tirto.id - Laporan LK 2.3 Rencana Aksi Siklus 2 merupakan salah satu dokumen persyaratan yang harus disusun oleh peserta PPG Dalam Jabatan (Daljab).
LK 2.3 adalah lembar kerja yang memuat rancangan perangkat pembelajaran. Isinya meliputi tujuan pembelajaran, kegiatan belajar, bukti penilaian, hingga pengetahuan dan ketrampilan.
Kriteria yang mesti dipenuhi dalam LK 2.3 Rencana Aksi antara lain rasional, realistis, terukur, dan akuntabel. Adanya rencana aksi diharapkan meningkatkan kualitas sistem belajar mengajar di sekolah.
PPG Daljab diselenggarakan untuk mencetak guru-guru masa depan yang profesional. Harapannya, guru-guru lulusan PPG Daljab bisa unggul, kompetitif, dan berkarakter, sekaligus cinta tanah air.
Cara Membuat Laporan Rencana Aksi PPG Dalam Jabatan LK 2.3
Laporan Rencana Aksi PPG Daljab akan mengukur kemampuan peserta untuk menyusun rencana aksi dalam pembelajaran. Pelaksanaan rencana aksi nantinya mendorong terjadi peningkatan kualitas pembelajaran yang dijalani oleh siswa.
Rencana aksi turut didasarkan pada desain pembelajaran dan konsep Understanding by Design (UbD). UbD merupakan teori pendidikan yang memiliki fokus terhadap pemahaman siswa secara holistik. Siswa tidak lagi sekadar menghafal.
Prinsip utama UbD yakni pembelajaran didesain agar tertuju pada pemahaman mendalam dan tidak sekadar pengetahuan di permukaan. Pendekatannya di perencanaan dengan berfokus pada hasil yang hendak dicapai siswa, bukan terletak di materi yang dipelajari.
Nantinya, pembelajaran bisa membentuk pemahaman enam dimensi. Dimensi tersebut adalah penjelasan, interpretasi,aplikasi, perspektif, empati, dan peningkatan diri.
Saat membuat laporan pembuatan Rencana Aksi PPG Dalam Jabatan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Mengutip laman PPG Kemendikbud, berikut cara dan sistematika pembuatan Rencana Aksi PPG Daljab:
1. Lokasi
Peserta mengisi lokasi sekolah yang menjadi tempat mengajar seleksi PPG Daljab.2. Lingkup Pendidikan
Peserta mengisi jenjang sekolahnya apa, baik SD maupun SMA. Disesuaikan dengan jenjang pendidikan tempat mengajar.3. Penulis
Peserta mengisi data diri termasuk nama lengkapnya.4. Tanggal
Peserta menulis tanggal membuat laporan rencana aksi.5. Kondisi
Peserta menulis kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.6. Tantangan
Peserta menyusun, apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut dan siapa saja yang terlibat.7. Aksi
Peserta mendeskripsikan langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut, termasuk:- strategi apa yang digunakan;
- bagaimana prosesnya;
- siapa saja yang terlibat;
- apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini.
8. Refleksi Hasil dan Dampak
Peserta menjabarkan hasil dan dampak yang diharapkan dari pelaksanaan aksi. Ini bisa berupa menjawab pertanyaan berikut:- Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan?
- Apakah hasilnya efektif Atau tidak efektif? Mengapa demikian?
- Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan?
- Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan?
- Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut.
Link Contoh Rencana Aksi LK 2.3 PDF
Cara terbaik untuk memahami sistematika Laporan Rencana Aksi PPG Daljab adalah dengan melihat contohnya. Berikut ini ada beberapa contoh LK 2.3 Rencana Aksi PPG Daljab yang bisa dipelajari peserta:
Contoh LK 2.3 Pembuatan Rencana Aksi PDF 1
Penulis: Sulthoni
Editor: Yonada Nancy
Penyelaras: Ilham Choirul Anwar