Prediksi Rumania vs Spanyol, Uji Strategi Robert Moreno di Euro

Oleh: Gilang Ramadhan - 5 September 2019
Dibaca Normal 1 menit
Laga Spanyol vs Rumania dalam kualifikasi Euro 2020 bakal digelar akhir pekan ini. Prediksi, Spayol punya kans lebih besar memenangkan laga.
tirto.id - Pertandingan lanjutan kualifikasi Euro 2020 antara Rumania vs Spanyol akan digelar pada Jumat (6/9/2019) di Arena Nationala, Rumania. Spanyol akan mengawali era baru mereka di bawah arahan pelatih Robert Moreno.

Moreno sendiri adalah pengganti pelatih Spanyol sebelumnya, Luis Enrique yang mengundurkan diri pada Juni kemarin. Dalam dua laga pertama, Moreno berhasil menuai hasil positif dengan mengalahkan Kepulauan Faroe dan Swedia.

"Saya tidak menganggap ini laga debut. Kami ingin bermain dengan baik dan ini akan menjadi pertandingan yang berat," ungkap Moreno dikutip dari mundodeportivo.

"Semua laga yang kami menangkan akan menjadi penting. Jika kami nanti menang, kami akan mendapat 15 poin, tetapi belum lolos. Hingga secara matematis belum, tidak ada yang perlu kami rayakan. Target kami adalah membuat 30 poin."

Spanyol sementara memang masih meraih hasil sempurna dalam 4 pertandingan awal di Grup F. Total, mereka hanya kebobolan 2 gol dan sukses mencetak 11 gol.

Akan tetapi, rekor pertemuan mereka dengan Rumania tidak terlalu menguntungkan. Dari 16 duel secara keseluruhan di semua ajang, Rumania dan Spanyol sama-sama memiliki catatan 5 kemenangan dan 6 kali bermain imbang.

Bahkan dalam lima duel terkahir, Spanyol hanya mampu menang 1 kali, kalah 2 kali dan bermain imbang 2 kali. Duel terakhir sendiri berakhir tanpa gol.

Kendati demikian, pelatih Rumania, Cosmin Contra menyebut Spanyol tetaplah favorit di duel ini.

"Ini akan menyakitkan bagi kami karena para pemain kami tidak terbiasa beramin di level tertinggi pada setiap pekannya. Spanyol adalah favorit yang sangat kuat, tetapi kami akan melawan," ucap Contra dilansir dari Marca.

Rumania sendiri masih menguntit di posisi kedua tetat di bawah Spanyol dengan koleksi 7 poin dari 4 laga. Pada pertandingan terakhir, anak asuh Cosmin Contra menang 4-0 atas tuan rumah Malta.

Perkiraan Susunan Pemain

Rumania (4-4-2): Ciprian Tatarusanu; Romario Benzar, Dragos Grigore, Vlad Chirichies, Alin Tosca; Razvan Marin, Nicole Standciu, Alexandru Maxim, Paul Anton; Cirpian Deac, George Puscas. | Pelatih: Cosmin Contra.

Spanyol (4-4-2): Kepa Arizzabalaga; Dani Carvajal, Sergio Ramos, Mario Hermoso, Jordi Alba; Fabian Ruiz, Sergio Busquest, Dani Parejo, Dani Ceballos; Rodrigo Moreno, Paco Alcacer. | Pelatih: Robert Moreno.

Prediksi Pertandingan

Robert Moreno kembali memanggil dua pemain muda, Fabian Ruiz dan gelandang Arsenal, Dani Ceballos. Keduanya diprediksi akan mengisi posisi sayap dalam skema 4-4-2 menggantikan peran Isco dan Marco Asensio yang masih dibekap cedera.

Sementara Rumania akan kehilangan sosok Alexandru Chipciu yang terkena skorsing. Nicolae Stanciu dinilai menjadi pengganti Chipciu di sektor sayap kanan. Sementara George Puscas akan menjadi ujung tombak tim.

Di atas kertas, Spanyol lebih difavoritkan untuk menang. Namun rekor pertemuan dengan Rumania yang cenderung berimbang dapat menjadi tembok bagi anak asuh Robert Moreno untuk meneruskan hasil sempurna.

Rekor Lima Pertemuan Terakhir

28/03/2016 Rumania vs Spanyol 0-0
16/11/2006 Spanyol vs Rumania 0-1
19/11/1997 Spanyol vs Rumania 1-1
18/06/1996 Rumania vs Spanyol 1-2
17/04/1991 Spanyol vs Rumania 0-2

Baca juga artikel terkait KUALIFIKASI EURO 2020 atau tulisan menarik lainnya Gilang Ramadhan
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Gilang Ramadhan
Penulis: Gilang Ramadhan
Editor: Agung DH
DarkLight