Bawaslu, KPU & Kemendagri Deklarasi Netralitas Jelang Kampanye

Oleh: Hendra Friana - 23 Maret 2019
Bawaslu, KPU dan Kemendagri melakukan Deklarasi Komitmen Bersama Menjelang Kampanye Rapat Umum dan Iklan Kampanye Pemilu 2019.
tirto.id - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) bersama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU), beserta Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melakukan Deklarasi Komitmen Bersama Menjelang Kampanye Rapat Umum dan Iklan Kampanye Pemilu 2019.

Komisioner KPU Hasyim Ashari mengatakan, pihaknya menyambut baik komitmen Bawaslu untuk tetap melaksanakan kampanye rapat umum dan iklan kampanye dalam Pemilu mulai 24 Maret hingga 13 April 2019.

"Agar dalam hari-hari terakhir penyelenggaraan kampanye, terutama kampanye dalam bentuk rapat umum atau pertemuan terbuka ini bisa berjalan dengan lancar aman, damai, dan demokratis," ujarnya.

Sementara Ketua Bawaslu RI, Abhan Nur, berharap, kelangsungan Deklarasi Komitmen Bersama Menjelang Kampanye Rapat Umum dan Iklan Kampanye Pemilu 2019 dapat membuat iklim kampanye lebih kondusif, bermartabat dan beretika.

"Pemahaman masyarakat dalam berpolitik merupakan harapan kita bersama dan investasi. Pemilu 2019, semua peserta pemilu dapat bersinergi bersama," ungkapnya.

Penandatanganan MoU Netralitas Deklarasi Komitmen Bersama Menjelang Kampanye Rapat Umum dan Iklan Kampanye Pemilu 2019 dilakukan oleh Ketua Bawaslu, perwakilan dari TNI, perwakilan Polri, dan Perwakilan Komisi ASN.

Acara deklarasi tersebut juga dihadiri oleh Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin, yakni Erick Thohir dan wakil dari Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga, Mardani Ali Sera.


Baca juga artikel terkait PEMILU 2019 atau tulisan menarik lainnya Hendra Friana
(tirto.id - Politik)

Reporter: Hendra Friana
Penulis: Hendra Friana
Editor: Maya Saputri