Menuju konten utama

70 Contoh Catatan Wali Kelas SD di Rapor Kurikulum Merdeka

Kumpulan contoh catatan wali kelas Kurikulum Merdeka SD yang dapat digunakan untuk referensi bagi para guru saat mengisi rapor. Berikut 70 contohnya.

70 Contoh Catatan Wali Kelas SD di Rapor Kurikulum Merdeka
Guru membacakan laporan hasil belajar (rapor) kenaikan kelas kepada wali murid di SD Yasporbi I Pancoran, Jakarta, Jumat (26/6/2020). Untuk memutus penyebaran COVID-19, sekolah tersebut menerapkan pelayanan pembagian rapor secara daring tanpa pertemuan tatap muka. ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/wsj.

tirto.id - Kumpulan contoh catatan wali kelas Kurikulum Merdeka SD dapat digunakan untuk referensi bagi para guru saat mengisi rapor. Catatan ini tak hanya penting bagi siswa, tapi juga harus menjadi perhatian pihak orang tua.

Seperti yang diketahui, peserta didik biasanya menerima rapor yang mencantumkan nilai atau pencapaian selama satu semester. Rapor tersebut tak hanya berisi nilai, tapi juga catatan khusus dari pihak wali kelas.

Catatan wali kelas Kurikulum Merdeka ini merupakan bentuk perhatian dari pihak guru kepada para siswa. Adapun contoh catatan wali kelas SD di raport Kurikulum Merdeka bisa dipakai sebagai rujukan pembuatan nasehat, pujian, atau deskripsi pribadi murid.

Kemudian catatan perkembangan peserta didik wali kelas rapor SD juga dapat menjadi opsi penyampaian yang lebih spesifik. Jika nilai kurang memuaskan atau ada masalah, bisa diberikan kritik atau motivasi.

70 Contoh Catatan Wali Kelas Kurikulum Merdeka SD

Berikut beberapa contoh catatan guru di raport Kurikulum Merdeka SD kelas 1 sampai 6 yang bisa dijadikan referensi.

1. Siswa memiliki kemajuan yang baik pada semester ini. Jika dilanjutkan belajar lebih tekun untuk semester-semester berikutnya, masa depannya tentu akan cerah.

2. Siswa adalah anak yang rajin dan disiplin, tapi di semester ini ia kesulitan untuk berbaur dan bekerja sama dalam kelompok

3. Siswa sangat aktif dan selalu berusaha berkontribusi untuk kelas selama semester ini. Namun, karena terlalu bersemangat, siswa mengerjakan tugas terlalu cepat sehingga kadang membuat kesalahan.

4. Siswa menyelesaikan semua tugas dari guru dengan baik selama semester ini. Dia termasuk anak yang tidak mudah menyerah dan berusaha menemukan jawaban dari setiap soal.

5. Siswa sangat mandiri dan kemampuan akademisnya cenderung meningkat selama semester ini. Ia juga menunjukkan sikap ingin tahu yang sangat bagus untuk perkembangannya.

6. Ananda berhasil menyelesaikan ujian semester ini dengan baik. Tetap semangat belajar agar prestasi terus meningkat.

7. Ananda kurang fokus pada pelajaran pada semester ini, tapi ia memiliki bakat seni yang luar biasa. Bapak/ibu harap Ananda bisa lebih mengatur waktu untuk belajar dan mengasah potensinya.

8. Pada semester ini Ananda menunjukkan kemajuan dalam hal akademik maupun non akademik dengan nilai di atas rata-rata.

9. Ananda adalah anak yang mudah bergaul dan aktif dalam bekerja kelompok selama semester ini. Saat proses belajar, Ananda juga tak malu bertanya sehingga ia lebih paham dengan topik pembahasan.

10. Selama satu semester ini, Ananda menunjukkan sikap rajin dan tidak pernah terlambat dalam mengumpulkan tugas.

11. Siswa termasuk anak yang cerdas, tapi suka bercanda di dalam kelas. Selama beberapa bulan terakhir semester ini, ia telah berusaha mengubah perilakunya dan menunjukkan kemajuan.

12. Siswa memiliki potensi besar di bidang akademik dan berusaha keras menjadi yang terbaik selama semester ini.

13. Siswa adalah pekerja keras, gigih dalam menyelesaikan tugas, dan menunjukkan kemandirian pada semester ini.

14. Siswa pandai mengatur waktu dan selalu fokus dengan pelajaran sehingga nilainya di semester ini tergolong baik.

15. Siswa dapat memahami penjelasan guru dengan baik selama semester ini, tapi perhatiannya mudah teralihkan. Tingkatkan lagi konsentrasi saat belajar agar hasilnya maksimal.

