Telkomsel Klaim Pulih Usai Down dan Masuk Trending Twitter

Oleh: Selfie Miftahul Jannah - 5 November 2019
Dibaca Normal 1 menit
Telkomsel down masuk jajaran trending Twitter setelah layanannya mengalami gangguan.
tirto.id -
Telkom Indonesia Group akhirnya mengonfirmasi soal adanya gangguan akses internet internasional di jaringannya, baik untuk Telkomsel maupun IndiHome.

Terkait hal tersebut, VP Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin, menyampaikan perbaikan telah selesai dilakukan.

"Setelah terjadi penurunan kualitas akses layanan internet beberapa waktu lalu, saat ini akses layanan internet kembali normal," kata dia kepada Tirto, Selasa (5/11/2019).

Hingga saat ini pihaknya belum menjelaskan soal permasalahan apa yang menyebabkan gangguan jaringan internet selama lebih dari 30 menit tersebut.

"Kami menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi. Telkomsel senantiasa berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik untuk seluruh pelanggan," terang dia.

Imbas gangguan layanan Telkomsel ini membuat pengguna aplikasi pesan WhatsApp juga terganggu untuk mengirim pesan.

Gangguan ini memicu percakapan di Twitter yang masuk jajaran trending seluruh dunia atau worldwide.

Saat dipantau Selasa (5/11/2019) pukul 12.48 WIB, Telkomsel dicuitkan sebanyak 39 ribu kali, lalu tagar IndiHome tersemat lebih dari 1.000 cuitan.


Dari pantauan di media sosial, keluhan soal WhatsApp down juga disampaikan sejumlah warganet. Mereka mengadukan persoalan ini dengan menyebut dua ISP besar, yakni Telkomsel dan Indihome.

"Indihome, Telkomsel gangguan. Instagram, browser, WhatsApp gangguan juga nggak bisa diakses," tulis pengguna @farisandani di media sosial Twitter.

"Koneksi Telkomsel kenapa? semua macet total kecuali Twitter. memang deh, Twitter selalu di izinkan hidup supaya kita selalu ada tempat untuk Komplain," tulis @arioadimas.

Dari pantauan Fing, performa layanan internet Telkom Indonesia memburuk sekitar pukul 10.15 WIB dan terelesaikan dalam waktu 30 menit.

Gangguan yang dianalisa Fing, situs web pendeteksi performa jaringan sejumlah penyedia internet di Indonesia, dilaporkan terjadi di 7 kota besar, di antaranya Jakarta, Surabaya, dan Denpasar.

Sementara, laporan di situs Downdetector terkait WhatsApp down mengalami puncaknya sekitar
pukul 11.00 WIB dengan 324 laporan. Untuk wilayah terdampak sebagian besar terjadi di Indonesia, meski wilayah lain juga terjangkit, seperti sebagian Amerika Selatan, sebagian Eropa, dan sebagian Eropa.

Dari sejumlah laporan yang masuk di Downdetector, 94 persen mengeluhkan soal koneksi, 3 persen masalah login, dan 1 persen kesulitan menerima pesan.

Saat Tirto mengakses WhatsApp menggunakan jaringan Telkomsel dan Indihome pada pukul 12.05 WIB, aplikasi ini dapat digunakan untuk mengirim pesan kendati sesekali mengalami gangguan.




Baca juga artikel terkait TELKOMSEL atau tulisan menarik lainnya Selfie Miftahul Jannah
(tirto.id - Teknologi)

Reporter: Selfie Miftahul Jannah
Penulis: Selfie Miftahul Jannah
Editor: Zakki Amali
DarkLight