Prediksi Mesir vs Uruguay: La Celeste di Atas Angin

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 15 Juni 2018
Dibaca Normal 1 menit
Tampilnya Mohamed Salah tak lantas mengunggulkan Timnas Mesir begitu saja.
tirto.id - Pertandingan Mesir vs Uruguay dalam gameweek pertama Grup A Piala Dunia 2018 bakal berlangsung di Ekaterinburg Arena, Jumat (15/6/2018). Jika berkaca dari riwayat kedua negara, Uruguay jelas berada di posisi diunggulkan.

Kedua tim sebelumnya memang baru sekali bertemu. Untuk itu, kemenangan Uruguay 2-0 atas Mesir di tahun 2006 lalu tak dapat dijadikan acuan tungal. Walau demikian, Uruguay memiliki keunggulan. Komposisi pemain bintang yang lebih merata menjadi salah satu penyebab.

Di llini depan misalnya, La Celeste punya dua pemain yang tampil menjanjikan di level klub. Selain Edinson Cavani yang mampu meraih gelar top skor Liga Prancis berkat torehan 28 musim ini, ketajaman Luis Suarez di depan gawang tentu tak perlu dipertanyakan. Musim ini, pemain yang membela Barcelona itu mencatatkan 25 gol di Liga Spanyol. Suarez juga punya riwayat apik di level timnas. Pada ajang Piala Dunia saja, ia total telah lima kali mencatatkan namanya di papan skor.


Untuk menopang Suarez dan Cavani, Uruguay juga memiliki stok gelandang mumpuni. Matias Vecino (Inter Milan), Lucas Toreira (Sampdoria), hingga Nicolas Lodeiro (Seattle Sounders FC) adalah beberapa di antaranya. Sementara di sektor pertahanan, mereka memiliki bek tangguh Diego Godin dan Jose Gimenez (Atletico Madrid) serta Nicolas Lodeiro (Seattle Sounders FC).

Pada pihak lawan, Mesir boleh lebih percaya diri karena hampir pasti kembali diperkuat pemain bintang Liverpool, Mohammed Salah. Pemain yang kerap beroperasi di sektor sayap itu telah pulih dari cederanya di final Liga Champions.

"Saya berani menjamin 100 persen dia [Salah] bermain, saya menyimpan hal tak terduga ini hingga saat terakhir. Kami mencoba membuatnya percaya diri. Dokter memberinya opsi bermain atau tidak, tapi saya tahu Salah baik-baik saja dan saya yakin dia tidak takut, dia bukan penakut," tutur pelatih Hector Cuper seperti dikutip BBC Sport.

Salah merupakan aktor kunci di balik keberhasilan The Reds menembuh partai puncak kompetisi Eropa. Tidak hanya jadi top skor di level klub, ia juga merupakan peraih sepatu emas Liga Inggris.


Namun, skuat asuhan Hector Cuper wajib berhati-hati. Pasalnya lini belakang mereka harus siap mengotori celana guna menghentikan pergerakan duo Suarez-Cavani. Lini depan Mesir sendiri bakal mengalami ujian berat untuk menggetarkan gawang Fernando Muslera.

Pada sektor tengah, sosok kunci yang berpeluang menunjukkan tajinya ialah Mohamed Elneny dan Ramadhan Sobhy. Pemain asal Arsenal dan Stoke City itu memiliki jam terbang tinggi di salah satu kompetisi terpadat di dunia, Liga Inggris. Sedangkan untuk melapisi gawang Essam El Hadary, Cuper masih akan mengandalkan Ahmed Hegazi dan Ahmed Fathi.

Uruguay memiliki tren baik tiap bersua lawan dari benua Afrika di ajang Piala Dunia. Dari tiga laga, La Celeste meraih hasil sekali menang dan dua kali ditahan imbang. Dalam delapan pertandingan di ajang Piala Dunia, mereka juga hanya sekali kalah. Tujuh laga lain berakhir dengan empat kemenangan serta tiga kekalahan.

Bagi Timnas Uruguay, Piala Dunia 2018 merupakan kali ke-13 mereka tampil di kompetisi terbesar di dunia tersebut. Ini juga merupakan partisipasi ketiga beruntun La Celeste. Di lain pihak, Mesir baru tiga kali tampil di Piala Dunia. Terakhir kali mereka tampil di ajang ini adalah pada tahun 1990.

Kickoff pertandingan Mesir vs Uruguay dijadwalkan pada Jumat (15/6/2018). Jika tak ada perubahan, laga kali ini bakal disiarkan langsung Trans TV.

Baca juga artikel terkait PIALA DUNIA 2018 atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Herdanang Ahmad Fauzan