16. Siswa kurang fokus pada pelajaran sehingga sering tidak menyelesaikan tugas selama semester ini. Siswa akan mendapatkan hasil yang lebih baik apabila memprioritaskan belajarnya.

17. Selama semester ini siswa kurang berinteraksi dengan teman sekelasnya dan butuh dorongan agar dapat bersosialisasi dengan baik.

18. Ananda telah menunjukkan antusiasme belajar yang tinggi sehingga mendapatkan nilai yang baik pada semester ini. Bapak/ibu harap sikap positif tersebut tetap dijaga untuk semester-semester berikutnya.

19. Selama semester ini, Ananda berperan aktif dalam proses belajar di dalam kelas dan senang membantu teman-temannya yang kesulitan.

20. Ananda mengalami peningkatan luar biasa di bidang akademik pada semester ini. Sikapnya yang pantang menyerah harus dipertahankan.

21. Ananda memiliki keingintahuan yang besar dalam setiap pelajaran di semester ini. Ia berpikir kritis dan tidak ragu bertanya pada guru.

22. Perilaku dan semangat belajar Ananda selama semester ini telah meningkat pesat. Terima kasih atas kerja kerasnya.

23. Ananda senang bekerja dalam kelompok. Selama semester ini, Ananda aktif dalam diskusi dan bijak dalam menyelesaikan masalah.

24. Siswa tidak hanya menunjukkan potensi di bidang akademik, tapi juga memiliki keterampilan bicara yang baik di depan publik.

25. Selama satu semester ini, siswa aktif dalam setiap kegiatan di dalam kelas, memiliki jiwa kepemimpinan tinggi, dan mampu mengatur waktu belajarnya sebagai anak SD.

26. Siswa menunjukkan kebiasaan belajar yang lebih baik sehingga nilainya pada semester ini bisa di atas rata-rata.

27. Pada semester ini Ananda kurang fokus pada pelajaran karena kesibukan ekstrakurikuler sekolah. Bapak/ibu harap Ananda dapat membagi waktu agar tidak melalaikan tugas sekolah.

28. Pada semester ini, Ananda kurang efisien dalam mengatur waktu sehingga sering terlambat mengumpulkan tugas. Tolong diperhatikan agar bisa lebih baik lagi ke depannya.

29. Siswa menunjukan perhatian dan pemahaman yang bagus selama proses belajar di semester ini. Terus tingkatkan lagi belajarnya agar tetap jadi teladan di kelas.

30. Siswa mengerjakan tugas dengan baik dan memanfaatkan waktu luangnya untuk belajar selama semester ini. Jika diimbangi dengan kemampuan sosialisasi yang baik, tentu masa depannya akan lebih cerah.

31. Siswa belum mampu mengerjakan soal dengan cepat selama semester ini. Siswa perlu mengatur waktu lebih baik lagi agar dapat menyelesaikan tugas tepat pada waktunya.

32. Pada semester ini, siswa kesulitan mencerna penjelasan guru dan tak bisa mengimbangi kecepatan belajar siswa lainnya.

33. Siswa dapat diandalkan ketika ada kegiatan di kelas saat semester ini. Dia mudah bersosialisasi dan berusaha berkontribusi untuk kelas.

34. Selama semester ini, perhatian Ananda mudah teralihkan ketika tidak didampingi dalam proses belajar.

35. Ananda suka berdiskusi tentang pelajaran dan mampu mengambil keputusan dengan baik pada semester ini.

36. Ananda kurang berinteraksi dengan teman sekelas dan kurang aktif dalam proses belajar. Semoga dapat ditingkatkan lagi agar nilainya lebih baik di semester berikutnya.

37. Semester ini Ananda menunjukkan potensinya di bidang olahraga. Harap kembangkan terus kemampuan ananda selama masa liburan.

38. Siswa punya minat tinggi pada pelajaran matematika selama semester ini. Jika terus diasah, nilainya akan terus meningkat di semester depan.

39. Ananda punya sikap positif dan percaya diri. Hal itu membantu proses belajarnya sehingga nilainya di semester ini tergolong baik.

40. Ananda mudah memahami penjelasan guru dan sering mengajari teman sekelas. Sikap yang bagus dan harus dipertahankan.

41. Di awal semester ini, Ananda mengalami kesulitan belajar. Namun, di tiga bulan terakhir ia mengalami kemajuan dan nilainya terus membaik.

