kamu sendiri.
  16. Keterbatasanmu buku yang bisa kamu beli tak menjadikanmu patah semangat. Belajarlah di manapun demi perkembanganmu.
  17. Ibu bangga dengan prestasimu di luar dan dan di dalam kelas. Terus giat belajar dan jangan lupa untuk berdoa.
  18. Selamat karena kamu telah menjadi peringkat 1 kelas. Berikan yang terbaik dalam pembelajaran dan jangan lupa ajari temanmu yang kesusahan.
  19. Annisa, sejauh ini kamu sudah berusaha keras untuk mendapatkan peringkat 10 besar. Tingkatkan belajarmu dan jangan lupa mensyukuri segala hal yang kau raih.
  20. Perbedaan nilaimu tipis dengan beberapa peringkat lain di kelasmu. Jangan putus asa dan belajarlah dengan sungguh-sungguh. Semangat!
  21. Saya sangat bangga dengan Ananda dan berharap yang terbaik untuk mereka tahun depan.
  22. Ananda percaya diri, positif, dan merupakan panutan yang baik bagi teman-teman sekelasnya.
  23. Ananda sering kali menjadi orang pertama yang membantu dan membimbing teman sekelasnya. Ananda adalah bagian yang berharga dari kelas.
  24. Ananda telah menunjukkan kemampuan yang sangat baik untuk menetapkan tujuan dan gigih dalam mencapainya.
  25. Ananda tertarik pada pembelajarannya sendiri, mendengarkan dengan penuh perhatian, dan berusaha keras untuk menghindari gangguan yang dapat mengganggu proses pembelajaran.
  26. Ananda bertanggung jawab. Ananda membuat keputusan yang cerdas, mengakui kesalahan, dan mendengarkan peluang untuk meningkatkan diri.
  27. Ananda berhubungan baik dengan teman sekelas dan menghargai perspektif dan pengalaman yang berbeda.
  28. Ananda mengelola emosinya secara dewasa dan menanggapi umpan balik dengan tepat.
  29. Ananda selalu mencari cara untuk membantu di kelas.
  30. Ananda dapat diandalkan, mengikuti arahan secara efektif, dan menindaklanjuti komitmennya kepada dirinya sendiri dan orang lain.
  31. Ananda bijaksana, berwawasan luas, dan teliti dalam komunikasi tertulis dan lisan, serta memiliki bakat untuk mengekspresikan idenya dengan jelas.
  32. Ananda bekerja dengan baik dengan teman sekelas dalam kerja kelompok dan sering mengambil peran kepemimpinan.
  33. Ananda menunjukkan sikap positif dengan teman sekelas dalam proyek dan kegiatan kelompok, dan menerima serta memberi saran dan arahan secara efektif.
  34. Ananda menunjukkan kedewasaan ketika memecahkan masalah dengan teman sekelas dan menggunakan komunikasi yang baik.
  35. Ananda unggul dalam menerapkan apa yang dipelajari di kelas ke dalam situasi kehidupan nyata.
  36. Senang sekali memiliki antusiasme, kepositifan, dan kedewasaan Ananda di kelas saya.
  37. Ananda adalah anggota kelas yang antusias dan menunjukkan kemauan untuk belajar.
  38. Ananda menunjukkan perilaku yang bertanggung jawab, bekerja dengan baik dengan kelompok dan menunjukkan penghargaan atas upaya teman sekelas.
  39. Ananda fokus selama kegiatan di kelas dan dengan sukarela berpartisipasi dalam diskusi kelas.
  40. Ananda melakukan pekerjaan mandiri dengan percaya diri dan fokus.
  41. Ananda bekerja secara mandiri dan bangga dengan hasil kerjanya.
  42. Ananda fokus di kelas dan bersedia berpartisipasi dalam diskusi kelompok.
  43. Ananda sangat teliti dan menunjukkan upaya dan perhatian yang sangat baik dalam pekerjaan sehari-hari.
  44. Ananda menunjukkan usaha yang sungguh-sungguh dan teliti dalam pekerjaan sehari-hari.
  45. Ananda menunjukkan usaha yang sungguh-sungguh untuk belajar.
  46. Ananda telah melakukan pekerjaan dengan baik dalam menghadapi dan mengatasi tantangan besar tahun ini. Mohon terus pelihara dan dorong perilaku ini selama musim panas.
  47. Ananda menunjukkan tanggung jawab dan mengikuti arahan kapan pun arahan itu diberikan.
  48. Ananda mendengarkan dan mengikuti arahan dengan tepat dan penuh perhatian.
  49. Ananda mengikuti arahan dengan tepat dan akurat.
  50. Ananda adalah peserta aktif di kelas.
  51. Ananda adalah seorang pekerja keras yang dengan tenang bertahan melalui topik-topik yang menantang.
  52. Ananda didorong untuk menunjukkan sikap dan perilaku yang lebih bertanggung jawab di dalam kelas.
  53. Ananda perlu menunjukkan perilaku yang lebih tepat ketika berinteraksi dengan teman sekelas.
  54. Ananda perlu memperhatikan penggunaan bahasa yang tepat setiap saat
  55. Ananda membutuhkan dorongan untuk mendengarkan dengan penuh perhatian selama waktu berbagi dalam kelompok.
  56. Ananda perlu mendengarkan arahan dengan lebih penuh perhatian selama pelajaran.
  57. Ananda akan mendapat manfaat dengan menunjukkan keinginan yang lebih besar untuk menyumbangkan ide di kelas.
  58. Ananda perlu sering diingatkan untuk memperhatikan selama instruksi dan pelajaran.
  59. Ananda perlu meningkatkan kerja samanya dalam kelompok. Ananda harus berusaha menyuarakan perasaan dan pendapat serta mendengarkan orang lain.
  60. Ananda perlu meningkatkan kerja samanya dengan orang lain. Ananda harus memastikan untuk menerima bagian dari pekerjaan ketika berpartisipasi dalam tugas kelompok.
  61. Ananda perlu meningkatkan kemampuannya untuk bekerja secara mandiri dan memastikan untuk meminta bantuan hanya jika diperlukan.
  62. Ananda sering kesulitan untuk fokus di kelas, yang membahayakan kemampuannya untuk terlibat dengan baik dengan kegiatan dan tugas kelas.
  63. Ananda didorong untuk menggunakan waktu dengan bijak untuk menyelesaikan tugas dalam waktu yang diperlukan.
  64. Ananda didorong untuk lebih bertanggung jawab dalam menyelesaikan tugas tanpa perlu diingatkan secara teratur.
  65. Ananda perlu menunjukkan melalui kualitas pekerjaan dan penggunaan waktu kelas bahwa ia benar-benar terlibat dalam proses pembelajaran.

Baca juga artikel terkait RAPOR PENDIDIKAN atau tulisan lainnya dari Yuda Prinada

tirto.id - Edusains
Kontributor: Yuda Prinada
Penulis: Yuda Prinada
Editor: Yulaika Ramadhani
Penyelaras: Syamsul Dwi Maarif