Cara Akses Safe Mode pada Smartphone Xiaomi: Fungsi dan Manfaat

Oleh: Adrian Samudro - 9 Januari 2020
Dibaca Normal 1 menit
Safe Mode adalah fitur yang fungsinya mirip dengan yang ada di Windows, yakni melakukan diagnosis atau melacak kinerja OS.
tirto.id - Kendala yang tidak diinginkan sering dialami sejumlah pengguna Android, misalnya perangkat secara tiba-tiba restart sendiri atau kesulitan untuk masuk ke menu utama hingga menyebabkan hang atau crash.

Salah satu cara untuk mengatasi masalah ini yaitu dengan mengakses Safe Mode. Safe Mode merupakan sebuah fitur yang fungsinya serupa dengan yang ada di OS Windows, yakni melakukan diagnosis atau melacak kinerja sistem operasi.

Xiaomi adalah salah satu perangkat Android yang bisa mengakses fitur tersebut. Ketika sedang menjalankannya, tampilan dan fungsi dari perangkat akan terlihat sama persis dan tidak ada perbedaan.

Hanya saja pada tampilan layar akan terlihat tulisan Safe Mode di area pojok kiri bagian bawah. Selain itu, semua aplikasi yang terinstal juga tidak akan berfungsi saat fitur itu diakses.

Dengan fitur ini memungkinkan para penggunanya untuk memeriksa aplikasi terinstal apa saja yang menyebabkan kinerja perangkat mengalami kendala.

Ketika aplikasi yang bermasalah ditemukan, Anda bisa langsung menghapusnya dalam fitur Safe Mode tersebut. Bahkan, fitur ini juga memungkinkan Anda untuk menghapus lebih banyak aplikasi jika masalah tidak muncul ketika berada di dalam fitur tersebut.

Anda dapat memeriksa kembali perangkat dalam mode normal untuk mencoba dan mengidentifikasi jika masih mengalami kendala. Atau Anda juga dapat mengatur ulang perangkat dan menginstal aplikasi dan game secara lebih selektif lagi, demikian ditulis Digital Trends dan Android Authority.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengakses fitur Safe Mode pada perangkat Xiaomi guna mencari aplikasi bermasalah yang menganggu kinerja perangkat:

  1. Tekan dan tahan tombol power
  2. Pilih matikan ponsel atau restart (Jika ada)
  3. Hidupkan kembali ponsel atau tunggu hingga menyala (opsi restart)
  4. Ketika Anda melihat logo Mi tekan dan tahan tombol volume minus (-) atau tombol menu hingga mencapai layar kunci
  5. Jika Anda berhasil masuk dalam Safe Mode, Anda akan melihat tulisan Safe Mode di sudut kiri bawah layar ponsel
  6. Matikan perangkat dan hidupkan seperti biasa jika Anda ingin kembali ke mode normal usai menemukan masalah yang ada


Baca juga artikel terkait XIAOMI atau tulisan menarik lainnya Adrian Samudro
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Adrian Samudro
Penulis: Adrian Samudro
Editor: Ibnu Azis
DarkLight