Cara Aktifkan Fitur Bacakan Berita di Google Assistant

Oleh: Ibnu Azis - 4 Desember 2019
Dibaca Normal 1 menit
Fitur Your News Update memungkinkan Google Assistant membacakan berita melalui suara seperti pembaca berita di radio atau TV.
tirto.id - Google Assistant punya fitur baru yang memungkinkan asisten virtual ini mampu membacakan berita ke pengguna.

Fitur bernama Your News Update ini bikin asisten digital Google dapat membacakan berita melalui suara seperti anchor berita di radio atau TV.

Artinya, pengguna dapat terus melanjutkan aktivitasnya sambil mendengarkan berita, seperti saat berolahraga atau ketika berada di kendaraan umum.

Melansir dari Google Blog, fitur Your News Update pertama kali diperkenalkan pada 19 November 2019 untuk pengguna di wilayah AS.

Untuk menjalankan fitur ini, pengguna perlu mengaktifkan opsi News Playlist Format di menu setelan Google Assistant yang terletak di tab News.

Google Assistant kemudian akan menampilkan beberapa publisher yang bekerja sama dengan Google, seperti The Washington Post hingga Reuters.

Pengguna bisa memilih dari mana saja sumber berita yang ingin dibacakan nanti, caranya dengan ketuk situs web berita ternama tersebut.

Untuk mendengarkan berita, pengguna cukup berucap "Hey Google, play me the news" dan Google Assistant akan membacakan berita dari sumber publisher terpilih.

Namun, fitur Your News Update hingga saat ini baru tersedia di wilayah AS. Google rencananya akan memperluas fitur ini pada 2020.

Sementara, pengguna kini bisa dengan mudah memberi perintah kepada asisten maya ini melalui perintah suara maupun teks.

"Terdapat beberapa pembaruan di Assistant, yang mengedepankan konsep helpful, safe, dan bisa digunakan oleh semua orang, bahkan tanpa koneksi internet," kata Google Assistant Program & NBU Lead, Nimesh Ranjan kepada Antara pada 20 November 2019 lalu.

Pada poin helpful, Ranjan mengatakan bahwa saat ini Google telah memperkaya kosa kata Bahasa Indonesia, bahkan juga menambahkan bahasa sehari-hari yang lebih santai.

Lebih lanjut, pengguna juga bisa meminta bantuan Assistant untuk memudahkan pekerjaan mereka melalui berbagai aplikasi dan merek lokal Indonesia seperti Gojek, Bank BCA, dan lainnya.

"Anda bisa pesan makanan dan memeriksa status pesanan cukup dengan mengucapkan perintah memesan martabak ke Gojek," jelas Ranjan.

"Perintah ini akan langsung memunculkan daftar penjual martabak terdekat, dan Anda bisa langsung melacak pesanannya juga," lanjutnya.

Untuk poin keamanan, pengguna juga bisa menjaga privasinya seperti menghapus history Google Assistant, hanya dengan memberikan perintah sederhana.

Lebih lanjut, Ranjan mengatakan bahwa saat ini Assistant bisa dijangkau oleh pengguna yang tidak memiliki akses internet, bahkan ponsel pintar.


Baca juga artikel terkait GOOGLE ASSISTANT atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Ibnu Azis
Editor: Agung DH
DarkLight