Piala AFF 2018

Bima Sakti Siapkan Andritany untuk Laga Indonesia vs Filipina

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 21 November 2018
Dibaca Normal 1 menit
Dalam laga pamungkas Grup B Piala AFF 2018 melawan Filipina mendatang, gawang Timnas Indonesia diperkirakan bakal kembali dikawal Andritany Ardhiyasa.
tirto.id - Jelang pertandingan Grup B Piala AFF 2018 antara Timnas Indonesia vs Filipina yang akan dihelat di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Minggu (25/11/2018) mendatang, pelatih Bima Sakti mempersiapkan Andritany Ardhiyasa untuk tampil. Penjaga gawang asal Persija Jakarta itu sebelumnya telah diistirahatkan saat Timnas Indonesia takluk dari Thailand, Sabtu (17/11/2018) lalu.

Dalam pertandingan yang berakhir dengan 4-2 untuk kemenangan Thailand tersebut, posisi yang biasa ditempati Andritany secara mengejutkan diisi oleh Awan Setho Raharjo. Namun Awan tampil buruk dan melakukan sejumlah kesalahan (blunder) fatal yang membuat gawang Garuda empat kali kebobolan.

Performa tersebut lantas menuai kritik dari suporter Timnas Indonesia di media sosial. Hal ini pula yang diyakini membuat Bima kembali mempersiapkan Andritany untuk comeback.

"Dalam latihan tadi, Andritany sudah tampil sangat baik. Dia pun sudah siap untuk kembali bermain di pertandingan berikutnya," ujar pelatih Bima Sakti usai memimpin sesi latihan Timnas Indonesia di Lapangan ABC Senayan, Selasa (20/11/2018) sore.

Andritany memang merupakan kiper andalan Indonesia. Tidak saja pada dua laga awal gelaran Piala AFF 2018, saudara kandung Indra Kahfi itu juga tampil ciamik saat membawa Timnas Indonesia U-23 menempus knockout cabang sepak bola putra Asian Games 2018. Ia juga merupakan penjaga gawang yang sukses mengantarkan Persija menjuarai Piala Presiden 2018.

Bagi Andritany maupun Timnas Indonesia, momentum bisa saja datang. Akhir pekan nanti, saat bersua Filipina, mereka bakal diuntungkan. Tidak saja karena bakal menjadi tuan rumah, namun juga disebabkan masa jeda lebih lama dibanding pihak lawan. Berbeda dari Indonesia yang sempat mempersiapkan diri selama sepekan, Filipina harus berbenturan jadwal padat karena masih harus berhadapan dengan Thailand, Rabu (21/11/2018) hari ini.

Kendati demikian, Filipina tampaknya tak akan benar-benar rugi jika mampu--setidaknya--menahan imbang Thailand sebelum bersua Indonesia. Pasalnya, kemenangan melawan Gajah Putih bisa mengunci kepastian mereka lolos semifinal, sekaligus memaksa Timnas Indonesia mendapat kepastian angkat koper lebih cepat.

Sebaliknya, andai Filipina kalah dari Thailand, laga kontra Indonesia bisa jadi memberatkan. Pasalnya, dengan situasi tersebut, mereka diwajibkan menang pada partai pamungkas.

Selain Indonesia, Filipina, dan Thailand, Singapura juga masih dimungkinkan lolos. Namun, segalanya pun bakal bergantung dengan performa The Lions saat berhadapan dengan Timor Leste Rabu (21/11/2018) hari ini. Jika menang Singapura tinggal butuh hasil imbang saat berhadapan dengan Thailand di partai pamungkas. Namun hasil imbang atau kekalahan bisa berarti lain.

Baca juga artikel terkait PIALA AFF 2018 atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Herdanang Ahmad Fauzan
DarkLight