Vaksinasi COVID-19 Beri Asa Baru Permusikan Nasional Kala Pandemi

Oleh: Iswara N Raditya - 5 Februari 2021
Dibaca Normal 1 menit
Mulai digalakkannya program vaksinasi COVID-19 memberikan asa baru bagi kancah permusikan di tanah air.
tirto.id - Mulai digalakkannya program vaksinasi COVID-19 memberikan asa baru bagi kancah permusikan di tanah air. Selama tahun 2020 atau sejak pandemi virus Corona menerpa Indonesia, industri musik nasional pun turut terkena imbasnya.

Ketua Asosisasi Promotor Musik Indonesia (APMI), Dino Hamid, menyambut gembira kehadiran vaksin COVID-19 di tanah air dan berharap industri musik nasional bisa kembali berjalan kendati pandemi belum sepenuhnya berakhir.

"Dengan adanya vaksin pasti memberikan harapan ke kami semua karena menurut kami sekarang salah satu solusi supaya industri [musik] tetap berjalan lagi adalah dengan adanya vaksin," ucapnya kepada Antara beberapa waktu lalu.

Ditambahkan oleh Dino Hamid, selama ini para pelaku industri musik nasional terus berjuang agar bisa mendapatkan izin untuk menyelenggarakan pertunjukan musik di masa pandemi COVID-19 dengan menjalankan protokol kesehatan ketat.

"Kemarin kita bertemu dengan pihak Kemenparekraf (Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif) mengenai perizinan. Itu yang utama, kita bisa berjalan kalau ada izinnya. Kita fight hari ini untuk ke depan agar promotor diizinkan," paparnya.

Dino Hamid mengakui bahwa selama tahun 2020 lalu, banyak acara musik yang terpaksa batal digelar. Namun, lanjutnya, tidak sedikit juga yang dapat terselenggara dengan adaptasi baru, misalnya dihelat secara virtual, dan penerapan protokol kesehatan.

"Di akhir tahun lalu itu akhirnya banyak yang enggak berjalan karena banyak hal. COVID-19 semakin menanjak naik, terus kemarin juga ada urusan politik jadi kami kena imbasnya terus belum bisa berjalan," ujar Dino Hamid.


Untuk tahun 2021 ini, imbuhnya, APMI telah mengagendakan sejumlah pertunjukan seperti tahun-tahun sebelumnya, meskipun tetap harus beradaptasi dengan kebiasaan baru seperti yang sudah beberapa kali dilakukan pada 2020 lalu.

"Kita sih meneruskan experience kemarin. Drive-in kita jalan, terus ada beberapa proyek adaptif. Rencana Maret sih. Pokoknya ekosistem harus jalan di bulan Maret itu kita coba semoga diberikan izin, kalau kita jalan semoga bisa jadi motivasi bagi yang lain," harap Dino Hamid.


Beberapa pertunjukan musik berskala nasional yang tetap digelar pada masa pandemi tahun 2020 lalu dengan menerapkan protokol kesehatan antara lain: Synchronize Fest 2020, Prambanan Jazz 2020, Wave of Cinema 2020, Konser Nyanyi di Rumah, Djakarta Warehouse Project (DWP) Virtual 2020, dan lainnya.

Baca juga artikel terkait KAMPANYE COVID-19 atau tulisan menarik lainnya Iswara N Raditya
(tirto.id - Kesehatan)

Penulis: Iswara N Raditya
Editor: Agung DH
DarkLight