Anies Ingin Proses Pemilihan Cawagub DKI Segera Dilakukan DPRD

Oleh: Riyan Setiawan - 21 Januari 2020
Dibaca Normal 1 menit
Setelah terima dua nama, nantinya DPRD DKI Jakarta akan melakukan proses pemilihan Cawagub dan Anies berharap DPRD segera memprosesnya.
tirto.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku telah menerima dua nama calon wakil gubernur (cawagub) dari Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) untuk menggantikan Sandiaga Salahuddin Uno. Kedua nama itu yakni politikus PKS Nurmansyah Lubis dan Ketua DPP Partai Gerindra Ahmad Riza Patria.

"Hari ini ada dua fraksi dari Gerindra dan pimpinan fraksi PKS menyampaikan dua nama yang menjadi usulan untuk menjadi calon wakil gubernur DKI Jakarta. Tadi sudah kami terima dan nanti Insya Allah akan kami proses," kata Anies di Gedung Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Selasa (21/1/2020).

Setelah menerima surat tersebut, Anies mengatakan akan mengantarkan kedua nama Cawagub DKI Jakarta itu ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD). Nantinya DPRD DKI Jakarta akan melakukan proses pemilihan Cawagub dan Anies berharap DPRD segera memprosesnya.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) itu menuturkan ini kali keduanya Anies mengantarkan surat pengajuan cawagub ke DPRD DKI Jakarta. Pada 22 Februari 2019 lalu, ia pernah mengirimkan dua nama cawagub yang diusulkan PKS yakni Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu.

"Jadi tahun lalu 22 Februari 2019, kami menerima suratnya hari itu juga kami teruskan kepada dewan. Sehingga dewan lalu menerima surat ini tanpa jeda. Ini pun sama, kami proses dan selebihnya ada pada kewenangan di DPRD untuk proses," ucapnya.

Lebih lanjut, Anies mengaku telah mengenal sosok Nurmansyah Lubis dan Ahmad Riza Patria. Dia pun percaya partai pengusung memiliki pertimbangan yang baik sebelum mengutus kedua calon tersebut.

Sebab ia menyatakan tanggung jawab menjadi pejabat di DKI Jakarta tidak kecil. Apalagi Anies telah membuat janji politik untuk melakukan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) DKI Jakarta

"Saya percaya kedua pribadi yang diusulkan ini pasti sudah mempelajari, memahami, dan siap untuk melaksanakan itu semua," tuturnya.


Baca juga artikel terkait PEMILIHAN WAGUB DKI atau tulisan menarik lainnya Riyan Setiawan
(tirto.id - Politik)

Reporter: Riyan Setiawan
Penulis: Riyan Setiawan
Editor: Bayu Septianto
DarkLight