Cara Mengunduh dan Menggunakan Gmail Go

Oleh: Hana Afifah Nuraini - 29 Oktober 2020
Dibaca Normal 1 menit
Google meluncurkan fitur-fitur "Go" versi ringan untuk menyasar pengguna ponsel dengan RAM serta prosesor terbatas.
tirto.id - Google telah meluncurkan varian ringan dari aplikasi-aplikasinya yang terkenal. Varian ringan – atau yang disebut sebagai ‘Go’ – ini juga merambah ke aplikasi surat menyurat Google, Gmail menjadi Gmail Go.

Dikutip dari Antara, secara tampilan Gmail Go hampir sama dengan Gmail versi reguler. Pada tampilan ikon, hanya tulisan ‘Go’ yang membedakannya dengan ikon aplikasi versi reguler.

Tampilan UI Gmail Go juga hampir sama dengan Gmail. Satu hal yang berbeda dari Gmail Go adalah tidak adanya tombol yang menghubungkan dengan Google Meet. Gmail Go memang tidak terintegrasi dengan Google Meet seperti Gmail.

Hal lain yang menjadi pembeda utama adalah ukuran aplikasi ini. Seperti dikabarkan Android Headlines, Gmail Go datang dengan ukuran 9.9 MB saja. Ini jauh lebih ringan dari ukuran Gmail regular, yang berukuran 80 MB.

Karena ukurannya kecil, pengalaman scrolling di aplikasi ini tentu berbeda dengan Gmail. Guliran pada Gmail Go tidak sehalus pada aplikasi penuhnya.

Pada ponsel dengan high refresh rate yang tinggi, akan terlihat adanya lagging di aplikasi ini. Ini terjadi karena frame rate Gmail Go dibatasi agar bekerja optimal di ponsel dengan layar biasa.

Cara Mengunduh Gmail Go

Pengguna bisa mengunduh Gmail Go langsung dari Google Play Store. Cara mengunduh Gmail adalah sebagai berikut:
  • Buka GooglePlayStore
  • Ketik “Gmail Go” di kotak pencarian
  • Tekan pada aplikasi yang dimaksud
  • Tekan tombol ‘install’ lalu tunggu sampai selesai
  • Ketuk pada tombol ‘buka’
  • Gmail Go siap digunakan
Pada awalnya, Gmail Go tersedia untuk seluruh perangkat android, baik yang berdaya rendah maupun tinggi. Perkembangan terbaru menunjukkan, Gmail Go tidak lagi bebas tersedia untuk semua android.

Namun sejak 8 Oktober Gmail Go tidak lagi tersedia untuk perangkat selain Android Go. Google Play Store pada perangkat Pixel menunjukkan tulisan “perangkat Anda tidak kompatibel dengan versi ini”. Padahal, sebelumnya bisa mengunduh Gmail Go.

Gmail Go juga tidak tersedia dalam daftar aplikasi di Google Play Store di perangkat Android 10. Hal ini diperkuat oleh ulasan XDA Developers, yang mengungkap bahwa ketersediaan Gmail Go untuk ponsel non-Android Go adalah sebuah “kesalahan”.

Selain Gmail Go, Google juga menyediakan aplikasi versi ringan lainnya. Google Go, Maps Go, Gboard Go, dan Youtube Go adalah beberapa aplikasi versi ringan yang diciptakan Google. Aplikasi-aplikasi ini menyasar untuk para pengguna ponsel dengan RAM serta prosesor terbatas.

Baca juga artikel terkait GOOGLE atau tulisan menarik lainnya Hana Afifah Nuraini
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Hana Afifah Nuraini
Penulis: Hana Afifah Nuraini
Editor: Agung DH
DarkLight