Anies Minta Warga Cermati Jaringan Listrik untuk Cegah Kebakaran

Oleh: Damianus Andreas - 21 Januari 2019
Karena banyak kebakaran di Jakarta dipicu oleh korsleting, Anies mengimbau warga ibu kota rajin mencermati jaringan listrik di sekitar permukiman mereka.
tirto.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengimbau warga ibu kota rajin mencermati jaringan listrik di sekitar permukiman untuk mencegah kebakaran. Menurut dia, banyak kasus kebakaran di DKI Jakarta selama ini disebabkan oleh korsleting.

“Kami semua mengimbau kepada masyarakat untuk memperhatikan jalur-jalur listrik. Jangan sampai ada beban yang mengakibatkan panas, sehingga dari panas itu lantas mengakibatkan pada [munculnya] api,” kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta pada Senin (21/1/2019).

Anies mengakui kebakaran akibat korsleting masih menjadi tantangan utama bagi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Dia berharap masyarakat mencegah korsleting terjadi agar kasus kebakaran yang melanda permukiman di ibu kota bisa dikurangi.

Imbauan Anies tersebut menanggapi kebakaran yang kembali terjadi di daerah Tomang, Jakarta Barat pada Senin (21/1/2019) dini hari. Api yang dari rumah warga di RT 02/RW 15 itu menjalar hingga ke tiga RW lainnya. Setidaknya ada sekitar 240 rumah warga yang terkena dampak kebakaran tersebut.

Anies mengaku sudah memperoleh laporan soal dampak kebakaran ini. Ia menyebutkan bahwa setiap kali ada peristiwa seperti kebakaran di DKI Jakarta, maka akan langsung ada pemberitahuan yang disampaikan kepadanya.

“Dari setiap kejadian itu, yang datang pertama ada petugas kebakaran, [petugas] kesehatan, dan pengamanan. Mereka bersama langsung datang, dan dinas sosial pun turut menyiapkan rumah tinggal sementara,” ungkap Anies.

Anies mengklaim Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga berupaya memenuhi kebutuhan makan, sekolah, dan hal-hal lain yang mencakup kebutuhan sehari-hari warga korban kebakaran.

“Semua respons cepat yang terkait dengan kebakaran, dan implikasinya itu berjalan. Termasuk juga tadi pagi,” ujar Anies.


Baca juga artikel terkait KEBAKARAN atau tulisan menarik lainnya Damianus Andreas
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Damianus Andreas
Penulis: Damianus Andreas
Editor: Addi M Idhom
* Data diambil dari 20 top media online yang dimonitor secara live