Pembukaan Gelombang 10 Prakerja www.prakerja.go.id Bukan Hari Ini

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 24 September 2020
Dibaca Normal 1 menit
Kapan Gelombang 10 Kartu Prakerja dibuka di www.prakerja.go.id?
tirto.id - Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 10 di www.prakerja.go.id belum dibuka. Sesuai jadwal pembukaan gelombang sebelum-sebelumnya, banyak warganet yang menyimpulkan Prakerja Gelombang 10 dibuka hari ini, Kamis (24/9/2020), tetapi hal itu dibantah Manajemen Prakerja.

"Pembukaan gelombang 10 beserta kuotanya akan segera kami informasikan, tetapi pasti bukan hari ini," ujar Head of Communication PMO Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu ketika dihubungi Tirto, Kamis (24/9/2020).

Ia menyatakan, jumlah kuota juga belum dikonfirmasi sehingga pembukaan gelombang 10 belum dilakukan. Peserta yang hendak mendaftar Prakerja Gelombang 10 dimohon bersabar, karena informasi pembukaan gelombang 10 akan segera disampaikan melalui media sosial Kartu Prakerja di Instagram @prakerja.go.id.

Program Kartu Prakerja saat ini telah dibuka hingga 9 gelombang. Penutupan pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 9 dilakukan pada Senin (21/9/2020) pukul 12.00 WIB.

Untuk mengecek pengumuman Kartu Prakerja Gelombang 9, peserta bisa membuka dashboard masing-masing di www.prakerja.go.id atau melalui SMS yang akan dikirim ke nomor ponsel peserta.

Cara Daftar Prakerja Gelombang 10 di www.prakerja.go.id


Bagi Anda yang sudah yang sudah memiliki akun Prakerja, masih bisa melakukan pendaftaran dengan meng-klik "Gabung” pada Gelombang 10, jika nanti Gelombang 10 sudah dibuka.

Untuk melakukan pendaftaran, peserta harus memenuhi syarat:

1. Warga Negara Indonesia (WNI).
2. Berusia di atas 18 tahun.
3. Tidak sedang sekolah/kuliah.

Peserta yang lolos seleksi Kartu Prakerja akan menerima insentif Rp3.550.000 per orang, dengan rincian:

- Rp1 juta untuk bantuan pelatihan (diberikan satu kali).

- Rp600.000 per bulan selama empat bulan untuk insentif setelah pelatihan

- Rp150.000 insentif setelah melakukan maksimal 3 kali survei

Peserta Kartu Prakerja hanya akan menerima insentif jika:

- Telah menyelesaikan Pelatihan yang ditandai dengan adanya sertifikat.

- Dalam hal penerima Kartu Prakerja mengikuti lebih dari satu pelatihan, Insentif Pelatihan hanya diberikan pada saat penyelesaian pelatihan yang pertama. Tidak ada insentif untuk pelatihan kedua dan seterusnya.

- Telah memberikan ulasan terhadap Lembaga Pelatihan.

- Telah memberikan penilaian kepada Lembaga Pelatihan.

- Telah berhasil menyambungkan nomor rekening bank atau e-wallet di akun situs www.prakerja.go.id.

- Nomor rekening bank atau e-wallet yang didaftarkan telah tervalidasi (menggunakan NIK yang sama dengan NIK terdaftar di Kartu Prakerja dan sudah KYC atau akun e-money sudah premium/upgrade) oleh bank/perusahaan e-money terkait.

- Penyaluran insentif akan dilakukan maksimum 7 (tujuh) Hari Kerja setelah semua persyaratan di atas terpenuhi.

- Insentif survei akan diterima jika penerima Kartu Prakerja telah mengisi survei di akun www.prakerja.go.id untuk mengetahui evaluasi efektivitas Program Kartu Prakerja.

Tak Lolos Kartu Prakerja, Kirim Email ke Kesepertaan Prakerja


Peserta yang tidak lolos Kartu Prakerja bisa mengirimkan Surat Pernyataan yang menyatakan peserta sudah mengikuti seleksi Kartu Prakerja di prakerja.go.id, tetapi dinyatakan tidak lolos sebanyak 3 kali.

Hal ini diumumkan manajemen Kartu Prakerja melalui Instagram @prakerja.go.id pada Kamis (10/9/2020) siang. Untuk yang tidak lolos 3 kali, lakukan langkah berikut ini:

1. Buat surat pernyataan gagal 3 kali.

2. Isi surat dengan benar dan kirim lewat email ke kepesertaan@prakerja.go.id.

3. Manajemen pelaksana Prakerja akan melakukan pengecekan lebih lanjut.

"Jika kamu mengalami masalah tersebut, kamu bisa mengunduh Surat Pernyataan ini. Isi dengan benar sesuai data diri kamu, lalu kirimkan ke email kepesertaan@prakerja.go.id untuk bisa dilakukan pengecekan oleh Manajemen Pelaksana," tulis Manajemen Kartu Prakerja.



Baca juga artikel terkait PRAKERJA GELOMBANG 10 atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Agung DH
DarkLight