Robert Mugabe Mengundurkan Diri sebagai Presiden Zimbabwe

Oleh: Agung DH - 21 November 2017
Mugabe yang berkuasa selama 37 tahun mundur dari jabatannya sebagai presiden.
tirto.id - Robert Mugabe mengundurkan diri sebagai Presiden Zimbabwe setelah berkuasa selama 37 tahun pada Selasa (21/11/2017).

Laporan The Guardian menyebutkan, pengumuman pengunduran diri Mugabe dikeluarkan saat sidang parlemen, menyusul pengambilalihan pemerintah Zimbabwe oleh militer pada pekan lalu.

Dalam suratnya yang ditujukan kepada parlemen, pria berusia 93 tahun itu mengatakan keputusannya untuk mengundurkan diri secara sukarela.

Pengunduran Mugabe ini disambut gembira rakyat Zimbabwe di luar gedung parlemen yang menanti proses impeachment sejak Selasa kemarin.

New York Times melaporkan, pengunduran Mugabe menyusul terjadinya desakan dari partai ZANU-PF sejak Selasa pekan ini. Bekas partai Mugabe tersebut juga turut mendukung pemakzulan . Rival politik partai tersebut, Gerakan untuk Perubahan Demokratik, mendukung mosi tersebut. Tapi Mugabe enggan mengundurkan diri.

Baru hari ini, Mugabe yang pernah memimpin perang kemerdekaan Zimbabwe pada 1980 resmi mundur dari pemerintahan setelah berkuasa lebih dari 37 tahun.

Dia telah memenangkan serangkaian pemilihan, namun dipandang oleh banyak orang di Afrika dan di luar negeri sebagai pemimpin yang telah melumpuhkan demokrasi dan membuat Zimbabwe dirundung krisis ekonomi dan korupsi akut.


Baca juga artikel terkait ZIMBABWE atau tulisan menarik lainnya Agung DH
(tirto.id - Politik)

Reporter: Agung DH
Penulis: Agung DH
Editor: Agung DH
DarkLight