Cara Membagikan Postingan Foto atau Video ke Instagram Story

Oleh: Endah Murniaseh - 12 Oktober 2021
Dibaca Normal 1 menit
Ada cara membagikan postingan IG ke Story, tetapi ada juga cara untuk mencegahnya bagi pengguna Instagram yang kurang nyaman. Berikut ini penjelasannya.
tirto.id - Cara membagikan postingan IG ke Story bisa dilakukan dalam 4 langkah. Jika Anda merasa tidak nyaman atau terganggu jika postingan Instagram dibagikan ke Story orang lain, Anda juga dapat mencegahnya.

Instagram merupakan aplikasi yang dapat digunakan untuk mengunggah foto ataupun video secara gratis yang dapat diunduh melalui iOS Apple, Android dan Windows phone.

Saat ini, Instagram menjadi salah satu media sosial terbesar yang ada dengan bukti jumlah pengguna bulanan yang aktif mencapai lebih dari 1 milyar.

Selain digunakan untuk mengunggah foto dan video, pengguna Instagram biasa saling berbagi komentar serta like pada unggahan foto atau video.

Namun, seiring dengan perkembangan Instagram, pada 2016 Instagram merilis fitur story atau "Cerita" yang sebelumnya telah dapat dijumpai pada media sosial Snapchat.

Fitur ini pun banyak digunakan oleh para pengguna Instagram. Dilansir dari Omnicore Agency, total 500 Juta pengguna Instagram menggunakan fitur Cerita setiap harinya.

Fitur cerita dapat dilihat oleh para pengikut ataupun pengguna lain yang mengunjungi akun tersebut jika akun tidak dikunci.

Dengan fitur ini, pengguna dapat mengunggah cerita berupa foto, video ataupun unggahan pengguna Instagram lainnya, yang akan otomatis terhapus setelah 24 jam diunggah, lalu tersimpan di Arsip Cerita.

Namun, untuk dapat mengunggah postingan tersebut di cerita, pastikan agar akun tersebut bersifat publik dan pemilik akun mengizinkan pengguna lain berbagi postingannya di cerita, yang terdapat pada pengaturan akun pengguna.

Cara Membagikan Postingan IG ke Story


Untuk dapat membagikan postingan foto dan video pengguna lain, berikut adalah cara yang dapat dilakukan, yang dilansir dari Instagram.

  1. Ketuk ikon yang berbentuk seperti pesawat kertas yang terdapat pada bagian foto atau video di Beranda
  2. Ketuk tambahkan postingan ke cerita anda
  3. ketuk kirim ke, biasanya akan terdapat pilihan untuk membagikan ke cerita anda dan teman dekat, pengguna dapat memilihnya salah satu. Teman dekat bisa dipilih sesuai dengan keinginan pengguna.
  4. Ketuk Bagikan yang berada di samping cerita anda, dan selesai. Anda telah membagikan unggahan tersebut ke cerita anda

Namun tidak semua orang merasa nyaman jika apa yang telah ia unggah disebarluaskan oleh orang lain melalui fitur cerita, berikut adalah cara untuk mencegah pengguna lain membagikan apa yang telah diunggah:

  1. Bukalah profil, kemudian ketuk ikon yang berbentuk tiga garis, yang terdapat pada pojok kanan atas profil
  2. Ketuk Pengaturan yang terdapat di kanan pojok bawah
  3. Ketuk Privasi, kemudian pilih Cerita
  4. Ketuk ikon yang dapat digeser ke kiri yang terdapat di samping Izinkan Membagi Ulang ke Cerita.

Dengan cara ini, maka dapat mencegah pengguna lain untuk menyebarluaskan apa yang telah diunggah.


Baca juga artikel terkait INSTAGRAM atau tulisan menarik lainnya Endah Murniaseh
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Endah Murniaseh
Penulis: Endah Murniaseh
Editor: Dhita Koesno
DarkLight