Daftar CPNS 2021 di SSCASN

Tanggal Ijazah untuk CPNS 2021 Ada di Sebelah Mana & Cara Ceknya

Oleh: Yonada Nancy - 23 Juli 2021
Dibaca Normal 1 menit
Selain diunggah, informasi yang terdapat dalam ijazah juga perlu diinput di laman sscasn.bkn.go.id, seperti tanggal ijazah dan nilai ijazah.
tirto.id -
Saat mendaftar seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021 dibutuhkan penyertaan sejumlah berkas, salah satunya adalah ijazah.

Selain diunggah, informasi yang terdapat dalam ijazah juga perlu diinput di laman sscasn.bkn.go.id, seperti tanggal ijazah dan nilai ijazah bagi pelamar formasi lulusan SMA, SMK, dan sederajat.

Terdapat dua jenis ijazah saat ini, yaitu ijazah terbitan Kementerian Pendidikan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Kementerian Agama (Kemenag). Ijazah yang diterbitkan oleh Kemendikbud diperuntukkan bagi lulusan SMA, SMK, SMALB negeri maupun swasta, serta kesetaraan Paket C.

Sementara, ijazah yang diterbitkan oleh Kemenag diperuntukkan bagi lulusan madrasah, seperti MA atau MAK negeri maupun swasta. Baik ijazah terbitan Kemendikbud maupun terbitan Kemenag, letak tanggal dan nilai ijazah sama.


Tanggal ijazah merupakan tanggal kapan ijazah diterbitkan. Tanggal ijazah disesuaikan dengan tanggal pengumuman kelulusan dari sekolah maupun madrasah. Sesuai dengan peraturan terbaru, yaitu Petunjuk Teknis (Juknis) Nomor: 14201/A5/HK/2021 dan SK Dirjen Pendis Nomor 1835 Tahun 2021, berikut cara melihat letak tanggal ijazah lulusan SMA, SMK, dan sederajat:
  • Tanggal ijazah diletakkan di bagian bawah kanan halaman depan ijazah
  • Tanggal ijazah tercantum diatas tanda tangan kepala sekolah atau madrasah
  • Tanggal ijazah ditulis setelah Kabupaten/Kota tempat penerbitan ijazah. Contoh: Jakarta, 3 Juni 2021
Sementara, nilai ijazah menurut yang tercantum dalam SK adalah gabungan nilai rata-rata rapor dan nilai ujian sekolah atau madrasah. Nilai rata-rata rapor untuk jenjang SMA, SMK, sederajat adalah nilai semester 1 hingga semester 5 yang ditulis dengan bilangan bulat tanpa koma.

Lalu, nilai ujian sekolah atau madrasah adalah nilai yang diperoleh siswa dari ujian, tes, praktek, penugasan, hingga portofolio dari tiap mata pelajaran. Sama dengan nilai rata-rata rapor, nilai ujian sekolah juga ditulis dengan bilangan bulat tanpa koma.

Berdasarkan aturan terbaru, berikut cara melihat letak nilai ijazah lulusan SMA, SMK, dan sederajat:
  • Nilai ijazah diletakkan di bagian belakang halaman ijazah
  • Nilai ijazah terdiri atas nilai rata-rata rapor dan nilai ujian sekolah atau madrasah yang ditulis dalam bilangan bulat
  • Bagi lulusan Satuan Pendidikan Kerja Sama (SPK) atau sekolah dari lembaga pendidikan asing, nilai ijazah yang tercantum diperoleh berdasarkan aturan kurikulum maupun struktur program yang berlaku.

Jadwal Terbaru Pendaftaran CPNS 2021



Badan Kepegawaian Negara (BKN) resmi memperpanjang periode pendaftaran CPNS 2021 hingga 26 Juli 2021. Sebelumnya, periode pendaftaran dijadwalkan pada 30 Juni hingga 21 Juli 2021.

Dalam keterangan di akun media sosial BKN, perpanjangan ini dilakukan untuk memberikan kesempatan yang lebih luas pada masyarakat untuk berpartisipasi dalam rekrutmen nasional ini.

Berikut jadwal terbaru pendaftaran CPNS 2021 setelah mengalami perubahan:
  • Pengumuman seleksi CPNS : 30 Juni-14 Juli 2021
  • Pendaftaran seleksi CPNS: 30 Juni-26 Juli 2021
  • Pengumuman hasil seleksi administrasi : 2-3 Agustus 2021
  • Masa sanggah : 4 Agustus-6 Agustus 2021
  • Jawab sanggah : 4-13 Agustus 2021
  • Pengumuman pasca-sanggah : 15 Agustus 2021

Baca juga artikel terkait CPNS 2021 atau tulisan menarik lainnya Yonada Nancy
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Yonada Nancy
Penulis: Yonada Nancy
Editor: Nur Hidayah Perwitasari
DarkLight