Apakah Pakai Dua Masker Bersamaan Efektif untuk Cegah Covid-19?

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 18 Januari 2021
Dibaca Normal 1 menit
Apakah efektif pakai dua masker bersamaan untuk cegah Covid-19?
tirto.id - Masker merupakan salah satu bagian 3M pencegahan Covid-19 selain mencuci tangan dan menghindari kerumunan. Satu masker bisa membantu Anda terlindungi dari COVID-19 hingga lebih dari 70 persen, lantas apakah memakai dua masker sekaligus bisa bermanfaat lebih baik?

Scott Segal dari Thomas H. Irving Professor and Chair Department of Anesthesiology di Wake Forest Baptist Health, Winston-Salem, North Carolina, seperti dikutip dari Health mengatakan, belum ada data ilmiah yang menunjukkan manfaat atau kerugian memakai lebih dari satu masker.

Sementara itu, menurut dia, baru ada satu studi kecil yang membahas manfaat memakai dua masker, tetapi hal itu belum ditinjau rekan sejawat. Dalam studi tersebut, para peneliti menemukan dua masker mungkin terbukti lebih baik ketika masker yang berfungsi lebih baik tidak tersedia.

"Mengenakan dua masker mungkin merupakan ide yang masuk akal jika kemampuan filtrasi masker tidak terlalu kuat," kata Segal, seperti dikutip Antara News.

Sebagian besar penelitian, termasuk yang dilakukan Segal menemukan, beberapa lapisan kain menyaring partikel virus lebih baik daripada satu lapisan dan dua lapisan kain berkualitas tinggi dengan kerapatan yang ketat bekerja paling baik.

"Dengan bahan berkualitas lebih rendah, lebih banyak lapisan dapat bekerja lebih baik," tutur Segal.

Ide dua masker bisa diterapkan misalnya jika mengenakan masker bedah atau jenis masker kain yang relatif longgar dengan masker kain yang pas.

Sementara itu, pakar penyakit menular di Johns Hopkins University for Health Security di Maryland, Amesh Adalja setuju keefektifan memakai dua masker tergantung pada bahan masker.

"Memakai dua masker tergantung pada kualitas masker, kesesuaian dan seberapa baik masker berfungsi sebagai penghalang," kata dia.

Namun, jika memakai dua masker membuat Anda sulit bernapas, maka buang salah satunya.

"Tak ada masker yang berfungsi jika Anda tidak dapat memakainya dengan nyaman," demikian kata Segal.

Pakai masker dengan cara dan bahan yang tepat untuk mencegah penularan Covid-19. Memakai masker tidak asal menggunakan masker saja.

Dalam Pedoman Perubahan Perilaku Penanganan COVID-19 oleh Satgas Penanganan COVID-19 (Oktober2020), jenis masker yang dapat digunakan sesuai rekomendasi WHO adalah masker N95, masker medis/bedah, masker kain SNI, atau masker kain.

Dengan penggunaan masker, risiko penularan virus dari orang sakit kepada orang sehat bermasker bisa turun hingga mencapai 1,5 persen.

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof. Wiku Adisasmito, menekankan protokol kesehatan 3M tetaplah jadi senjata terampuh dalam menekan penularan COVID-19, bahkan ketika vaksinasi sudah berjalan.


Baca juga artikel terkait MASKER atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Kesehatan)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Agung DH
DarkLight