Penyebab WhatsApp Down Hari Ini: FB dan Instagram Juga Sulit Akses

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 20 Maret 2021
Dibaca Normal 1 menit
Mengapa WhatsApp down hari ini: apakah sudah bisa diakses kembali?
tirto.id - Aplikasi WhatsApp, Instagram, dan Facebook mengalami kendala dan sulit diakses pada hari ini, Sabtu (20/3/2021). Menurut layanan pelaporan waktu henti populer "Downdetector", masalah dimulai sekitar pukul 23.00 Jumat (22/3/2021) hingga pagi ini.

Tak hanya di Indonesia, WhatsApp, Instagram, dan Facebook mengalami gangguan di India dan seluruh dunia sejak Jumat malam. Banyak pengguna tidak dapat mengirim atau menerima pesan. Beberapa pengguna juga melaporkan bahwa mereka bahkan gagal masuk ke WhatsApp Web.

Masalah teknis juga terjadi pada aplikasi Messenger, jutaan pengguna melaporkan kendala ketika menggunakan ketiga aplikasi tersebut.

Sesuai Downdetector, masalah dimulai sekitar pukul 23.00 dan menyulitkan pengguna WhatsApp mengirim atau menerima pesan di layanan selama lebih dari satu jam. Padahal, WhatsApp mengklaim bahwa layanan itu hanya mati selama 49 menit.

Sekitar 20.000 orang mengadukan kendala di aplikasi WhatsApp mellaui situs downdetector.com, sementara yang kesulitan mengakses Instagram mencapai lebih dari satu juta pengguna.

Situs Downdetector mengumpulkan statistik kendala dari pengguna yang melaporkan kendala ketika menggunakan sebuah platform.

Tanda pagar seperti #whatsappoutage juga menjadi penanda keluhan dari para pengguna aplikasi milik grup Facebook di berbagai negara, antara lain di India.

Meskipun tidak mengungkapkan alasan pastinya, perusahaan menegaskan bahwa ada masalah teknis.

“Hari ini, masalah teknis menyebabkan pengguna kesulitan mengakses beberapa layanan Facebook. Kami menyelesaikan masalah ini untuk semua orang, dan kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi, "kata juru bicara Facebook, seperti dikutip Indian Express.

Selain WhatsApp, Facebook dan Instagram juga tidak berfungsi untuk banyak pengguna. Menurut layanan pelaporan, lebih dari 28.500 orang melaporkan masalah dengan Instagram dan lebih dari 34.127 pengguna mengalami masalah dengan WhatsApp.

Sumber yang dikutip menunjukkan bahwa lebih dari 49 persen pengguna WhatsApp menghadapi masalah koneksi, 48 persen orang tidak dapat mengirim atau menerima pesan di platform dan 2 persen tidak dapat masuk.

Downdetector menunjukkan bahwa sekitar 57 persen pengguna Facebook melaporkan tentang gangguan total dan 29 persen bahkan tidak dapat mengakses aplikasi media sosial.

Sekitar 66 persen pengguna Instagram tidak dapat mengakses News Feed serta situs resminya. Downdetector adalah situs yang memantau gangguan dengan menyusun laporan status dari pengguna dan beberapa sumber lain.

Selain itu, ini bukan pertama kalinya layanan terkena dampak. Pada Desember 2020, WhatsApp turun bersama Instagram dan Facebook selama beberapa jam, sebelum layanan dipulihkan.


Baca juga artikel terkait WHATSAPP atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Agung DH
DarkLight