Cara Ganti ATM BCA Chip, Per 1 Desember Non-Chip Tak Bisa Dipakai

Oleh: Ilham Choirul Anwar - 5 November 2021
Dibaca Normal 1 menit
Bagaimana cara penggantian kartu debit BCA magnetic ke kartu chip?
tirto.id - Bank Central Asia (BCA) memastikan untuk menonaktifkan kartu debit BCA non-chip (magnetic) paling lambat 30 November 2021.

Per 1 Desember 2021, kartu debit BCA yang masih memakai teknologi magnetic stripe tidak bisa lagi digunakan. Kartu tersebut tidak bisa dipakai transaksi lewat ATM atau pun mesin EDC.

Sebagai gantinya, nasabah perlu mengajukan penukaran kartu debit BCA baru yang sudah memakai chip. Penukaran kartu gratis tanpa pungutan apa pun. Mengutip laman BCA, beberapa keuntungan dari kartu debit chip ini yaitu:

1. Nasabah bisa memanfaatkannya pada transaksi debit online dengan mengaktifkan fiturnya lewat BCA mobile. Di samping itu, kartu ini juga sudah didukung oleh ATM dan mesin EDC BCA.

2. Turut mendukung kebijakan Bank Indonesia (BI) untuk pencanangan Standar Nasional Teknologi Chip yang digagas semenjak 2015. Tiap kartu debit chip BCA dibekali dengan pin sebanyak 6 digit.

3. Mengurangi risiko penyalahgunaan karta karena lebih aman ketimbang yang masih memakai teknologi magnetik.

Penukaran kartu debit BCA magnetik ke kartu chip bisa dilakukan melalui kantor BCA terdekat atau melalui CS Digital. CAS Digital adalah layanan dari BCA yang memungkinkan nasabah menyelesaikan urusan terkait rekeningnya dengan cepat, termasuk pada proses penggantian kartu debit baru.

Cara mengetahui kartu ATM kita sudah chip atau belum?

Anda bisa mengecek dengan memperhatikan bagian depan kartu ATM.

Kartu ATM BCA chip memiliki ciri terdapat kotak kecil berwarna emas dan ada di bagian depan kartu.



Cara menukar kartu debit BCA chip lewat CS Digital



CS Digital adalah layanan pelanggan dari BCA yang dilakukan secara self-service dengan menggunakan teknologi yang ramah penggunaan. Nasabah bisa melakukan berbagai transaksi dengan nyaman yang dapat diakses 2 jam sehari, 7 hari seminggu. Saat ini CS Digital baru tersedia di lokasi-lokasi tertentu.

Mengutip laman CS Digital BCA, Transaksi yang dapat ditangani CS Digital yaitu:

1. Penggantian kartu. Di dalamnya meliputi migrasi ke kartu chip, kartu hilang atau rusak, penggantian jenis kartu, lupa PIN, hingga cetak kartu digital ke fisik.

2. Registrasi e-banking. Misalnya yaitu registrasi m-BCA, KBI, atau SMS BCA

Untuk melakukan penggantian kartu debit BCA yang magnetic ke chip, nasabah tinggal mengunjungi kantor cabang BCA yang telah memiliki layanan CS Digital. Siapkan KTP elektronik sebagai alat verifikasi untuk transaksi dengan mesin CS Digital.

Cara cek lokasi CS Digital

Layanan CS Digital BCA masih terbatas. Belum semua kantor cabang dapat melayaninya. Untuk mengetahui lokasi CS Digital, dapat mengaksesnya melalui laman https://www.bca.co.id/id/lokasi-bca/CS-Digital.

Pada laman tersebut akan terpampang secara lengkap lokasi CS Digital. Bila ingin tahu langsung lokasi CS DIgital, bisa mengetikkan pada kotak yang tersedia dengan pencarian berdasarkan nama cabang, atau alamat, atau kota. Informasi pada laman ini diperbarui secara berkala dan dapat berubah sewaktu-waktu.


Baca juga artikel terkait BANK BCA atau tulisan menarik lainnya Ilham Choirul Anwar
(tirto.id - Ekonomi)

Kontributor: Ilham Choirul Anwar
Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Yulaika Ramadhani
DarkLight