Andritany Jalani Operasi, Absen Bela Persija di AFC Cup 2018

Oleh: Fitra Firdaus - 4 Mei 2018
Dibaca Normal 1 menit
Andritany Ardhiyasa absen membela Persija dalam laga melawan Home United di AFC Cup 2018.
tirto.id - Andritany Ardhiyasa akan menjalani operasi pada Sabtu, 5 Mei 2018 karena retak wajah. Sang kiper dipastikan absen membela Persija di leg pertama babak semifinal AFC Cup 2018 zona Asia Tenggara, saat Macan Kemayoran bertandang ke markas Home United (Singapura).

Andritany mengalami cedera ketika tampil untuk Timnas Indonesia U-23 di partai terakhir PSSI Anniversary Cup 2018 pada Jumat (4/5/2018). Kiper berusia 26 tahun tersebut berbenturan dengan pemain depan Uzbekistan, Sukhrob Nurulloev.

Menurut dokter tim Persija, Donny Kurniawan, Andritany mengalami cedera di bagian wajah. Oleh karenanya, sebagai tindakan lanjutan, kiper kelahiran 26 Desember 1991 itu bakal masuk meja operasi di Rumah Sakit Metropolitan Medical Centre, Jakarta.

“Dia mengalami retak di bagian wajahnya. Rencananya ia akan dioperasi besok (Sabtu) mulai pukul 8 pagi,” ujar Donny dikutip laman resmi Persija.

Cedera Andritany akan sangat berpengaruh untuk Persija. Pasalnya, selama ini posisinya tidak tergantikan di Macan Kemayoran. Sementara itu, Persija justru tengah mempersiapkan diri untuk bertempur melawan Home United pada Selasa, 8 Mei 2018.


Persija sendiri sudah merilis pernyataan dalam laman resmi mereka, bahwa setidaknya Andritany akan absen dalam laga kontra Home United tersebut. Sebagai ganti, Macan Kemayoran akan memilih salah satu dari dua kiper pengganti, Rizky Darmawan dan Daryono.

Baik Rizky maupun Daryono sama-sama belum pernah tampil dalam partai resmi Persija musim ini. Rizky yang bernomor punggung 30 di Macan Kemayoran, lahir pada 5 Februari 1994. Sementara itu, Daryono yang memiliki tinggi 178 centimeter lahir dengan jarak tepat sebulan setelah Rizky, pada 5 Maret 1994.

"Persija punya Rizky dan Daryono, dua kiper ini masih muda namun mereka memiliki kualitas yang sangat bagus. Keduanya juga sudah main di pra musim. Saya yakin mereka bisa menggantikan Andritany. Tinggal kita bantu saja di latihan,” ungkap Stefano 'Teco' Cugurra, pelatih Persija.

Teco mengakui, absennya Andritany adalah kehilangan serius untuk Persija. Apalagi sang kiper berpengaruh besar atas keberhasilan Macan Kemayoran di Piala Presiden 2018 dan, Namun, Teco mengingatkan, cedera Andritany bisa menyergap siapa saja.

“Saya kira Andritany sedang bagus-bagusnya karena performanya juga luar biasa disini ditambah dia memberikan dua trofi bagi Persija. Tapi ini risiko dari sepakbola dimana pemain bisa saja alami cedera. Kami tinggal doakan saja mudah-mudahan operasi berjalan lancar besok,” ujar Teco.

Pertandingan Home United vs Persija akan digelar pada Selasa, 8 Mei 2018 di Stadion Jalan Besar, Kallang, Singapura. Seminggu setelahnya, leg kedua babak semifinal AFC Cup zona Asia Tenggara akan digelar di kandang Persija, Gelora Bung Karno.

Baca juga artikel terkait PIALA AFC 2018 atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight