Cara Menonaktifkan dan Mematikan Google Assistant pada Android

Oleh: Balqis Fallahnda - 2 Juli 2020
Dibaca Normal 1 menit
Berikut cara menonaktifkan dan mematikan Google Assistant pada Android.
tirto.id - Artificial Intelligent (AI) Google Assistant milik raksasa teknologi Google memang memiliki banyak kegunaan dan memudahkan pengguna, terutama dalam melakukan banyak hal cukup dengan menggunakan perintah suara. Google Assistant biasanya sudah terpasang otomatis di perangkat Android.

Meski menawarkan kemudahan, tak sedikit pengguna Android yang tidak terlalu suka dengan perangkat AI tersebut karena penggunaannya yang ribet. Google Assistant akan berfungsi maksimal jika perangkat terhubung dengan koneksi internet yang stabil. Belum lagi jika tak sengaja menekan tombol home pada Android, maka Google Assistant akan langsung menjalankan fungsinya tanpa diminta.

Hal tersebut kadang membuat pengguna Android lebih memilih untuk menonaktifkan Google Assistant dan memilih cara manual (mengetik) untuk menjalankan fungsi Android mereka. Berikut cara menonaktifkan dan mematikan Google Assistant seperti dilansir Business Insider.

Menonaktifkan Google Assistant di Android

  1. Geser jari Anda ke bawah dari atas layar dan ketuk ikon roda gigi untuk pergi ke pengaturan Anda. Ketuk ikon roda gigi.
  2. Gulir ke bawah pada bagian "Aplikasi", lalu pilih "Aplikasi default." Ketuk "Aplikasi default."
  3. Ketuk "Aplikasi bantuan perangkat" atau "Asisten dan Input Suara" (kata-kata dari perintah ini dapat berbeda dari perangkat ke perangkat).
  4. Ketuk opsi di bagian bawah menu, kadang-kadang disebut "Aplikasi bantuan perangkat."
  5. Untuk menonaktifkan tombol dukungan Google Assistant, ketuk "Device Assistance App" (bukan ikon gir di sebelahnya) dan pilih opsi selain Google Assistant.
  6. Anda dapat memilih aplikasi bantuan lain, atau tidak sama sekali.

Mematikan Google Assistant di Android

  1. Bagi mereka yang sepenuhnya tidak akan menggunakan Google Assistant, ikuti petunjuk ini untuk mematikannya sepenuhnya melalui perangkat Android Anda.
  2. Buka aplikasi Google Anda lalu ketuk tiga titik di bilah alat bawah (diberi label "lebih banyak").
  3. Pilih "Pengaturan" untuk membuka menu baru. Buka menu pengaturan Anda.
  4. Ketuk "Google Assistant" dan buka bagian Asisten. Buka tab "Asisten".
  5. Di bawah "Perangkat asisten," pilih "Telepon."
  6. Ketuk tombol sakelar untuk mematikan Google Assistant Anda. Alihkan sakelar untuk mematikan Google Assistant.

Namun, bagi mereka yang masih menginginkan akses ke Google Assistant, dan tidak ingin terganggu dengan tombol home otomatis yang dapat nyala tanpa disengaja. Menonaktifkan tombol dukungan dapat menjadi alternatif yang baik untuk mematikannya sepenuhnya. Dengan begitu Anda hanya bisa mengakses Google Assistant jika Anda menginginkanya dengan cara membuka perangkat Google Assistant dengan sengaja.


Baca juga artikel terkait FITUR GOOGLE atau tulisan menarik lainnya Balqis Fallahnda
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Balqis Fallahnda
Penulis: Balqis Fallahnda
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight