Hasil Bola Tadi Malam: Laga Persahabatan & Kualifikasi Euro 2020

Oleh: Fitra Firdaus - 13 November 2020
Dibaca Normal 2 menit
Hasil bola tadi malam, Jumat 13 November: Hongaria, Slovakia, Skotlandia, Makedonia lolos kualifikasi Euro 2020. Laga persahabatan Inggris vs Irlandia 3-0.
tirto.id - Hasil pertandingan sepak bola pada Jumat (13/11/2020) diwarnai dengan lolosnya Hongaria, Slovakia, Skotlandia, dan Makedonia Utara dari play-off kualifikasi Euro 2020 menuju Piala Eropa 2020 yang digelar tahun depan. Sementara itu, laga persahabatan internasional antara Inggris vs Republik Irlandia berakhir dengan skor telak 3-0.

Berbeda dengan play-off kualifikasi Euro edisi-edisi sebelumnya, play-off EURO 2020 dilangsungkan dengan format 1 leg. Total 12 tim yang berlaga dibagi ke dalam 4 jalur, yaitu Path A, B, C, dan D. Pertandingan pada Jumat (13/11) adalah partai final.



Laga dramatis terjadi ketika Slovakia menumbangkan Irlandia Utara 1-2 di Belfast. Tim tamu unggul melalui Juraj Kucka pada menit 17. Saat tuan rumah tampak akan tumbang, mereka menyamakan kedudukan lewat gol bunuh diri Milan Skriniar. Namun, Slovakia akhirnya yang memegang tiket ke EURO 2020 lewat gol Michal Duris pada babak perpanjangan waktu.

Sementara itu, di Stadion Red Star, Belgrade, tuan rumah Serbia harus mengubur mimpi lolos ke putaran final Piala Eropa. Menghadapi Skotlandia, Serbia tertinggal lebih dulu lewat gol Ryan Christie (52'). Sempat ada harapan ketika penyerang Real Madrid, Luka Jovic menyamakan skor pada ujung laga.

Namun, setelah babak perpanjangan waktu kedudukan tidak berubah, laga diakhiri dengan adu penalti. Seluruh algojo Skotlandia mulus menjalankan tugas, tetapi penendang kelima Serbia, Aleksandar Mitrovic gagal. Anak asuh Steve Clarke berhak melaju ke EURO 2020.



Hasil Play off Kualifikasi Euro 2020 Tadi Malam


Hongaria vs Islandia 2-1
Pencetak Gol: Loic Nego 88', Dominik Szoboszlai 90'/ Gylfi Sigurdsson 11'

Irlandia Utara vs Slovakia 1-2
Pencetak Gol: Milan Skriniar 87' b.d./ Juraj Kucka 17', Michal Duris 110'

Serbia vs Skotlandia 1-1
Pencetak Gol: Luka Jovic 90'/ Ryan Christie 52'

Georgia vs Makedonia Utara 0-1
Pencetak Gol: Goran Pandev 56'



Dalam duel Inggris kontra Republik Irlandia di Wembley, pasukan Gareth Southgate tidak mendapatkan perlawanan berarti. Berdasarkan statistik Whoscored, The Three Lions yang memiliki penguasaan bola hingga 55,3 persen, tercatat melepaskan total 20 tembakan, berbanding 4 milik sang tamu.

Harry Maguire, penampil terbaik Inggris, membuka keunggulan timnya pada menti 18. Sang bek tengah Manchester United menanduk bola umpan Harry Winks. Laga berjalan setengah jam, bintang muda The Three Lions, Jadon Sancho melepaskan tembakan datar yang bermula dari umpan Jack Grealish, playmaker Aston Villa yang dipasang Southgate dalam starting XI.

Pesta Inggris berlanjut pada babak kedua. Menit 56, penyerang asal Everton, Dominic Calvert-Lewin sukses menjadi algojo penalti, menaklukkan kiper Irlandia, Darren Randolph yang sepanjang laga melakukan 2 penyelamatan.

Jude Bellingham (Borussia Dortmund) yang masuk menggantikan Mason Mount pada paruh kedua, tercatat sebagai pemain termuda ketiga dalam sejarah Inggris, di belakang Theo Walcott dan Wayne Rooney. Bellingham sendiri bermain selama 17 menit dan mendapatkan rapor 6,03 oleh Whoscored.

Dalam laga lain, Wales hanya bisa bermain imbang dengan Amerika Serikat di Stadion Liberty, Swansea. Tim tamu yang dilatih Gregg Berhalter menurunkan bintang-bintang muda seperti Gio Reina (Borussia Dortmund), Konrad De La Fuente (Barcelona), hingga Weston McKennie (Juventus). Wales sendiri menggunakan partai ini untuk pemanasan jelang duel kontra Republik Irlandia di UNL pada Senin (16/11/2020) mendatang.

Hasil Laga Persahabatan Tadi Malam


Berikut ini hasil lengkap pertandingan persahabatan internasional pada Jumat (13/11/2020).

Moldova vs Rusia 0-0

Bosnia-Herzegovina vs Iran 0-2
Pencetak Gol: Kaveh Rezaei, Mehdi Ghaedi 90'

Wales vs Amerika Serikat 0-0

Inggris vs Republik Irlandia 3-0
Pencetak Gol: Harry Maguire 18', Jadon Sancho 31', Dominic Calvert-Lewin 56' penalti

Baca juga artikel terkait HASIL BOLA TADI MALAM atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Agung DH
DarkLight