Cara Membagikan Status WhatsApp ke Teman Dekat Seperti Instastory

Oleh: Cornelia Agata Wiji Setianingrum - 6 Januari 2020
Dibaca Normal 1 menit
WhatsApp merilis fitur terbarunya yaitu pengguna dapat membagikan status WhatsApp ke Teman Dekat seperti di Instastory.
tirto.id - WhatsApp merupakan salah satu aplikasi untuk berkomunikasi dengan cara bertukar pesan dan melakukan panggilan dengan keluarga, teman dan kerabat kerja. Namun, dalam perkembangannya, WhatsApp terus berinovasi melalui pembaharuan fitur.

Baru-baru ini, WhatsApp merilis fitur terbarunya yaitu pengguna dapat membagikan status WhatsApp ke Teman Dekat seperti di Instastory.

Fitur yang dimiliki WhatsApp ini memungkinkan untuk membagikan momen kepada teman-teman dalam kontak akun WhatsApp yang kita miliki.

Namun, dalam fitur ini, status yang kita buat juga bisa dikirimkan atau perlihatkan hanya pada orang-orang yang kita izinkan layaknya Close Friends Story pada Instagram.

Untuk dapat menggunakan fitur tersebut, salah satu syarat status Anda dapat dilihat orang lain yaitu apabila Anda menyimpan kontak teman Anda dalam daftar buku kontak Anda begitu pun sebaliknya, apabila hal itu sudah dilakukan Anda perlu melakukan perubahan settingan terhadap privasi status dengan cara:

1. Klik Menu Status Anda
    • Bagi pengguna Android: Ketuk Opsi lainnya > Privasi status.
    • Bagi pengguna iPhone: Ketuk Privasi.
    • Bagi pengguna Windows Phone: Ketuk Menu > Pengaturan privasi.

2. Pilih salah satu jenis privasi dari opsi berikut:

    • Kontak saya: Semua kontak Anda akan melihat pembaruan status Anda.
    • Kontak saya kecuali: Semua kontak Anda akan melihat pembaruan status Anda, kecuali orang yang Anda pilih.
    • Bagikan hanya dengan: Hanya kontak yang Anda pilih yang akan melihat pembaruan status Anda.

Dengan melakukan perubahan privasi status tersebut, status yang Anda buat hanya dapat dilihat oleh orang-orang yang Anda izinkan melihat layaknya dalam fitur Instagram. Perubahan privasi status yang Anda lakukan tidak akan berpengaruh pada status yang sudah Anda buat.

Selain dapat melakukan close friends, fitur status WhatsApp juga memungkinkan Anda untuk dapat membagikan pembaruan status konten Anda dengan aplikasi lain yaitu Facebook, dengan konsekuensi tidak akan dilindungi oleh enkripsi end-to-end.

Ketika membagikan pembaruan status Anda, WhatsApp tidak akan membagikan informasi akun Anda dengan Facebook atau aplikasi lain.

Saat ini pengguna WhatsApp sudah mencapai lebih dari 1 miliar orang di lebih dari 180 negara. Indonesia juga bisa disebut sebagai salah satu negara dengan penggunaan WhatsApp terbesar.

Sementara di Indonesia, hampir 83 persen dari 171 juta pengguna internet adalah pengguna WhatsApp, demikian seperti dilansir Antara.


Baca juga artikel terkait WHATSAPP atau tulisan menarik lainnya Cornelia Agata Wiji Setianingrum
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Cornelia Agata Wiji Setianingrum
Penulis: Cornelia Agata Wiji Setianingrum
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight