Tips Ramadan Bagi Ibu Agar Tetap Hemat di Bulan Puasa

Oleh: Yulaika Ramadhani - 16 Mei 2019
Dibaca Normal 1 menit
5 tips khusus untuk para ibu agar tetap hemat di bulan puasa namun tetap dapat menghidangkan makanan yang bergizi untuk keluarga.
tirto.id - Ramadan telah memasuki hari ke-11 pada hari ini, Kamis (16/5/2019). Banyak yang beranggapan jika bulan puasa akan membuat pengeluaran menurun, karena kegiatan makan yang dibatasi dari 3 kali sehari menjadi 2 kali sehari.

Namun nyatanya banyak para ibu yang anggaran belanjanya malah kebobolan pada saat bulan Ramadan. Hal ini dikarenakan, para ibu cenderung menyediakan hidangan yang lebih lengkap, lezat dan bergizi pada saat berbuka dan Sahur.

Dalam rangka menyiasati perilaku boros, portal diskon online di Indonesia CupoNation merangkum 5 tips khusus untuk para ibu agar tetap hemat di bulan puasa namun tetap dapat menghidangkan makanan yang bergizi untuk keluarga.

1. Menyiapkan budget khusus Ramadan.

Menyiapkan budget khusus untuk Ramadan dalam bentuk bulanan atau harian dapat membantu para ibu untuk memantau pengeluaran dan menghindarkan diri dari overspending.

Anggaran belanja yang telah ditetapkan cenderung membuat para ibu lebih fokus dalam membeli barang-barang yang dibutuhkan dan menekan pengeluaran yang tak perlu.

Untuk memonitor pengeluaran agar anggaran belanja dapat dikelola dengan baik, para ibu dapat memanfaatkan beberapa aplikasi expense manager yang dapat diunduh secara gratis seperti Wally, Spendee, dan Money Lover.

2. Membuat daftar menu selama Ramadan.

Dengan membuat daftar menu selama Ramadan, para ibu dapat mengestimasi bahan-bahan apa saja yang diperlukan untuk memasak.

Hal ini akan membantu para ibu untuk lebih cermat dalam berbelanja dan bahan-bahan yang dibeli dapat digunakan secara maksimal tanpa ada yang terbuang atau mubazir.

Daftar menu Ramadan juga membuat para ibu lebih ekonomis dalam memberikan hidangan yang lezat dan bergizi dengan bahan-bahan yang masih terjaga kualitasnya.

Berikut adalah beberapa situs kumpulan resep masakan yang dapat menginspirasi para ibu dalam merancang menu Ramadan seperti Cookpad, Selerasa, dan Citarasa Indonesia

3. Cek promo Ramadan.

Di bulan Ramadan akan ada banyak sekali promo yang bertebaran dan tentu sangat bermanfaat. Namun para ibu tetap harus hati-hati dan jangan sampai lupa diri hingga membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan.

Agar tetap bijak dalam menyikapi promosi Ramadan yang menggoda, mulailah untuk membuat list barang yang dibutuhkan dan cek katalog promosi dari berbagai tempat.

Daftar promo dan katalog supermarket juga dapat di cek secara online melalui beberapa situs seperti Hemat.id, Hargakatalog, dan Scanharga.

4. Membeli makanan yang sudah jadi.

Jika para ibu merasa terlalu lelah untuk memasak, membeli makanan yang sudah jadi juga dapat menjadi alternatif yang dapat digunakan.

Cukup dengan memasak nasi, para ibu hanya perlu membeli lauk dan sayur untuk dihidangkan bersama keluarga. Jika ingin menghemat pengeluaran transport dan menghindari macet, para ibu juga dapat memanfaatkan layanan food delivery dari aplikasi pesan antar makanan seperti Go-food, dan Grabfood.

5. Membandingkan harga buffet Ramadan.

Sah-sah saja jika sesekali para ibu ingin merasakan nikmatnya berbuka puasa dengan buffet Ramadan bersama keluarga. Agar tetap hemat dengan hidangan puasa yang lezat dan lengkap, mulailah untuk membandingkan harga buffet Ramadan dan menu yang ditawarkan di beberapa hotel dan restoran.

Para ibu juga dapat menggunakan situs pencarian restoran seperti Eatigo dan Zomato untuk membandingkan harga paket Ramadan serta diskon terbaik yang ditawarkan.

Jangan lupa untuk selalu menghabiskan makanan ya. Karena beberapa rumah makan dan hotel memiliki aturan yang mana akan ada biaya tambahan yang dikenakan jika kita tidak mampu menghabiskan makanan yang diambil.


Baca juga artikel terkait RAMADAN 2019 atau tulisan menarik lainnya Yulaika Ramadhani
(tirto.id - Gaya Hidup)


Penulis: Yulaika Ramadhani
Editor: Agung DH