Soal Referendum Aceh Batal, Mendagri: Istilah Itu Sudah Tidak Ada

Oleh: Riyan Setiawan - 20 Juni 2019
Mendagri Tjahjo Kumolo merespons pertemuan antara Menkopolhukam Wiranto yang batal bertemu dengan mantan Panglima GAM Muzakir Manaf (Mualem), yang sempat menyatakan akan melakukan referendum.
tirto.id - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo merespons pertemuan antara Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto yang tidak jadi bertemu dengan Mantan Panglima Gerakan Aceh Merdeka (GAM) Muzakir Manaf (Mualem), yang sempat menyatakan akan melakukan referendum.

Namun, pertemuan yang direncanakan pada Senin (17/6/2019) itu gagal. Menanggapi hal tersebut, Tjahjo mengatakan jika wacana soal referendum sudah selesai.

Sebab, kata dia, Mualem sendiri mengaku khilaf menggaungkan wacana tersebut. Sehingga, dirinya menegaskan jika wacana referendum Aceh sudah tidak ada lagi.

"Udah selesai kan bahwa Mualem khilaf. Jadi istilah referendum itu tidak ada," ujar Tjahjo saat di Kompleks DPR RI, Senayan, Jakarta Selatan, Kamis (20/6/2019).

Namun, Tjahjo tidak menanggapi apakah nanti antara Wiranto dengan Mualem akan melakukan pertemuan lagi atau tidak.

Dirinya malah menuturkan, jika ia bersama Mualem sering bertemu dan menjalin komunikasi sebagai teman.

"Saya sebagai teman sering ketemu, sering komunikasi, tidak ada masalah. Karena kan dia ketua Partai Aceh, jadi sering komunikasi," pungkasnya.


Baca juga artikel terkait REFERENDUM ACEH atau tulisan menarik lainnya Riyan Setiawan
(tirto.id - Politik)

Reporter: Riyan Setiawan
Penulis: Riyan Setiawan
Editor: Maya Saputri
DarkLight