Cara Ikut BTS Permission to Dance Challenge di YouTube Shorts

Oleh: Ibnu Azis - 23 Juli 2021
Dibaca Normal 1 menit
BTS akan memilih beberapa video YouTube Shorts Permission to Dance Challenge favorit mereka untuk dijadikan kompilasi.
tirto.id - YouTube dan BTS mengajak siapa pun dari seluruh dunia untuk mengikuti Permission to Dance Challenge di YouTube Shorts mulai Jumat (23/7/2021) hari ini sampai dengan tanggal 14 Agustus mendatang.

“Dalam dance challenge global pertama di YouTube Shorts, BTS ingin mengajak dunia menari bersama dengan diiringi lagu baru mereka,” kata Direktur Marketing Google Indonesia, Filipina, dan YouTube Asia Tenggara, Veronica Utami, dalam keterangan tertulis yang diterima Tirto, Jumat (23/7/2021).

Tantangan tersebut bertepatan dengan peluncuran YouTube Shorts versi beta di Indonesia. YouTube Shorts merupakan sebuah fitur dan pengalaman baru untuk menonton dan membuat video singkat menarik dari ponsel yang pertama kali diumumkan pada September 2020.

Mengenai Permission to Dance Challenge tersebut berupa tantangan membuat video Shorts 15 detik langsung dari aplikasi seluler YouTube dan meniru gerakan utama dari video musik “Permission to Dance”.


Gerakan dance untuk tantangan ini adalah gestur “Bahasa Isyarat Internasional” yang dilakukan oleh ketujuh anggota grup ini di video musik tersebut, yang berarti “Kegembiraan”, “Menari”, dan “Kedamaian”.

Dengan lirik “Permission to Dance”' yang mendorong pendengar untuk bergerak sesuai dengan irama detak jantung mereka, BTS kembali mendekatkan dunia dalam sebuah dance spesial untuk menikmati musim panas ini dan mengajak semua orang untuk menambahkan gaya unik masing-masing ke dalam kreasi YouTube Shorts mereka.


Cara Ikut Permission to Dance Challenge

Mengikuti Permission to Dance Challenge di YouTube Shorts sangat mudah. Cukup buat video YouTube Shorts berdurasi 15 detik dari aplikasi seluler YouTube. Klik di sini untuk mengetahui tata cara membuat video YouTube Shorts.

Jangan lupa untuk menyematkan hashtag #PermissiontoDance dan #Shorts agar kreasi video YouTube Shorts ikut dipertimbangkan untuk dipilih. BTS akan memilih beberapa video YouTube Shorts favorit mereka dan dijadikan kompilasi.


BTS meluncurkan video musik resmi “Permission to Dance” sekitar dua minggu lalu tepatnya pada 9 Juli 2021. Video musik tersebut kini telah ditonton lebih dari 180 juta kali per 23 Juli 2021.

Debut video tersebut kembali mencatatkan nama grup musik pemecah rekor ini untuk kelima kalinya dalam daftar 10 teratas YouTube untuk kategori debut musik 24 jam terbesar sepanjang sejarah.


Tentang YouTube Shorts

YouTube Shorts adalah cara yang dapat dimanfaatkan siapa pun untuk terhubung dengan penonton baru dengan hanya menggunakan smartphone dan kamera Shorts di aplikasi seluler YouTube. Dilengkapi kamera multi-segmen, alat pembuat video Shorts di YouTube mempermudah pembuatan video pendek sepanjang hingga 60 detik.

Khususnya untuk musik, YouTube telah bekerja bersama para partner untuk memastikan artis dan kreator memiliki banyak sekali pilihan lagu untuk digunakan di video Shorts.

Saat ini YouTube memiliki jutaan lagu dan katalog musik dari setidaknya 330 label dan penerbit, termasuk Universal Music Group dan Universal Music Publishing Group, Sony Music Entertainment dan Sony Music Publishing, Warner Music Group dan Warner Chappell Music, Believe, Merlin, 300 Entertainment, Kobalt, Beggars, CD Baby, Empire, Peer, Reservoir, OneRPM, dan banyak lagi.

Seiring berjalannya waktu YouTube akan memperluas ketersediaan YouTube Shorts ke seluruh dunia, koleksi musik dan jumlah partner juga akan terus bertambah.


Baca juga artikel terkait BTS atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Musik)

Penulis: Ibnu Azis
Penyelia: Yantina Debora
DarkLight