Cara Cek Persebaran Corona COVID-19 di Sejumlah Wilayah Indonesia

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 18 Oktober 2021
Dibaca Normal 1 menit
Untuk mengetahui jumlah pasien COVID-19 kita bisa cek di situs web provinsi yang sediakan peta persebaran virus corona. Berikut ini penjelasannya.
tirto.id - Untuk mengetahui jumlah pasien COVID-19 bisa dilakukan melalui situs-situs web provinsi yang menyediakan peta persebaran virus corona, di antaranya DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Provinsi DIY.

Masyarakat Indonesia yang hendak mengecek persebaran virus corona COVID-19 termasuk lokasi area terdampak dapat memanfaatkan keberadaan situs-situs tersebut.

1. Provinsi DKI Jakarta


Update kasus virus corona atau COVID-19 di Jakarta dapat dipantau melalui portal corona.jakarta.go.id. Dalam portal tersebut, disediakan peta persebaran virus corona COVID-19 di wilayah DKI Jakarta.


Selain itu, situs web juga menyediakan informasi singkat seputar virus corona COVID-19, cara penanganan, cara penularan, dan pencegahan yang bisa dilakukan.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga menyediakan nomor call center yang dapat dihubungi jika masyarakat DKI Jakarta dan sekitarnya mengalami gejala COVID-19 atau memiliki pertanyaan seputar penyakit ini. Hubungi layanan ini jika:

  • Anda mengalami gejala COVID-19.
  • Anda baru-baru ini berkunjung ke suatu negara atau daerah dengan risiko tinggi coronavirus.
  • Anda telah melakukan kontak dekat dengan seseorang dengan coronavirus.

2. Provinsi Jawa Tengah


Akses persebaran virus corona COVID-19 di Jawa Tengah melalui portal corona.jatengprov.go.id. Menurut keterangan dalam situs web tersebut, data yang disediakan Pemprov Jateng dapat berubah sewaktu-waktu dan akan selalu diperbarui.

Pemprov Jateng juga menyediakan informasi mengenai virus corona, mulai dari penanganan, cara pencegahan, cara penularan, dan call center jika mengalami gejala virus corona COVID-19.

Call center penanganan virus corona COVID-19 di Jateng melalui nomor (024) 3580713 dan 082313600560 atau email di @jatengprov.go.id. Layanan call center tersebut buka Senin-Minggu selama 24 jam.

3. Provinsi Jawa Barat


Pemerintah Provinsi Jawa Barat menyediakan portal Pikobar yang dapat diakses melalui alamat pikobar.jabarprov.go.id. Pikobar berisi peta penyebaran Covid-19 di wilayah Jabar yang terus diupdate.

Selain itu, ada juga data pasien yang juga di ambil dari kabupaten atau kota. Pasien yang tercatat positif virus corona COVID-19 juga dapat diketahui melalui Pikobar. Data lainnya yakni usia, desa, kecamatan hingga kabupaten tempat pasien.

Pikobar juga menyediakan data berita-berita terbaru mengenai virus corona COVID-19 di Indonesia, daftar rumah sakit rujukan, dan call center. Nomor call center penanganan corona di Jawa Barat yaitu 08112093306 untuk Dinas Kesehatan Jawa Barat dan 119 untuk Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

4. Provinsi DIY


Peta persebaran corona COVID-19 di Provinsi DIY bisa dicek melalui situs web corona.jogjaprov.go.id. Portal dari Pemerintah Provinsi DIY ini menyediakan peta persebaran virus corona COVID-19 di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya.

Selain itu, disediakan pula layanan penanganan corona COVID-19 di DIY dan rilis berita terbaru soal virus corona, cara pencegahan, penanganan, dan protokol kesehatan bagi masyarakat yang memiliki gejala virus corona COVID-19 atau berkontak dengan pasien yang positif corona.




Baca juga artikel terkait WABAH VIRUS CORONA atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Kesehatan)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Agung DH
DarkLight