Prediksi BMKG Soal Potensi Hujan Lebat di Jawa Hingga Sumatera

Oleh: Yulaika Ramadhani - 15 Oktober 2019
Dibaca Normal 1 menit
Perkiraan curah hujan di wilayah Jawa, Sumatera, hingga Papua oleh BMKG
tirto.id - Badan Meteorologi, Klimatologi, danm Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan dini kewaspadaan kondisi cuaca buruk potensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang diperkirakan pada sejumlah wilayah di Provinsi Lampung, yaitu Kabupaten Pesisir Barat, Lampung Barat, Tanggamus, Pringsewu, dan Lampung Utara, Selasa pada siang hari.

BMKG melalui rilis disampaikan Forecaster on Duty BMKG Radin Inten Lampung, di Branti, Lampung, Selasa pagi, menyampaikan prakiraan cuaca umum Provinsi Lampung berlaku 15 Oktober pukul 07.00 WIB sampai dengan 16 Oktober 2019 pukul 07.00 WIB, menyebutkan angin secara umum bertiup dari arah tenggara hingga selatan dengan kecepatan antara 5-20 knots (9-38 km/jam). Antara menulis, jarak pandang berkisar antara 3-10 km.

 Prakiraan Curah Hujan Dari BMKG
Peta Prakiraan curah hujan dari BMKG. twitter/bmkg


Sementara itu, BMKG di akun resmi Twitternya juga mengumumkan pekan depan di 67% di wilayah Indonesia diprakirakan akan mengalami hujan kategori menengah.

Terkait potensi hujan tinggi, BMKG memprediksi sebesar 4% wilayah Indonesia mengalami curah hujan tinggi yaitu di wilayah Papua bagian Tengah, dan pesisir barat Sumatera Utara hingga Aceh.

BMKG memprediksi, curah hujan sangat rendah hanya berpeluang terjadi di bagian timur Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, dan paling selatan Papua.

"Menurut analisis kami pada 10 hari lalu daerah yang mahal hujan itu ada di wilayah Jawa hingga Nusa Tenggara Barat. Masih luas. Beberapa wilayah telah mendapat hujan," cuit BMKG.

BMKG menambahkan, sebagian besar Sumatera, sebagian besar Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara Timur umumnya masih mendapat curah hujan cukup rendah, kurang dari 50mm dalam satu dasarian, mencakup 56% wilayah.

Sementara 42% wilayah mendapat hujan yang cukup hingga kategori menengah, yaitu di Sumatera Utara, Kalimantan bagian Tengah, dan bagian Tengah Papua. Untuk curah hujan tinggi (150-300 mm/dasarian) hanya terjadi 2% wilayah yang meliputi: bagian Tengah Papua dan bag Barat Kalimantan.

 Prakiraan Curah Hujan Dari BMKG
Peta Prakiraan curah hujan dari BMKG. twitter/bmkg



Secara umum wilayah Lampung diprakirakan pagi hari berpotensi hujan lokal di wilayah Kota Bandar Lampung, Kabupaten Pesawaran, Pringsewu, dan Tanggamus.

Siang hingga sore hari berpotensi hujan ringan hingga lebat di wilayah Kabupaten Pesawaran, Tanggamus, Pringsewu, Lampung Barat, Lampung Utara, Lampung Tengah, dan Pesisir Barat. Malam hari berpotensi hujan lokal di wilayah Kabupaten Pesisir Barat. Dini hari diprakirakan cerah hingga berawan.


Baca juga artikel terkait BMKG atau tulisan menarik lainnya Yulaika Ramadhani
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Yulaika Ramadhani
Editor: Agung DH
DarkLight