tirto.id - WhatsApp, aplikasi pesan instan bebasis internet, dilaporkan down atau eror oleh sejumlah pengguna, Selasa (5/11/2019) pukul 10.54 WIB.
Seorang pengguna di Yogyakarta melaporkan, aplikasi perpesanan milik Facebook itu tak dapat diakses. Hal ini membuat Amali (28) tak dapat mengirim pesan.
"Sempat enggak bisa kirim dua sampai tiga kali, pending beberapa menit, saya pakai kartu Telkomsel" katanya kepada Tirto, Selasa (5/11).
"Muncul logo 'jam' dan pesan tak bisa terkirim langsung," tambahnya.
Dari pantauan di media sosial, keluhan soal WhatsApp down juga disampaikan sejumlah warganet. Mereka mengadukan persoalan ini dengan menyebut dua ISP besar, yakni Telkomsel dan Indihome.
"Indihome, Telkomsel gangguan. Instagram, browser, WhatsApp gangguan juga nggak bisa diakses," tulis pengguna @farisandani di media sosial Twitter.
"Koneksi Telkomsel kenapa? semua macet total kecuali Twitter. memang deh, Twitter selalu di izinkan hidup supaya kita selalu ada tempat untuk Komplain," tulis @arioadimas.
Dari pantauan Fing, performa layanan internet Telkom Indonesia memburuk sekitar pukul 10.15 WIB dan terselesaikan dalam waktu 30 menit. Gangguan yang dianalisa Fing, situs web pendeteksi performa jaringan sejumlah penyedia internet di Indonesia, dilaporkan terjadi di 7 kota besar, di antaranya Jakarta, Surabaya, dan Denpasar.
Sementara, laporan di situs Downdetector terkait WhatsApp down mengalami puncaknya sekitar pukul 11.00 WIB dengan 324 laporan.
Untuk wilayah terdampak sebagian besar terjadi di Indonesia, meski wilayah lain juga terjangkit, seperti sebagian Amerika Selatan dan sebagian Eropa.
Dari sejumlah laporan yang masuk di Downdetector, 94 persen mengeluhkan soal koneksi, 3 persen masalah login, dan 1 persen kesulitan menerima pesan.
Saat Tirto mengakses WhatsApp menggunakan jaringan Telkomsel dan Indihome pada pukul 12.05 WIB, aplikasi ini dapat digunakan untuk mengirim pesan kendati sesekali mengalami gangguan.