42. Siswa menjadi ketua kelas dan selama semester ini telah menunjukkan sikap yang bertanggung jawab, mudah berinteraksi, dan merespon pelajaran dengan baik.

43. Ananda berperan aktif dalam kegiatan belajar di kelas selama semester ini. Senang memiliki siswa seperti Ananda.

44. Ananda kurang memanfaatkan waktu belajar di kelas dengan baik pada semester ini, sehingga butuh ditegur atau diingatkan oleh para guru. Semoga semester berikutnya bisa lebih fokus pada pelajaran.

45. Siswa mampu berpikir kritis dan logis pada setiap topik pembelajaran di semester ini.

46. Kemampuan siswa pada pelajaran bahasa menunjukkan kemajuan dalam tiga bulan terakhir di semester ini. Siswa menunjukkan sikap positif karena mau memperbaiki diri.

47. Siswa terkadang kesulitan memahami materi dan butuh bimbingan lebih lama, tapi ia sangat teliti dalam mengerjakan soal.

48. Siswa mampu mengidentifikasi masalah dalam setiap topik pembelajaran dan mencari solusi dengan bijak.

49. Ananda telah mengikuti arah guru dengan baik selama semester ini sehingga memudahkan para guru dalam mengajar di kelas.

50. Ananda suka belajar hal-hal baru, percaya diri tinggi, dan memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik dengan orang lain.

51. Ananda punya keterampilan yang unik karena suka menggambar di waktu jam pelajaran. Mohon untuk lebih fokus lagi ke pelajaran dan kembangkan minat di waktu yang seharusnya.

52. Ananda tampak tertarik memelajari kesenian, namun kurang memerhatikan pembelajaran yang lain.

53. Komunikasi Ananda dengan siswa lain memang sudah cukup baik, namun tolong perhatikan lagi waktu Ananda berbicara.

54. Ananda cukup terampil dan inovatif memanfaatkan sarana-prasarana sekolah, pertahankan potensi kreatif itu.

55. Bapak/Ibu tahu bahwa Ananda cukup cepat menangkap apa yang disampaikan guru, namun jangan malu untuk bertanya ketika kesulitan.

56. Solusi yang baik dan efektif untuk pembelajaran di kelas adalah komunikasi, jadilah murid yang berperan aktif di dalamnya.

57. Pengetahuan Ananda sebagai murid SD melebihi teman-teman di kelas, terus kembangkan pengetahuanmu ya, Nak.

58. Ananda tampak kurang tertarik dengan sistem pembelajaran di kelas, semoga ke depannya itu bisa berubah.

59. SD merupakan jenjang dasar tempat kalian menempuh ilmu, Ananda sebaiknya lebih fokus lagi dalam mengikuti pembelajaran.

60. Sejauh ini Ibu/Bapak memantau Ananda cukup pandai bereaksi terhadap pertanyaan guru, pertahankan dan tingkatkan.

61. Jangan mudah menyerah terhadap pertanyaan sulit, Ananda bisa mempertanyakan itu kepada guru secara langsung.

62, Ananda punya semangat belajar yang tidak stabil, tolong pertahankan itu di kondisi terbaikmu ya.

63. Ketika Ananda belajar, Ibu/Bapak melihat keseriusan yang begitu mendalam. Terus lakukan itu demi masa depanmu ya, Nak.

64. Ananda tampak lebih kreatif dalam memecahkan masalah di kelas sebagai ketua kelas, pertahankan kreativitasmu ya!

65. Semangat belajarmu di kelas telah meningkatkan potensi peserta didik yang lain, kembangkan dan pertahankan itu.

66. Tingkatkan lagi semangat belajarmu, ya. Ibu/Bapak percaya kamu bisa.

67. Ananda tampak mengalami peningkatan dalam menangani permasalahan matematika, pertahankan potensimu itu.

68. Kamu punya daya tarik tersendiri yang bisa menyenangkan hati siswa lain, teruslah bersinar ya, nak.

69. Pembelajaran selama satu semester ini menunjukkan peningkatan kepribadian maupun prestasimu, jangan mudah menyerah dan lakukan yang terbaik terus ya.

70. Kesulitan merupakan hal yang kerap dialami setiap orang, jadi, jangan malu untuk meminta bantuan orang di sekitarmu ya.

Baca juga artikel terkait RAPORT SISWA atau tulisan lainnya dari Erika Erilia

tirto.id - Pendidikan
Kontributor: Erika Erilia
Penulis: Erika Erilia
Editor: Yulaika Ramadhani
Penyelaras: Yuda Prinada