Rute Jalan Alternatif Saat Jalur Puncak Ditutup di Malam Tahun Baru

Oleh: Addi M Idhom - 31 Desember 2017
Dibaca Normal 1 menit
Terdapat dua jalur alternatif dari Jakarta menuju Cipanas dan Cianjur yang bisa digunakan saat Jalur Puncak ditutup pada malam tahun baru 2018.
tirto.id - Kepolisian Resor Kabupaten Bogor mengumumkan terdapat dua jalur alternatif dari Jakarta menuju Cipanas dan Cianjur, Jawa Barat, pada saat malam tahun baru 2018.

Keduanya bisa menjadi pilihan alternatif karena jalur Puncak akan ditutup selama 12 jam untuk kendaraan roda empat, yakni mulai Pukul 18.00 WIB, pada Minggu (31/12/2017).

"Kami akan mempersiapkan 2 jalur alternatif yang dapat digunakan masyarakat ketika ingin Cipanas dan Cianjur tanpa melewati jalur Puncak," kata Kasat Lantas Polres Bogor, AKP Hasby Ristama, di Pos Polisi Gadog, pada hari ini, seperti dikutip Antara.

Alternatif Jalur Puncak Pertama

Jalur alternatif pertama bisa dilalui oleh pengendara yang belum terlanjur masuk tol Ciawi. Para pengendara dari Jakarta dapat melalui jalur Cibubur-Jonggol-Cariu dan tembus Cianjur.

Jalur alternatif pertama ini dapat ditempuh dengan jarak kurang lebih 86 kilometer (km). Menurut Hasby, estimasi waktu jarak tempuh melewati jalur alternatif ini sekitar 2 jam lebih 4 menit.

Hasby memastikan kondisi jalanan di jalur alternatif Cibubur-Jonggol-Cariu-Cianjur ini lumayan bagus. Pengendara juga sudah dapat melalui jembatan Cipamingkis yang telah beroperasi sejak 21 Desember 2017.

Dia mengimbuhkan, sudah pernah ada kerja sama pengoperasian jalur alternatif Jonggol dengan Polres Cianjur. "Hasilnya sudah ada komentar dari masyarakat merasa untung melintasi jalur alternatif tersebut, cuma dua jam lima menit sudah sampai Jakarta," kata Hasby.

Hasby menduga banyak masyarakat belum mengetahui jembatan Cipamingkis sudah bisa dilalui sehingga tidak memilih jalur alternatif Jonggol. Padahal, dengan menggunakan jalur Jonggol, pengendara bisa menuju Puncak, Cianjur, Cibodas, Taman Bunga, tanpa melewati Jalur Puncak.

Alternatif Jalur Puncak Kedua

Jalur alternatif kedua bagi masyarakat yang sudah terlanjur melewati Cibubur dan berada di gerbang tol Ciawi ialah dapat menggunakan Jalur Sukabumi.

Hasby menjelaskan rute jalur Alternatif ini ialah melewati Ciawi-Caringin-Cigombong-Sukabumi lanjut ke Cipanas. Jaraknya kurang lebih 88,6 km, dengan estimasi lama tempuh sekitar tiga jam.

Menurut Hasby, waktu tempuh Jalur Sukabumi sedikit lebih lama dibanding Jalur Jonggol karena kontur jalannya yang berkelok. Apalagi jaraknya lebih jauh dibanding jalur Cibubur-Jonggol.

Akan tetapi, dia melanjutkan, jalur masih efektif untuk digunakan menuju Cipanas. Jika ditarik garis lurus dari Cibubur ke Sukabumi, jarak tempuhnya kurang lebih 116 km. Karena itu, lebih lama menggunakan Jalur Sukabumi.

"Silahkan menggunakan dua jalur altenatif ini untuk terhindar dari kemacetan dan penutupan arus di Puncak," kata Hasby.

Baca juga artikel terkait TAHUN BARU 2018 atau tulisan menarik lainnya Addi M Idhom
(tirto.id - Sosial Budaya)

Sumber: antara
Penulis: Addi M Idhom
Editor: Addi M Idhom
DarkLight