Cara Nonton Piala Dunia 2022 Gratis di TV Analog atau Tanpa STB

Kontributor: Ilham Choirul Anwar, tirto.id - 25 Nov 2022 08:55 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Agar cara nonton Piala Dunia 2022 gratis di TV analog atau tanpa STB berhasil, terapkan sejumlah tips sederhana berikut ini. Temukan panduan di sini.
tirto.id - Cara nonton Piala Dunia 2022 gratis bisa dilakukan melalui TV analog atau tabung termasuk tanpa set top box (STB). Lantas bagaimana caranya?

Hak siar eksklusif untuk tayangan pertandingan sepak bola Piala Dunia 2022 Qatar di Indonesia dipegang oleh PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTEK). Perusahaan ini merupakan pemilik sub-holding Surya Citra Media (SCM). Lalu, EMTEK menunjuk PT Indonesia Entertainmen Grup (IEG) sebagai pengatur terutama untuk keperluan nonton bareng secara komersial.

Adanya hak siar eksklusif ini menjadikan siaran pertandingan Piala Dunia hanya bisa disaksikan melalui kanal tertentu. Kanal yang berada di bawah EMTEK dan menyiarkan pertandingan ini meliputi SCTV, Indosiar, Moji, Mentari TV, Vidio, Champions TV, dan Nex Parabola. Sebanyak 64 pertandingan secara lengkap ditayangkan di berbagai kanal tersebut.

Tidak semua menyediakan tayangan secara gratis. Kanal Vidio, misalnya, aplikasi streaming ini menjual paket nonton dalam dua paket layanan. Mengutip situs resmi Vidio, paket khusus Piala Dunia FIFA Qatar 2022 seharga mulai Rp59 ribu dan jika di-bundling dengan Liga Inggris senilai Rp569 ribu.

Kendati demikian, masyarakat tidak perlu khawatir karena tayangan turnamen akbar tersebut masih bisa disaksikan secara gratis. Cukup saksikan melalui siaran TV digital sesuai jadwal pertandingannya, yang bisa dicek rinciannya lewat tautan ini. Tayangan pertandingan Piala Dunia 2022 gratis ini bisa ditemukan melalui stasiun SCTV, Indosiar, Moji, dan Mentari TV.

Jika saat ini perangkat TV sudah memiliki akses ke siaran digital, silakan cek keempat stasiun televisi tersebut untuk menonton tayangan pertandingan Piala Dunia. Apabila belum memiliki akses ke siaran digital karena perangkat TV masih analog, tambahkan perangkat STB untuk bisa melihat siaran digital. Siaran digital dapat pula langsung dipindai dari perangkat TV yang sudah ditanam fitur dekoder DVB-T2.


Cara Scan Channel Siaran Digital di STB


Perangkat TV analog akan bisa digunakan untuk melihat siaran digital setelah dikoneksikan dengan STB. Lalu, STB mengubah sinyal analog menjadi digital, sehingga dapat ditampilkan pada TV tabung atau TV layar datar yang masih analog. Pastikan antara STB, perangkat TV analog, dan antena sudah tersambung kabelnya secara benar.

Adapun cara pencarian channel siaran digital di STB sebagai berikut:

  1. Nyalakan STB dan TV tabung. Pastikan menu STB sudah tampil pada layar TV. Gunakan remote control STB untuk memindah dan memilih menu
  2. Gunakan menu dasar untuk mengatur bahasa, resolusi gambar, serta kode pos
  3. Isi kode pos tersebut dengan memasukan kode pos sesuai lokasi keberadaan STB
  4. Jika sudah diisi kode pos, lakukan pemindaian channel dengan klik menu "Pencarian Otomatis"
  5. STB segera menampilkan hasil pemindaian dari siaran TV digital yang menjangkau di area tersebut


Cara Scan Channel Siaran Digital Tanpa STB


Siaran digital dapat langsung diterima pada perangkat TV selama di dalam mesinnya telah ditanam dekoder DVB-T2. Adapun DVB-T2 merupakan platform siaran digital yang digunakan di Indonesia. Ragam pilihan perangkat televisi digital makin banyak di Indonesia dan yang telah memiliki sertifikasi Kominfo dapat dilihat pada tautan ini.

Cara mencari channel siaran digital di perangkat TV digital hampir serupa yaitu memanfaatkan menu yang ada. Langkahnya sebagai berikut:

  1. Tekan "Menu" pada remote TV digital
  2. Pilih "Saluran" dan pilih sub menu "Pemindaian Saluran Otomatis"
  3. Pilih "Jenis Saluran". Sebagian TV digital akan menampilkan tiga sub menu yaitu Analog, Digital, atau keduanya. Pilih "Digital" lalu tunggu sampai pemindaian channel selesai
  4. Channel TV digital yang tertangkap di TV akan disimpan dan bisa disaksikan


Baca juga artikel terkait RAGAM DAN HIBURAN atau tulisan menarik lainnya Ilham Choirul Anwar
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Ilham Choirul Anwar
Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Ibnu Azis

DarkLight