Biaya Rapid Test di Rumah Sakit Yogyakarta Juli 2020

Oleh: Maria Nanda Ayu Saputri - 6 Juli 2020
Dibaca Normal 1 menit
Biaya rapid test di RS Bethesda Yogyakarta sebesar Rp375 ribu dan Rp360 ribu di JIH.
tirto.id - Memasuki New Normal, rapid test kini dibutuhkan oleh sebagian masyarakat untuk kembali melakukan aktivitas yang mengharuskan pergi ke luar kota. Rumah Sakit (RS) yang berlokasi di Yogyakarta menyediakan layanan Rapid Test

Salah satu RS yang menyediakan layanan rapid test drive thru merupakan RS Bethesda Yogyakarta. Pendaftaran dapat dilakukan secara online dengan mengunjungi website rs.bethesda.or.id.

Rapid test drive thru dilakukan di depan Klinik Agatha yang dilayani mulai hari Senin hingga Sabtu, tetapi tutup di hari Minggu dan hari libur Nasional. Pelayanan dimulai pada pagi hari pukul 09.00 hingga 11.00 WIB dan sore hari pukul 15.00 hingga 17.00 WIB.

Biaya rapid test di RS Bethesda Yogyakarta sebesar Rp375 ribu. Peserta rapid test dapat mengikuti alur rapid test drive thru yang telah disediakan RS Bethesda sebagai berikut :

1. melakukan pendaftaran melalui link https://rs.bethesda.or.id/rapid

2. melakukan pembayaran minimal 1 hari sebelum pemeriksaan rapid test

3. mengirimkan bukti transfer dan foto copy KTP ke nomer whatsapp 082140668286

4. menunjukan bukti verifikasi pembayaran saat sampai ke lokasi drive thru

5. hasil rapid test akan dikirim melalui whatsapp atau email

Rumah Sakit JIH juga menyediakan rapid test drive thru atau “JIH Express Rapid Test” yang berlokasi di Lobby Gedung B atau dapat ke Poli Khusus (samping barat UGD).

Pelayanan rapid test buka setiap hari dimulai pukul 08.00 hingga 20.00 WIB dan dikenakan biaya sebesar Rp360 ribu. Pendaftaran dapat dilakukan dengan menghubungi (0274) 4463535. Peserta rapid test juga akan mendapatkan surat keterangan pemeriksaan yang berlaku selama 3 hari.

Rapid Test drive thru juga terdapat di RSIY PDHI dengan waktu layanan selama 24 jam. Dengan biaya Rp350 ribu dapat melakukan rapid yang berlokasi di halaman UGD RSIY PDHI beralamat di Jalan Solo KM 12,5 Kalasan Sleman, Yogyakarta.

Dapat mendaftar ke nomer whatsapp 085280002010 dengan mengisi nama, alamat, tempat tanggal lahir, serta rencana tanggal pemeriksaan. Hasil rapid test akan dikirimkan via whatsapp maksimal 1 jam setelah pemeriksaan.

RSIY PDHI mengklaim bahwa rapid test drive thru di RSIY PDHI ditunjang dengan alat yang berkualitas sehingga hasil lebih cepat dan akurat.

Spesifikasi yang di dapat jika rapid test di RSIY PDHI :

1. Memiliki sensitifitas dan spesifitas 100%

2. Memeriksa SARS-CoV-2 Ig M dan Ig G

3. Akurasi 90%

4. Sesuai dengan rekomendasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)

Rapid test merupakan salah satu metode skrining awal untuk mendeteksi anti bodi yang dilakukan dengan mengambil sampel darah dari ujung jari. Darah kemudian diteteskan ke rapid test dan akan menunjukkan garis yang muncul setelah 10 sampai 15 menit.

Dilansir dari website Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta, terdapat 331 kasus positif covid-19 dengan 276 sembuh dan 8 meninggal. Pasien dalam Pengawasan (PDP) terdapat 1.565 kasus dan Orang dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 7.797 kasus per 6 Juni 2020.


Baca juga artikel terkait RAPID TEST atau tulisan menarik lainnya Maria Nanda Ayu Saputri
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Maria Nanda Ayu Saputri
Penulis: Maria Nanda Ayu Saputri
Editor: Yantina Debora
DarkLight