Respons Big Hit Soal Butter BTS Dituduh Plagiat & Langgar Hak Cipta

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 22 Juli 2021
Dibaca Normal 1 menit
Big Hit klarifikasi soal tuduhan plagiat dan pelanggaran hak cipta lagu "Butter" BTS.
tirto.id - Agensi BTS, Big Hit Music mengeluarkan pernyataan soal tuduhan plagiat dan pelanggaran hak cipta dalam lagu "Butter" yang dirilis 21 Mei 2021.

Sebelumnya, muncul di komunitas online bahwa bagian dari lagu "Butter" memiliki melodi yang sama dengan bagian dari lagu Luca Debonaire "You Got Me Down" yang dirilis pada 2020.

Luca Debonaire berbagi melalui media sosial bahwa ia membeli topline pada tahun 2019 dari Sebastian Garcia, yang juga disebut dalam kredit sebagai komposer "Butter."

Hal ini menimbulkan pertanyaan tentang potensi masalah hak cipta dengan penulis lagu Sebastian Garcia yang memiliki topline sama dan digunakan dalam dua lagu terpisah.

"Telah dikonfirmasi bahwa tidak ada masalah hak cipta terkait 'Butter'. Ini adalah lagu yang telah diselesaikan dan dirilis setelah menjalani proses konfirmasi dengan semua penulis lagu bahwa tidak ada masalah dengan lagu tersebut, dan juga tidak ada masalah saat ini mengenai hak lagu tersebut," ujar Big Hit, dikutip Soompi.

Big Hit melanjutkan, mereka mengetahui informasi adanya masalah terkait hak cipta, tetapi meskipun demikian, hak cipta musik ini tetap menjadi milik “Butter.”

"Butter" adalah lagu kedua BTS yang dengan lirik Bahasa Inggris selain "Dynamite". Lagu ini sukses menjadi hit dan meraih posisi tujuh minggu berturut-turut di Billboard Hot 100.

Pada 12 Juli waktu setempat, Billboard mengumumkan, "Butter" telah menduduki puncak tangga lagu Hot 100—peringkat mingguan lagu-lagu paling populer di Amerika Serikat—untuk tujuh minggu berturut-turut.

"Butter" memperpanjang rekornya sebagai hit No. 1 terlama di Hot 100 oleh artis Asia mana pun dalam sejarah. "Butter" juga menjadi lagu dengan urutan No. 1 terlama sejak debut di tangga lagu oleh grup mana pun selain "One Sweet Day" milik Mariah Carey dan Boyz II Men pada tahun 1995.

Minggu ini, menyusul "Butter", lagu terbaru BTS, "Permission to Dance" membuat debut bersejarah dan menduduki No. 1 di Hot 100.

“Permission to Dance” juga menyapu posisi No. 1 di chart Penjualan Lagu Digital Billboard, chart Global 200, dan Global Excl. AS.

Selain itu, BTS naik kembali ke No. 1 di Billboard's Artist 100 untuk minggu ke-17, memperpanjang rekor mereka sendiri sebagai grup dengan pencapaian terbanyak di No. 1.

Bahkan dengan kedatangan “Permission to Dance”, hit BTS sebelumnya “Butter” tetap kuat di tangga lagu Billboard dan berada di posisi di No. 7 Hot 100 di minggu kedelapan.

“Butter” juga mempertahankan posisinya di No. 10 di chart Pop Airplay (yang mengukur pemutaran mingguan di stasiun radio arus utama di seluruh Amerika Serikat).

Sementara itu, lagu hit BTS tahun 2020 "Dynamite" berada di urutan 21 di Global 200 dan No. 16 di Global Excl. AS.


Baca juga artikel terkait BTS atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Musik)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Penyelia: Addi M Idhom
DarkLight