TXT Umumkan MOA Jadi Nama Resmi Fans Club

Oleh: Maria Ulfa, Maria Ulfa - 22 Agustus 2019
Dibaca Normal 1 menit
TXT mengumumkan MOA akan menjadi sebutan resmi untuk fans club atau fandom mereka.
tirto.id - Boy gorup asuhan Big Hit Entertainment, TXT mengumumkan pada Kamis (22/8/2019), MOA akan menjadi sebutan resmi untuk fans club atau fandom mereka. MOA merupakan singkatan dari "Moments of Alwaysness". Hal tersebut diungkapkan TXT melalui unggahan video GIF di akun Twitter mereka @TXT_bighit.

Dalam unggahan itu, TXT menuliskan arti dari kata MOA, yakni selalu dan selamanya. Semua momen yang dihabiskan bersama oleh TOMORROW X TOGETHER dengan para penggemar mereka, MOA yaitu untuk mengumpulkan semua kepingan impian masing-masing yang kemudian untuk disatukan.

Pada 25 April 2019, Big Hit Entertainment mengumumkan YOUNG ONE akan menjadi nama fans club untuk penggemar TXT. Akan tetapi, nama tersebut dinilai mirip dengan milik Tiffany Young, personel Girls’ Generation dan menuai kontroversi di kalangan penggemar.

Usai kontroversi mengenai kemiripan nama fans club tersebut, Big Hit memutuskan untuk mengganti nama fans club TXT. Selang 4 bulan, akhirnya Big Hit kembali mengumumkan nama fans club terbaru milik TXT.

Sementara, TXT yang awalnya akan melangsungkan comeback pada akhir Agustus 2019 terpaksa diundur karena masalah kesehatan dari sejumlah anggota grup tersebut.

Hal ini disampaikan Big Hit dengan mengunggah surat edaran di akun media sosial Twitter resminya @BigHitEnt pada 8 Agustus 2019. Postingan tersebut menjabarkan kondisi kesehatan dari beberapa anggota TXT yang harus mendapat perhatian lebih dan menyebabkan rencana comeback harus ditunda.

Menurut Big Hit, salah seorang personel TXT, Soobin baru-baru ini didiagnosis terkena infeksi konjungtivitis. Meski telah menerima pengobatan, tetapi karena sifat penyakit itu menular, pihak medis menyarankan ia harus menahan diri dalam berpartisipasi kegiatan publik dan membutuhkan periode istirahat yang cukup.

Selain itu anggota lainnya, Yeonjun sebelumnya sempat menderita sakit punggung pada awal bulan Agutus ini. Meski bisa pulih dengan cepat, tetapi Yeonjun masih harus banyak beristirahat.

Big Hit juga menjelaskan, karena beberapa pertimbangan di tersebut, pihaknya akan menunda comeback TXT yang awalnya dijdwalkan pada akhir Agustus 2019. Comeback dijadwalkan ulang jadi akhir September mendatang.

“Perilisan album baru TOMORROW X TOGETHER yang awalnya direncanakan untuk akhir bulan Agustus, akan dijadwalkan ulang pada akhir bulan September untuk menyediakan periode istirahat dan pemulihan para artis dan juga hari libur Chuseok mendatang," demikian tulis Big Hit.

Selain itu, boy group yang digawangi lima orang personel ini, yakni Soobin, Yeonjun, Beomgyu, Taehyun, dan Heuningkai juga disebut batal hadir dalam acara bertajuk Lotte Duty Free Family Concert yang digelar pada tanggal 11 Agustus 2019.

TXT merupakan boy group baru besutan Big Hit Entertainment. Mereka debut pada 4 Maret 2019 dengan album bertajuk The Dream Chapter: STAR dan lagu utama berjudul “Crown”.


Baca juga artikel terkait K-POP atau tulisan menarik lainnya Maria Ulfa & Maria Ulfa
(tirto.id - Musik)

Penulis: Maria Ulfa & Maria Ulfa
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight