Alasan Prabowo Beli 500 Unit Kendaraan Taktis Maung Buatan Pindad

Oleh: Andrian Pratama Taher - 16 Juli 2020
Menhan Prabowo Subainto sebut pembelian kendaraan taktis dari Pindad sebagai upaya menghidupkan industri dalam negeri Indonesia.
tirto.id - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto membeli 500 unit kendaraan taktis (Rantis) Maung dari PT Pindad. Ia menyebut pembelian mobil dari Pindad sebagai upaya menghidupkan industri dalam negeri Indonesia.

"Pindad adalah industri dalam negeri, kita ingin hidupkan industri dalam negeri," kata Prabowo di kompleks parlemen, Jakarta, Kamis (16/7/2020).

Prabowo mengklaim, pembelian kendaraan Maung juga akan membuka lapangan kerja dan meningkatkan pendapatan bangsa. Selain itu, kebijakan tersebut sesuai dengan arahan Presiden Jokowi.

"Jadi memang presiden garisnya industri dalam negeri harus dibangkitkan ya kita dukung sektor pertahanan," kata Prabowo.

Prabowo pun menuturkan pembelian 500 maung itu diperkirakan selesai saat HUT TNI tahun ini atau sekitar bulan Oktober 2020. "Kita berharap Oktober sudah selesai," Tutur mantan Danjen Kopassus itu.

Sebelumnya, Prabowo telah menjajal kendaraan taktis 4x4 buatan Pindad pada Minggu, 12 Juli 2020. Ia mengatakan rantis 4x4 itu dinamai Maung (Harimau).

"Kementerian Pertahanan akan terus mendukung peningkatan produksi alutsista dalam negeri, serta mendukung program penelitian dan pengembangan agar nantinya seluruh hasil produksi dalam negeri dapat mandiri secara utuh," kata Prabowo.


Baca juga artikel terkait PT PINDAD atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Bisnis)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Reja Hidayat
DarkLight