Polda Temukan 7 Orang Reaktif COVID Lewat Swab Antigen Gratis

Oleh: Adi Briantika - 28 Desember 2020
Dibaca Normal 1 menit
Warga yang reaktif dirujuk ke Wisma Atlet untuk isolasi mandiri.
tirto.id - Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menyatakan ada tujuh warga reaktif rapid/swab antigen.

"Kami melaksanakan tes swab antigen gratis di dua titik, Stasiun Senen dan di Rest Area Kilometer 19. Kami periksa tanggal 23, 24 dan 26 (Desember) dari 541 (orang) ada 7 reaktif," kata dia di Polda Metro Jaya, Senin (28/12/2020).

Pemeriksaan antigen tersebut gratis, sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat dalam operasi pengamanan Natal dan Tahun Baru 2021.

Terkait pengendara yang reaktif, tenaga medis yang menangani merujuknya ke rumah sakit terdekat atau Wisma Atlet untuk isolasi diri.

Dalam Operasi Lilin 2020, Sambodo menyebut kecelakaan lalu lintas turun 15 persen dibandingkan tahun lalu atau 68 perkara di tahun 2019, menjadi 58 perkara di tahun ini.

Faktor yang menyebabkan penurunan kecelakaan lalu lintas adalah upaya preventif dan preemptif kepolisian.

"Agar (pengendara) terutama menaati aturan lalu lintas, menaati protokol kesehatan COVID-19," kata Sambodo.

Kenaikan dan penurunan angka itu masih bisa berubah lantaran Operasi Lilin masih berlangsung. Ditlantas Polda Metro Jaya juga berencana menutup Jalan Sudirman-Thamrin agar tak dijadikan lokasi perayaan pergantian tahun.

Sambodo menegaskan, meski sudah berlalu hari bebas kendaraan bermotor di malam hari (car free night), masih saja ada masyarakat yang bersepeda, berjalan, maupun berkerumun di ruas jalan tersebut.

Jalan Sudirman-Thamrin memang kerap dijadikan lokasi untuk menuju ke Bundaran Hotel Indonesia, salah satu lokasi pesta kembang api jelang Tahun Baru.

Kepolisian turut berencana menyekat daerah perbatasan Jakarta dengan Bogor, Bekasi dan Tangerang agar tak ada konvoi kendaraan yang masuk ke Ibukota. Semua dilakukan demi menekan laju penyebaran COVID-19.


Baca juga artikel terkait VIRUS CORONA atau tulisan menarik lainnya Adi Briantika
(tirto.id - Kesehatan)

Reporter: Adi Briantika
Penulis: Adi Briantika
Editor: Zakki Amali
DarkLight