Berapa Lama Tidur Ideal Anak-anak, Remaja, dan Dewasa?

Oleh: Agung DH - 20 November 2019
Dibaca Normal 1 menit
Ada sebagian Anak-anak, remaja, dan dewasa mengalami gangguan tidur. Mereka susah tidur karena berbagai sebab. Sebenarnya berapa lama tidur ideal bagi mereka?
tirto.id - Bayi, anak-anak, dan remaja membutuhkan lebih banyak tidur daripada orang dewasa. Alasannya, tidur bagi anak-anak dan remaja mendukung perkembangan mental dan fisik untuk tumbuh lebih cepat.

Kebanyakan orang tua tahu bahwa anak-anak yang sedang dalam tahan perkembangan membutuhkan tidur lebih lama, tetapi banyak yang tidak tahu lama tidur ideal bagi anak-anak.


Anak-anak Susah Tidur

Namun orang tua terkadang terkendala saat anak-anak susah diminta tidur. Anak-anak sering bertindak seolah-olah mereka tidak lelah, menolak waktu tidur dan menjadi hiper saat malam berlangsung. Semua ini bisa terjadi karena sebenarnya anak sudah lelah.

Ada beberapa kondisi kejiwaan yang mendasari mengapa anak susah tidur. Sebagaimana dilansir sleepfoundation.org, salah satu penyebabnya adalah attention deficit-hyperactivity disorder (ADHD), yang dapat menyebabkan kurang tidur pada anak-anak. Para peneliti dan dokter juga menemukan bahwa sleep apnea, yang umumnya dianggap sebagai gangguan tidur orang dewasa, juga relatif umum terjadi pada anak-anak.

Seseorang yang menderita sleep apnea bangun beberapa kali setiap jam, sangat singkat, ketika mereka kesulitan bernapas. Kebanyakan orang tidak tahu mereka mengalami peristiwa ini kecuali mereka diberitahu atau menjalani tes untuk memastikan apnea tidur.

Anak-anak yang tidur mendengkur alias ngorok mungkin berisiko atau sedang menderita sleep apnea, itulah sebabnya American Academy of Pediatrics baru-baru ini merekomendasikan agar dokter anak menanyakan dan menyaring gangguan tidur ini pada anak-anak pada kunjungan rutin yang baik.


Cara Mengatasi Susah Tidur pada Anak-anak

Jika orangtua melihat gejala anak susah tidur, penting untuk berkonsultasi dengan dokter anak. Jika ada gangguan tidur yang mendasarinya atau kondisi medis lain, dokter anak kemungkinan akan merujuk ke spesialis tidur untuk membahas berbagai pilihan perawatan.

Namun, dalam banyak kasus, kurang tidur pada anak-anak dapat dibantu dengan perubahan lingkungan dan kebiasaan sekitar waktu tidur. Penelitian menunjukkan bahwa waktu tidur lebih awal, antara pukul 19.00 dan 20.00 adalah paling ideal bagi bayi dan anak-anak hingga usia sekolah. Selain itu rutinitas yang konsisten, menenangkan, tidak menonton TV, bermain tablet atau handphone akan menghasilkan tidur berkualitas bagi bayi, anak-anak, dan remaja.


Lama Tidur Ideal

Kebutuhan tidur bervariasi berdasarkan usia. Hubungan antara kurang tidur dan perilaku anak tidak selalu jelas. Ketika orang dewasa lelah, mereka bisa menjadi pemarah atau kekurangan energi. Tetapi anak-anak dapat menjadi hiper, tidak menyenangkan, dan memiliki perubahan perilaku ekstrem.

Berikut adalah beberapa angka berdasarkan usia:

Bayi baru lahir (0-3 bulan), lama tidur ideal: 14-17 jam
Bayi (4-11 bulan), lama tidur ideal 12-15 jam
Balita (1-2 tahun), lama tidur 11-14 jam
Anak-anak prasekolah (3-5 tahun) lama tidur ideal 10-13 jam
Anak Usia Sekolah (6-13 tahun), lama tidur ideal 9-11 jam

Remaja (14-17 tahun), lama tidur 8-10 jam
Dewasa Muda (18-25 tahun), lama tidur ideal 7-9 jam.


Baca juga artikel terkait GANGGUAN TIDUR atau tulisan menarik lainnya Agung DH
(tirto.id - Kesehatan)

Penulis: Agung DH
Editor: Addi M Idhom
DarkLight